Bagaimana Event Organizer Dapat Menerapkan VR di Industri Event
Beranda /
Blog /
Bagaimana Event Organizer Dapat Menerapkan VR di Industri Event
30 December 2022

Bagaimana Event Organizer Dapat Menerapkan VR di Industri Event

Meskipun virtual reality (VR) relatif baru, telah banyak penggunaannya yang menarik di berbagai sektor industri. Industri seperti pariwisata, properti, pendidikan, pelatihan profesional mulai menghargai manfaat dari teknologi baru ini. Bagian lain di mana virtual reality dapat digunakan untuk meraup keuntungan adalah industri event.

Kami telah melakukan penelitian tentang manfaat VR untuk bisnis dalam menyelenggarakan event dan berbagai pertunjukan. Hari ini, kita akan melihat lebih dekat kasus penggunaan virtual reality di sektor industri event.

VR industri event
Source: Spectra Magazine

Manfaat virtual reality untuk industri event

Mari kita mulai dengan mengingat kembali manfaat yang dapat diberikan virtual reality kepada penyelenggara event.

Pertama, kegiatan apa yang kita sebut event? Istilah ini mencakup berbagai kegiatan yang cukup luas, dapat berupa konferensi, rapat, pameran dagang, dan presentasi produk. Semuanya didasarkan pada mengundang sekelompok besar orang ke ruang bersama, baik nyata maupun virtual.

Bahkan jika sebuah event diselenggarakan di lokasi nyata, virtual reality dapat membantu menciptakan pengalaman yang benar-benar tak terlupakan.

Apa manfaat teknologi VR untuk sebuah event?

Engagement peserta yang lebih tinggi

Sebuah event yang menampilkan teknologi VR secara real-time pasti akan menciptakan pengalaman yang akan diingat peserta untuk waktu yang lama.

Dengan membenamkan peserta dalam ruang virtual di dunia nyata dengan fokus pada produk atau layanan perusahaan, penyelenggara akan mencapai efek engagement yang jauh lebih baik. VR merangsang banyak indera, seperti penglihatan, pendengaran, dan lainnya, sehingga akan lebih diingat setelahnya.

Potensi viral setelah event

Produk VR yang dikembangkan secara profesional yang secara cerdas disertakan dalam program event pasti akan menjadi topik hangat untuk waktu setelah event tersebut berlangsung.

Peserta event akan menjelaskan pengalaman mereka kepada saudara, teman, dan koneksi lainnya, sehingga menciptakan iklan gratis untuk brand yang menyelenggarakan event tersebut.

Ketika media massa diundang untuk berpartisipasi dalam event tersebut, mereka akan menghasilkan liputan yang baik tentang event tersebut dan perusahaan yang menyelenggarakannya.

Peningkatan penjualan

Virtual reality menciptakan pengalaman produk atau layanan yang paling realistis, sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Setelah mencoba produk dalam dunia virtual melalui VR, para peserta kemungkinan besar akan membelinya dalam dunia nyata.

VR industri event
Source: Tech Crunch

Kasus penggunaan teknologi VR untuk industri event

Mari kita lihat bagaimana virtual reality dapat diterapkan di event organization.

Meninjau lokasi acara

Keuntungan dari teknologi VR dapat dialami tidak hanya oleh para peserta tetapi juga oleh penyelenggara event. Pemilihan tempat adalah salah satu poin kunci dari setiap rencana penyelenggaraan event.

Secara tradisional, panitia harus mengunjungi tempat yang diusulkan secara fisik, kadang-kadang harus menempuh jarak yang agak jauh. Dengan tur VR, tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk bepergian ke tempat-tempat yang akhirnya tidak akan digunakan. Dalam kasus ini, bahkan teknologi augmented reality juga dapat dimanfaatkan.

Tur virtual dapat memberikan gambaran lengkap tentang ruang, platform, ukuran, kenyamanan, fasilitas yang tersedia, dan kesesuaian lokasi secara keseluruhan untuk tujuan event.

Merender event

Dengan rendering, penyelenggara dapat merekonstruksi acara seperti yang terlihat di kehidupan nyata pada dunia virtual. Dengan membuat render VR, penyelenggara dapat langsung melihat apakah semua langkah yang diperlukan diambil untuk memastikan kelancaran proses.

Selain membuat rencana untuk event mendatang, penyelenggara juga dapat membuat render VR dari event sebelumnya. Mereka dapat membantu pengguna yang melewatkan pertunjukan untuk merasa hadir dan merasakan suasana event secara online.

Demo produk

Demo produk melalui VR dapat berlangsung berjam-jam, karena ini adalah area di mana VR benar-benar digunakan. Dengan mengangkut penonton di ruang virtual, penyelenggara event tidak perlu mengkhawatirkan ukuran tempat, dan hanya perlu menyesuaikan produk besar di ruang terbatas.

Bayangkan pameran mobil, misalnya. Jika perusahaan ingin mendemonstrasikan semua kendaraan baru, mereka perlu menyewa ruang besar seperti hanggar di mana semua mobil dapat dipajang dengan ruang yang cukup untuk akses penonton.

Dengan virtual reality, brand dapat memamerkan kendaraan di ruang virtual. Sebagai gambaran, cobalah akses metaNesia showroom.

Tentu saja, brand perlu berinvestasi dalam aplikasi VR dan peralatan VR kelas atas, tetapi investasi ini dapat memberikan keuntungan yang lebih baik daripada menyewa ruang.

Selain menggunakan teknologi VR, dalam kasus ini, mungkin dapat juga untuk memanfaatkan teknologi ar

VR industri event
Source: metaNesia

VR Gamification

Gamification adalah teknik mendapatkan engagement proaktif yang hebat dan berhasil untuk segala usia. Kontes, persaingan, berjuang untuk sukses dan, pada akhirnya, menciptakan sensasi menyenangkan yang disebabkan oleh pelepasan dopamin, “hormon kesenangan”, yang didapatkan ketika misi berhasil diselesaikan.

Gamifikasi menciptakan asosiasi positif dengan event yang digelar. Dengan menggunakan VR, penyelenggara memiliki kebebasan yang hampir tidak terbatas dalam mengatur berbagai permainan untuk peserta yang hadir.

VR adalah alat marketing yang cerdas

Seperti yang kamu lihat, virtual reality memiliki cakupan penggunaan yang jauh lebih luas sekadar untuk game. Teknologi VR sangat fleksibel, dan rangkaian alat pembuat VR saat ini memungkinkan pembuatan ulang hampir semua skenario di ruang virtual.

Kamu dapat menggabungkan cuplikan lokasi nyata dengan grafik komputer, termasuk model 3D interaktif, menggunakan peralatan tambahan untuk sensasi yang sepenuhnya imersif.

Dalam semua kasus, kamu dapat yakin bahwa pengalaman VR akan membuat event, konferensi, atau pameran yang diselenggarakan menjadi lebih menonjol dan diingat untuk waktu yang lama.

Namun, kuncinya adalah pengembangan aplikasi VR yang profesional dan berkualitas tinggi.

Oleh karena itu, di satu sisi, penting untuk menggunakan alat pengembangan VR yang tepat yang dapat memastikan kualitas tertinggi untuk aplikasi yang diciptakan, di sisi lain, menugaskan pengembangan ke perusahaan pengembangan VR yang berpengalaman.


Nah, itulah penerapan dari teknologi virtual reality pada industri event. Masih banyak penggunaan di berbagai sektor industri lainnya. Kamu dapat mengakses informasi tersebut dengan selalu mengunjungi metaNesia.