Deretan Terbaik VTuber Pertama di Dunia
Beranda /
Blog /
Deretan Terbaik VTuber Pertama di Dunia
17 November 2022

Deretan Terbaik VTuber Pertama di Dunia

Mengenal lebih lanjut mengenai virtual youtuber

Akhir-akhir ini VTuber menjadi salah satu kata yang menarik perhatian banyak orang. Sebenarnya, apa itu istilah VTuber? Dan siapa saja VTuber pertama di dunia yang menjadi pionir? Simak selengkapnya!

VTuber merupakan singkatan untuk Virtual YouTuber. Pada dasarnya Virtual YouTuber merupakan sebuah profesi yakni seorang YouTuber yang membuat konten-konten virtual, lho!

Alih-alih menampilkan wajah saat berada di video seperti YouTuber pada umumnya, VTuber tampil dengan gambaran animasi maupun avatar yang dihasilkan komputer di dalam video mereka. Sangat unik bukan?

Biasanya, virtual YouTuber sangat menjaga privasi mereka. Sehingga, mereka menjadi seseorang yang anonim dengan tidak menyebutkan nama aslinya. Dengan daya tarik persona mereka, hal ini sering kali menarik perhatian khalayak.

Gaya pembuatan konten virtual Youtuber sangat mendukung untuk mengembangkan eksistensi online yang dimiliki. Sehingga, mereka mendapatkan basis penggemar maupun eksistensinya tanpa menggunakan identitas asli.

Animasi yang ditampilkan juga memiliki karakter yang berbeda. Contohnya seperti menjadi tokoh animasi Jepang maupun karakter lucu.

VTuber menjadi populer diawali dengan banyaknya para streamer atau VTubing yang sukses besar di platform streaming seperti YouTube dan Twitch pada tahun 2010-an. Contohnya seperti VTubing Pokimane dan PewDiePie. Perbedaanya, mereka menampilkan wajah mereka saat tampil di platform tersebut.

Pada tahun 2016, VTuber semakin banyak yang bermunculan dan memiliki pengikut yang tidak sedikit baik itu di platform YouTube atau platform streaming lainnya seperti Twitch. Hal ini memunculkan banyak Virtual YouTuber pertama di dunia dengan jumlah subscriber terbanyak. Yuk, simak beberapa daftar nama VTuber di bawah ini!

Daftar 7 VTuber pertama di dunia

Kizuna AI

Kizuna AI VTubers

Photo by: Gensindo

Daftar nama VTuber pertama di dunia yakni Kizuna AI. VTuber Kizuna AI merupakan konten kreator berupa avatar anime yang dibentuk oleh perusahaan digital Active8.

Kizuna AI merupakan VTuber yang didukung dengan teknologi kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence). Postingan video YouTube pertama Kizuna AI tampil di “A.I.Channel” pada 29 November 2016.

Kemudian Kizuna AI muncul di saluran kedua yakni “A.I.Games” pada Maret 2017 untuk konten game. Yang terakhir, Kizuna AI muncul di saluran ketiga yang disebut “A.I.Channel China”, pada Juni 2019 untuk penggemarnya di China.

Pada tahun 2022, Kizuna AI menjadi VTuber yang sangat populer dan terbesar. Kizuna AI merupakan YouTuber Virtual pertama di dunia yang memiliki lebih dari 4 juta subscriber di tiga saluran YouTube.

Tidak hanya itu, Ia memiliki tambahan 1 juta pelanggan di platform video Cina yakni Bilibili. Meskipun begitu, Kizuna AI sedang menjalani hiatus sejak Februari 2022 hingga sekarang.

Gawr Gura

Gawr Gura VTuber

Photo by: Risa Media

Daftar VTuber terbaik dunia lainnya dengan jumlah subscriber terbanyak yakni Gawr Gura. Gura merupakan Virtual YouTuber asal Inggris yang memulai debutnya sebagai anggota agensi VTuber pertama Hololive.

Hololive sendiri merupakan agensi yang awalnya mengembangkan teknologi augmented reality dan virtual reality. Saat ini, agensi Hololive fokus mengembangkan komunitas VTuber secara internasional.

Gura saat ini menjadi VTuber dengan jumlah subscriber terbanyak di YouTube, dengan lebih dari 4,23 juta setelah menyalip Kizuna AI pada tahun 2021. Gura muncul dalam videonya dengan penampilan bertema hiu dan mengaku sebagai penduduk asli Atlantis.

Salah satu alasan Gura begitu populer di kalangan penggemar karena sifat serta tutur katanya yang lembut. Gura juga sering memainkan game seperti Minecraft, Overwatch, I Am Fish, dan WWE 2K dalam streaming-nya.

Houshou Marine

Marine Ch

Photo by: Crunchyroll

VTuber pertama di dunia ini merupakan seorang bajak laut yang memiliki rambut merah tua, diikat menjadi twintail dengan pita bertali dengan topi di atasnya. Ia memiliki heterochromia, suatu kondisi di mana bagian iris mata memiliki warna yang berbeda dengan iris kirinya berwarna emas dan iris kanannya berwarna merah.

VTuber berpenampilan unik ini adalah Houshou Marine. Ia memulai karir sebagai Virtual YouTuber pada 2019. Saat ini, Marine memiliki 2,2 juta subscriber pada kanal YouTube-nya.

Usada Pekora

Pekora memulai debutnya sebagai VTuber generasi ketiga dari Hololive. Ia adalah salah satu dari empat VTuber Hololive yang pertama kali diumumkan pada 13 Juni 2019. Saat ini, Ia telah mengumpulkan lebih dari 2 juta subscriber di platformYouTube.

