Menjelajahi VR Tour di Svalbard’s Seed Vault, Sebuah Bungker Konservasi Raksasa  

Menjelajahi VR Tour di Svalbard’s Seed Vault, Sebuah Bungker Konservasi Raksasa  

VR Tour di Svalbard's Seed Vault
VR Tour The Seed Vault (Wikimedia Commons/Miksu)

Virtual tour merupakan teknologi yang memberikan pengalaman digital, di mana pengguna dapat menjelajahi suatu tempat ataupun destinasi wisata.

Pada umumnya, teknologi virtual tour menyajikan beberapa fitur menarik seperti tampilan 360 derajat, dukungan pop-up audio dan informasi yang imersif. Melalui teknologi canggih ini, banyak organisasi maupun perusahaan membentuk konten kreatif yang tak terbayangkan sebelumnya.  

Salah satu contoh organisasi yang membentuk konten kreatif, dengan menerapkan teknologi virtual tour adalah Kementerian Pangan dan Pertanian Norwegia. Yuk, simak informasi menarik mengenai VR Tour di Svalbard’s Seed Vault buatan Kementerian Pangan dan Pertanian Norwegia di bawah ini!

Mengenal lebih dekat The Svalbard Global Seed Vault 

The Seed Vault  

VR Tour di Svalbard's Seed Vault Bungker Norwegia
The Seed Vault Norwegia (Flickr)

The Svalbard Global Seed Vault merupakan sebuah bungker penyimpanan cadangan benih tanaman dan buah-buahan, yang tumbuh di seluruh dunia.

Bungker raksasa ini ditujukan untuk melindungi genetik tanaman, dan menjaga ketahanan pangan global. Hal tersebut dilakukan, jika suatu waktu terjadi musibah besar di muka bumi seperti bencana alam, perubahan iklim dan perang dunia. 

Penyimpanan benih dalam bungker raksasa ini dilakukan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Hal ini ditujukan, agar seluruh komunitas global dapat tercukupi di masa depan.

Bungker berupa lemari besi raksasa ini, terletak di kepulauan Arktik Svalbard, Norwegia. Lokasinya berada di daerah pegunungan bersalju dan terisolasi dengan baik dari bahaya aktivitas manusia, namun tetap terhubung dengan baik ke rute dan infrastruktur transportasi.

Ironisnya, terdapat spekulasi bahwa The Seed Vault dapat rentan terhadap krisis iklim, yakni berupa pencairan permafrost atau melelehnya tanah beku akibat kenaikan suhu udara. 

Tidak hanya didirikan oleh Kementerian Pangan dan Pertanian Norwegia, The Seed Vaul tjuga turut dikembangkan oleh bank benih genetik regional yakni NordGen dan organisasi pelestarian tumbuhan yaitu Crop Trust, sejak tahun 2008, lho! 

Lalu, bagaimana ya proses penyimpanan benih di bungker raksasa ini? Simak selengkapnya sebagai berikut!

Proses penyimpanan di bungker benih raksasa yang tersembunyi

The Svalbard Global Seed Vault
Sample The Svalbard Global Seed Vault (Flickr)

Proses penyimpanan benih di The Svalbard Global Seed Vault dilakukan di tempat yang sangat tertutup dan dijaga suhu udaranya. Untuk menyimpan benih pangan tersebut, perlu ditetapkan suhu sebesar -18°C (-0,4°F), lho! Hal ini dilakukan, agar menjaga kualitas penyimpanan benih yang tersimpan.

Jenis benih yang disimpan di The Svalbard Global Seed Vault 

Benih tumbuh-tumbuhan
Benih pangan The Svalbard Global Seed Vault (Flickr)

The Seed Vault sendiri telah menampung sebanyak 1.194.244 sampel benih tumbuhan dan buah-buahan, lho! Apa saja ya, jenis benih yang disimpan di The Seed Vault?  Berikut beberapa diantaranya: 

  • Gandum 
  • Beras 
  • Jangung 
  • Benih buah-buahan 
  • Benih sayuran 
  • Rempah 
  • Opium 

VR tour di tempat rahasia

Virtual Reality Tour di Svalbard's Seed Vault
Virtual Reality Tour Company The Seed Vault (Seed Vault Virtual Tour)

The Seed Vault merupakan fasilitas rahasia yang tertutup untuk umum. Melalui teknologi virtual tour, kamu berkesempatan untuk berkeliling di bungker raksasa ini, lho! 

Kesempatan ini disambut dengan baik oleh executive director Crop Trust yakni Stefan Schmitz. Ia menyampaikan bahwa, The Seed Vault merupakan barang publik yang dimiliki di muka bumi secara global. Hal tersebut dapat membuka transparansi maupun akuntabilitas, tentang apa yang disiapkan untuk masa depan.   

Untuk mengaksesnya, kamu cukup mendatangi website resmi Virtual Tour Company secara gratis, tanpa melakukan registrasi, lho!

Ruangan The Svalbard Global Seed Vault 

Ruangan Penyimpanan The Seed Vault
Ruangan The Seed Vault (Seed Vault)

Saat memasuki virtual tour Svalbard’s Seed Vault, kamu akan berada di terowongan panjang yang menghubungkan pintu masuk ke ruang penyimpanan benih. Selain itu, kamu bisa mengunjungi beberapa kamar penyimpanan yang terdapat sebanyak 3.000 kotak plastik berlabel hati-hati.

Ada juga beberapa ruang penyimpanan, yang berisi kantong aluminium kedap udara dari sampel benih milik negara tertentu, lho! Tidak perlu khawatir, VR tour ini dilengkapi dengan fitur pop-up informasi, penerjemah, peta, audio, dan rotasi otomatis tampilan 360 derajat yang imersif. 

Pengalaman virtual reality tour online yang pada diluncurkan awal bulan Maret ini, ditujukan untuk memperingati 15 tahun pembukaan The Svalbard’s Seed Vault. 

Perusahaan asal Inggris yakni Virtual Tour Company sebagai, telah memberikan kesempatan tak terlupakan, untuk kamu menjelajahi bungker tersembunyi di Norwegia. Mereka juga menyajikan pengalaman seru dan canggih, melalui implementasi teknologi VR yang bisa dimanfaatkan dalam bidang apapun. 


Berikut informasi terbaru mengenai VR Tour di Svalbard’s Seed Vault, yang terletak di daerah terpencil negara Norwegia.

Melalui solusi inovatif ini, Virtual Tour Company tak hanya memanfaatkan teknologi VR, tetapi juga memperkenalkan kecanggihan yang dapat memberikan pengalaman berbeda saat digunakan. 

Kalau mau tahu informasi terkait penerapan teknologi virtual reality lainnya, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: