Virtual Showroom Industri Otomotif, Model Layanan Konsumen Masa Depan

Virtual Showroom Industri Otomotif, Model Layanan Konsumen Masa Depan

Selama ini industri sektor otomotif mengandalkan showroom sebagai tempat utama untuk memamerkan produknya kepada calon pembeli. Hadirnya virtual showroom khususnya di industri mobil, memberikan perubahan yang signifikan dalam cara pelanggan berinteraksi dengan kendaraan hingga melakukan proses pembelian. Dipilihnya virtual showroom sebagai solusi, merupakan adaptasi industri otomotif terhadap perkembangan zaman dan pergeseran perilaku konsumen.

Lewat inovasi virtual showroom, industri mobil akan memiliki daya pikat tersendiri bagi pelanggan melalui berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Virtual showroom dan teknologi virtual reality

Sales melayani konsumen di virtual showroom
Sales melayani konsumen di virtual showroom (Volkswagengroup / Modo.volkswagengroup)

Virtual showroom adalah platform digital yang dirancang untuk menampilkan produk dan memberikan pengalaman interaksi menyerupai showroom di dunia nyata. Fungsi virtual showroom sama persis dengan showroom konvensional, yang dapat diakses secara online melalui perangkat komputer atau perangkat mobile.

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang menciptakan pengalaman interaktif dan imersif di dalam lingkungan digital yang sepenuhnya terpisah dari dunia nyata. Peran teknologi VR inilah yang akan memberikan display visual, sehingga akan memberikan pengalaman imersif bagi penggunanya.

Selain dapat dimanfaatkan untuk industri otomotif, virtual showroom sudah mulai dikembangkan dan digunakan pada berbagai industri lainnya. Misalnya pada industri properti, industri pakaian dan mode, industri travel dan pariwisata, industri furniture dan interior, industri perhiasan, dan masih banyak lainya.

Bagaimana virtual showroom dapat membantu industri sektor otomotif?

Pemanfaatan inovasi virtual showroom pada industri sektor otomotif, merupakan model pendekatan berbasis teknologi digital. Pendekatan ini sejalan dengan orientasi konsumen, yang kini lekat dengan perkembangan teknologi.

Virtual showroom bisa di ibaratkan etalase produk yang terkonversi secara digital, dan dapat di akses melalui perangkat komputer atau mobile. Hal ini memberikan keleluasaan penuh pada pengguna untuk bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Tidak hanya sebagai display produk, virtual showroom juga menyediakan berbagai fitur pendukung yang akan memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi pengguna.

Seperti pada Honda MetaWorld, virtual showroom milik PT Honda Prospect Motor yang diluncurkan pada tahun 2022 lalu. Honda MetaWorld hadir di MetaNesia, di mana penggunanya dapat saling terhubung dan berinteraksi selayaknya di dunia nyata. Pengunjung dapat dengan nyaman mengamati, mencari informasi maupun berinteraksi dengan produk di dalam showroom virtual tersebut.

Keunggulan virtual showroom bagi industri otomotif

Hadirnya virtual showroom untuk industri sektor otomotif, mampu memberikan perubahan yang signifikan dalam cara pelanggan berinteraksi dengan produk hingga akhirnya melakukan pembelian. Berikut adalah beberapa keunggulan dalam penggunaan virtual showroom:

Aksesibilitas mudah

Memungkinkan calon pembeli untuk mengakses dan menjelajahi mobil secara online dari mana saja dan kapan saja dengan mudah. Ini sangat menguntungkan calon pembeli yang sibuk atau yang tinggal di daerah yang jauh dari showroom terdekat. Dengan virtual showroom, pelanggan dapat melihat berbagai pilihan produk mobil tanpa batasan geografis.

Interaksi dan visualisasi mendalam

Pengalaman interaktif dan visualisasi mendalam dalam virtual showroom akan sangat membantu calon pembeli. Pengguna dapat melihat produk mobil dari berbagai sudut, memperbesar tampilan, menjelajahi interior, dan melihat fitur-fitur dengan detail.

Mereka dapat membuka pintu, memasuki mobil, dan bahkan menghidupkan mesin dalam simulasi yang menyerupai keadaan nyata. Ini memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan produk daripada sekadar melihat gambar atau deskripsi di brosur atau situs web.

Penyesuaian dan konfigurasi produk otomotif

Memudahkan calon pembeli untuk mengubah warna, fitur-fitur, dan pilihan lainnya pada produk mobil yang mereka minati. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi calon pembeli untuk mempersonalisasi kendaraan sesuai dengan preferensi pribadi mereka. Kemampuan untuk melihat produk dengan penyesuaian ini dapat meningkatkan kepuasan calon pembeli dan membantu dalam pengambilan keputusan pembelian.

Hemat waktu dan biaya

Calon pembeli dapat menghemat waktu dan biaya yang diperlukan untuk mengunjungi showroom secara fisik. Mereka dapat melihat produk, mengeksplorasi fitur-fitur, dan mendapatkan informasi detail tanpa harus meninggalkan rumah.