Pekora merupakan VTuber yang memiliki penampilan bertema kelinci. Ia mengklaim memiliki ketertarikan khusus terhadap wortel hingga sering membawanya kemanapun Ia pergi.

Pada Mei 2022, Pekora mengambil cuti pendek setelah mengumumkan kondisi tenggorokannya yang memburuk. Tidak perlu khawatir, karena Ia telah kembali membuat konten pada bulan Juli 2022 lalu. Usada Pekora memainkan game dalam streaming-nya seperti Rust, Virtual Uno, dan Minecraft.

Shirakami Fubuki

Sering dikira sebagai kucing, Shirakami Fubuki sebenarnya merupakan gadis rubah yang memiliki rambut berwarna putih. Shirakami Fubuki tergabung ke dalam generasi pertama Hololive yang masuk dalam unit gamers.

Fubuki seringkali membawakan konten bermain game ketika melakukan live stream. Ia memiliki sifat ceria, terkadang juga bisa menjadi seseorang yang kejam di tengah permainan. Setelah debut pada 2018, kini Fubuki memiliki  sekitar 2 juta subscriber di channel-nya.

Watson Amelia

Watson Amelia adalah YouTuber Virtual asal Inggris yang juga terkait dengan Hololive. Kepribadiannya ekspresif dan sering terlihat bergaul dengan sesama anggota Hololive. Ia juga memiliki kepribadian baik, suportif, dan manis seperti yang ditunjukkan ketika dia dengan sukarela membantu Gura saat bermain Minecraft

Watson memiliki lebih dari 1,7 juta subscriber, menjadikannya salah satu YouTuber Virtual paling populer di platform YouTube. Amelia sering membuat konten dengan bermain beragam game hingga dijuliki “gamer sejati”oleh penggemarnya.

Ami Yamato

Ami Yamato VTuber pertama di dunia

Photo by: Teneighty

Yang terakhir yakni VTuber Ami Yamato. Ami merupakan VTuber asal Jepang yang kini tinggal di Inggris. Ami Yamato sendiri memulai debut video pertamanya pada tahun 2011. Meskipun jumlah pengikut Yamato berada dibawah VTubers lainnya yakni sebesar 150.000 subscriber, namun Ia merupakan pionir pertama dalam dunia VTuber.

Visualisasi avatar Yamato didukung dengan teknologi CG. Teknologi CG merupakan teknologi yang dihasilkan komputer untuk membuat gambar dengan tujuan vlogging.

Ami Yamato sendiri berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang dalam videonya. Hal ini mendorong penggemar dengan menyumbangkan terjemahan dalam berbahasa Inggris untuk videonya. Sehingga, hal ini membuat penggemar yang berasal dari luar Jepang dapat memahami perkataan Ami Yamato.

Agensi VTuber di Jepang dan daftar VTuber terbaik asal Indonesia

Agensi VTuber di Jepang

Seperti yang telah diketahui, beberapa VTuber pertama di dunia merupakan jebolan agensi asal Jepang yakni Hololive. Hadirnya Hololive ini meningkatkan tren dalam mengembangkan agensi khusus untuk VTubers, salah satunya yakni Nijisanji.

Pada tahun 2018, perusahaan Anycolor Inc mengikuti tren tersebut dan membentuk Nijisanji untuk mengembangkan dunia VTubers. Saat ini, Nijisanji memiliki 100 lebih VTubers aktif.

VTuber asal Indonesia

Kebanyakan VTubers mancanegara berasal dari Jepang maupun Inggris. Saat ini, telah banyak VTuber asal Indonesia dengan keunikannya masing-masing, lho! Berikut daftar nama VTuber asal Indonesia yang tak kalah terbaik dari VTubers dunia:

Maya Putri

Vtubers Indonesia Maya Putri

Photo by: Japanese Station

VTuber asal Indonesia yang pertama yakni Maya Putri. Hampir seluruh penonton streaming Maya Putri berasal dari Indonesia, lho! Biasanya penggemar Putri berinteraksi menggunakan Super Chat. Di mana, Super Chat merupakan stiker untuk live chat agar penggemar dan kreator dapat saling berinteraksi.

Nekoyama Sena

Sena VTubers

Photo by: Pixiv

VTuber asal Indonesia yang kedua yakni Nekoyama Sena. VTuber Indonesia ini telah debut pada tahun 2020 lalu dan kini telah memiliki 360 ribu subscriber.

Pada November 2022 lalu, Sena bertemu dengan para penggemarnya di metaNesia, lho! Mereka bertemu, bermain dan interaksi secara langsung lewat fitur spatial audio chat dan karakter 3D avatar. Bahkan selfie pun dapat dilakukan di dalamnya sehingga terasa seperti event di dunia nyata.

Kobo Kanaeru

Photo by: IDN Times

VTubers Indonesia yang terakhir yakni Kobo Kanaeru. Kobo memulai debutnya pada 27 Maret 2022 lalu. Ia digambarkan sebagai seorang gadis periang yang tinggal di ruangan paling atas dari sebuah mercusuar.

Kobo memiliki kemampuan untuk mengendalikan hujan. Dengan konten-konten yang dihasilkannya, kini Kobo Kanaeru dapat bersaing dengan VTuber dunia dengan jumlah subscriber saat ini mencapai 1,67 juta.


Itulah daftar terbaik VTuber pertama dunia. Tidak hanya Virtual YouTuber dari mancanegara saja, VTubers asal Indonesia juga dapat bersaing dengan VTuber terbaik dunia lainnya.

Yuk, simak informasi terkini terkait metaverse dan teknologi lainnya hanya di metaNesia!