Selain itu, virtual showroom juga mengurangi biaya operasional bagi dealer, seperti biaya sewa tempat dan pengeluaran showroom fisik lainnya.

Penyediaan informasi detail

Virtual showroom menyediakan informasi terperinci tentang produk, termasuk spesifikasi teknis, fitur-fitur, harga, dan ketersediaan. Hal ini membantu calon pembeli untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kendaraan yang diminati.

Pengguna juga dapat melihat video dan gambar berkualitas tinggi yang menggambarkan kendaraan dalam aksi atau fitur-fitur tertentu. Informasi yang lengkap dan visualisasi yang baik membantu calon pembeli membuat keputusan yang lebih baik dan informasi pembelian.

Konsultasi dan layanan online

Beberapa virtual showroom juga menyediakan layanan konsultasi online melalui obrolan langsung dengan sales marketing atau panggilan video. Hal ini memungkinkan calon pembeli untuk mendapatkan informasi tambahan, berdiskusi, tawar menawar dan mendapatkan saran secara personal dengan sales marketing.

Gamifikasi uji coba produk mobil

Test drive kendaraan dalam virtual showroom mengacu pada pengalaman mengemudi virtual yang disimulasikan dalam lingkungan 3D atau melalui teknologi realitas virtual (VR). Meskipun tidak sama dengan pengalaman mengemudi mobil secara langsung, test drive virtual dapat memberikan gambaran tentang sensasi mengemudi dan performa kendaraan yang diinginkan.

Virtual showroom industri otomotif di Indonesia

Perkembangan virtual showroom di Indonesia mengikuti tren global dalam industri mobil. Virtual showroom semakin populer di Indonesia karena kemajuan teknologi dan kebutuhan pelanggan terhadap pengalaman digital. Berikut beberapa penerapan virtual showroom untuk industri mobil di Indonesia:

PT Toyota Astra Motor (TAM)

Lobby Toyota Live Showroom
Lobby Toyota Live Showroom (360indonesia / 360indonesia)

Toyota Live Showroom adalah salah satu digital channel yang disediakan oleh TAM untuk lebih dekat dengan pelanggan. Melalui layanan online ini, pelanggan dapat bertanya, meminta rekomendasi, konsultasi, mencari informasi, serta mengeksplorasi produk Toyota yang diinginkan. Layanan ini dapat di akses dari dan di mana saja, sehingga pelanggan tidak perlu mendatangi showroom secara langsung.

PT Hyundai Motors Indonesia

Lobby Hyundai Virtual Showroom
Lobby Hyundai Virtual Showroom (HMID / Carmudi)

Pada 15 Februari 2023, PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan Hyundai Virtual Showroom. Dealer virtual tersebut diharapkan dapat memberi pengalaman imersif bagi pelanggannya. Selain itu, dengan terintegrasi secara digital juga dapat membuka peluang untuk memberi akses lebih luas bagi pembeli potensial di seluruh Indonesia.

PT Honda Prospect Motor

Honda MetaWorld showroom virtual
Honda MetaWorld showroom virtual (Honda Indonesia / Honda Indonesia)

Seperti yang telah di singgung sebelumnya, PT Honda Prospect Motor telah berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem digital pada industrinya. Honda sadar akan kebutuhan adaptasi teknologi bagi industri di masa depan. Honda MetaWorld adalah bentuk implementasi showroom virtual yang diciptakan dengan berkolaborasi dengan platform metaverse pertama di Indonesia, yaitu MetaNesia.

Dengan berbasis pada konsep metaverse, Honda menawarkan konsep showroom virtual yang berbeda bagi pelanggannya. Honda MetaWorld dirancang menyerupai sebuah kota, dengan luas lebih 60 kali lipat dari sebelumnya. Demi meningkatkan interaksi dengan konsumen, Honda MetaWorld menyediakan berbagai fitur yang cukup lengkap untuk mendukung pengalaman virtual di dalamnya.

Dengan demikian, virtual showroom seharusnya menjadi pilihan model layanan, yang dapat memajukan industri mobil di masa depan. Tidak hanya memberikan manfaat bagi konsumen, tetapi juga memberikan kesempatan bagi produsen dan dealer untuk mencapai target pasar yang lebih luas.

Tertarik untuk menerapkan virtual showroom untuk bisnis anda?


Itulah pembahasan mengenai penerapan virtual showroom pada industri mobil. Pendekatan dunia virtual yang imersif, dapat membantu dunia industri semakin dekat dengan konsumennya. Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai perkembangan teknologi dunia virtual.

MetaNesia merupakan platform metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi layaknya dunia nyata. Apabila anda tertarik untuk membuat virtual showroom, menjual produk digital atau bekerja sama dengan MetaNesia, anda dapat menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk berkonsultasi secara gratis.

Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya!

Bagikan ini: