Daftar VTuber di Indonesia, Salah Satunya Pernah Ada di MetaNesia Loh!

Daftar VTuber di Indonesia, Salah Satunya Pernah Ada di MetaNesia Loh!

Saat metaverse berkembang dengan cepat, garis antara kehidupan nyata dan realitas virtual menjadi semakin tipis setiap detiknya. Penggunaan internet sudah lama ini popularitasnya tidak pernah menurun bahkan terus meningkat. Kenyataan tidak lagi menjadi prioritas bagi yang banyak menghabiskan waktunya berselancar di dunia internet.

Sekarang ini, di YouTube sudah banyak konten kreator tanpa wajah untuk menyembunyikan identitasnya atau dibuat menyerupai karakter anime. Menjadi kreator konten yang tidak memperlihatkan wajah asli memberi kamu sedikit lebih banyak privasi di internet, meskipun banyak juga yang menginginkan si pembuat konten memperlihatkan dirinya.

Salah satu tren yang makin populer di platform YouTube dan platform streaming lainnya yaitu, menjadi seorang virtual YouTuber (VTuber). Sebagai seorang VTuber kamu memiliki dua keuntungan sekaligus, di mana kamu dapat membuat konten menarik dan melakukan interaksi dengan penonton. Namun, di sisi lain privasi dan anonimitas kreator bisa tetap terjaga.

Apa itu virtual YouTuber?

Istilah VTuber di Indonesia mungkin masih terdengar asing oleh sebagian orang, VTuber sendiri merupakan kependekan kata dari virtual YouTuber. Sedangkan pengertian virtual YouTuber adalah kreator konten video yang menggunakan avatar virtual untuk mewakili diri mereka sendiri pada sebuah konten yang dibuat. Avatar ini dibuat dengan grafik komputer 2D maupun 3D, dan sering kali menampilkan desain yang sangat terinspirasi oleh anime.

VTuber pertama kali dipopulerkan oleh Kizuna Ai seorang virtual YouTuber dari Jepang pada tahun 2016. Kizuna Ai, masuk ke dalam deretan daftar VTuber terbaik pertama di dunia. Sebagai sebuah perusahaan agensi digital, Active8 menciptakan karakter avatar anime dari seorang konten kreator VTuber yaitu Kizuna Ai.

Seperti namanya, sebagian besar VTuber Indonesia maupun dunia menggunakan YouTube sebagai platform utama mereka. Namun, ada beberapa yang mengunggah video atau melakukan host streaming di tempat lain, seperti Twitch, Facebook Gaming, dan situs lainnya. Aktivitas tersebut masih disebut VTuber/VTubing.

Tren VTuber sebenarnya bukan hal yang baru di Indonesia. Ketika sudah sangat terkenal di Jepang, tidak lama pada tahun 2018, fenomena virtual YouTuber ini mulai masuk ke Indonesia.

Dimulai dari karakter anime Cerita Tessa yang mulai debut pada Februari 2018, hingga sekarang sudah banyak VTuber Indonesia yang memiliki kualitas bagus dengan penggemar setia. Nah, berikut adalah daftar VTuber di Indonesia yang bisa kamu simak penjelasannya. Apakah kamu salah satu penggemarnya?

Daftar VTuber di Indonesia

Cerita Tessa

Kostum SMA cerita tessa
Kostum SMA Cerita Tessa (Virtual YouTuber Wiki)

Pada daftar VTuber di Indonesia yang pertama, ada Cerita Tessa yang merupakan cipta karya indie dari grup lingkar karya Gang7. Dalam karyanya, VTuber ini berkreasi dengan membagikan pengalamannya, seperti video cara membuat mie instan, opininya mengenai fenomena komik bajakan, mengikuti tren menari Papa Tutu Tuwawa dari serial anime Kakuchou Shouje-Kei Trinary, dan tarian Hime Hime.

Tak seperti VTuber Indonesia lainnya yang memiliki kostum khas, Cerita Tessa cukup fleksibel karena dirinya dapat menggunakan kostum yang berbeda-beda. Kostum yang pernah ia kenakan berupa baju SMA, baju kasual, sampai dengan baju Polisi wanita.

Maya Putri

 profile maya putri
Profile Maya Putri (Virtual YouTuber Wiki)

Maya Putri merupakan salah satu VTuber yang cukup populer, juga merupakan salah satu virtual YouTuber generasi awal dalam belantika VTuber Indonesia. Muncul di kala tren VTuber di Indonesia masih pada tahap awal dan dipercaya sebagai salah satu VTuber pertama di Indonesia seperti Cerita Tessa.

Maya Putri memulai debutnya sebagai VTuber pada tahun yang sama dengan Tessa, hanya berbeda bulan saja tepatnya pada 20 Agustus 2018. Ia pernah mengikuti event VTuber internasional dan berkolaborasi dengan VTuber terkenal asal Jepang, Shirakami Fubuki.

Salah satu konten yang paling dikenal oleh penggemarnya adalah konten wawancaranya bersama salah satu istri Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, asal Jepang bernama Ratna Sari Dewi.

Pada 7 Juni 2020, Maya Putri mengunggah sebuah video berisi pengumuman bahwa dia akan hiatus dan tidak diketahui entah sampai kapan. Kemudian pada 12 Februari 2022, Maya Putri kembali dan melakukan “tes ombak” dengan mengunggah video berjudul “test” berdurasi 13 detik.

Kobo Kanaeru

Kobo Kanaeru, VTuber Populer di Indonesia
Kobo Kanaeru (Hololive)

Popularitas Kobo Kanaeru di kalangan VTuber yang sudah tak diragukan lagi. Dibuktikan dengan jumlah subscribers yang setia mendukungnya hingga mencapai 1,67 juta subscribers.

Kobo diceritakan sebagai seorang gadis ceria yang tinggal di sebuah menara mercusuar dan memiliki kemampuan untuk mengendalikan hujan. Meskipun tak menyukai hal tersebut sebagai sebuah pekerjaan, ia perlu membuktikan pada keluarganya akan potensi yang dimiliki demi mempertahankan gelar “Master Hujan” yang dimilikinya.

Moona Hoshinova

Moona Hoshinova
Profile Moona Hoshinova (Virtual YouTuber Wiki)

Moona Hosninova adalah seorang mahasiswi yang berprofesi sebagai model dan idol. Dia menjadi VTuber karena dia tertarik dengan dunia virtual. Moona adalah seorang gadis pemalu, yang merupakan kebalikan dari citranya sebagai gadis kampus yang berwajah datar meskipun dia masih berbicara dengan nada ceria dan aksen Indonesia yang agak unik. Seperti Tsunomaki Watame, dia suka bob dan mengayunkan kepala dan tubuhnya.

Nama belakang Moona dari “Hoshinova” mencerminkan keseluruhan pada tema selestialnya. “Hoshi” (ホ シ) adalah bahasa Jepang untuk “bintang”, sedangkan “nova” berasal dari bahasa latin “novus” yang memiliki arti “baru”, nova juga merupakan kata dalam bahasa Inggris untuk sebuah bintang yang mengalami peningkatan kecerahan yang masif namun sementara.

Pavolia Reine

Pavolia Reine - Hololive
Hololive Fan (Hololive)

Selanjutnya ada Pavolia Reine, VTuber yang sering melakukan kolaborasi bersama Kobo Kanaeru dan VTuber Indonesia lain dari Hololive. Ia juga termasuk salah satu VTuber Indonesia sukses yang telah memiliki banyak penggemar.

Pavolia memiliki kepribadian yang dewasa, elegan, dan cenderung kalem. Karakter Pavolia yang dewasa dan tenang tersebut dapat berubah ketika dirinya sedang melakukan live streaming. Pavolia akan cepat merasa panik ketika ada hal yang tidak berjalan sesuai rencana, tapi akan tertawa setelahnya.

Alia Adelia

Profile Alia Adelia
1st Anniversary Alia Adelia (Virtual YouTuber Wiki)

Alia Adelia yang berafiliasi dengan MAHA5 (MAHAPANCA) merupakan seorang gadis yang berkepribadian lembut, imut, dan sedikit manja dan Dia terkadang menggoda penontonnya dengan sedikit genit. Uniknya Alia dapat berbicara dengan menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Jepang. Meski Ia bukanlah orang Indonesia asli, namun dia mampu menggunakan aksen Jepang yang baik ketika berbicara.

Andi Adinata

Profile Andi Adinata
Profile Andi Adinata (Virtual YouTuber Wiki)

Andi Adinata adalah Virtual YouTuber laki-laki yang berada di bawah naungan MAHA5 bersama Alia Adelia, Zen Gunawan, Lumi Celestia, dan Nia Redalion. Memiliki kepribadian yang humoris dan penuh percaya diri.

Dia terkadang menghibur penonton dengan humornya yang dapat dikatakan norak. Salah satu leluconnya sering kali terkait dengan kepercayaan dirinya yang tinggi, yang sebenarnya hanya dilontarkan ketika sedang membuat konten.

Menyanyi adalah hal yang disukainya, dan pernah menang dalam kontes menyanyikan lagu di tingkat kecamatan. Selain hobi menyanyi, ia juga suka menggambar. Dalam pengakuannya, Andi mengaku bukan seorang introvert.

Jaret Fajrianto (Ghosty Comic Webtoon)

Profile Jaret Fajrianto
Potret Jaret Fajrianto (Virtual YouTube Wiki)

Jaret “Ghosty” atau Jaret Fajrianto merupakan salah satu contoh VTuber yang berbeda dengan yang lainnya di mana ia tidak menggunakan karakter anime sebagai avataranya. Ia justru menggunakan karakter hantu dari webtoon “GHOSTY’s COMIC” .

Jaret adalah hantu yang mengidap sindrom “Hobbyist Collector”, senang mengoleksi banyak barang tanpa memperhatikan pengeluarannya, yang membuat Ia sering makan nasi dengan kecap saja. Terlepas dari itu, Jaret “Ghosty” adalah sosok yang humoris sehingga membuat Ia sangat disukai para penggemarnya.

Anobaith

Jika kamu mengira bahwa VTuber hanya sebatas game, candaan, opini, bahkan obrolan semata, namun ada konten yang unik dari dunia VTuber. Anobaith, merupakan salah satu VTuber yang aktif di platform Twich justru merupakan seorang ilustrator dan sering melakukan streamin ilustrasi di chanel Twitch miliknya.

Ayunda Risu

Profile Ayunda Risu
Ayunda Risu (Hololive)

VTuber Indonesia yang satu ini merupakan putri tupai yang pernah tersesat di dunia manusia. Namun, Ia beruntung karena diselamatkan oleh seorang perempuan baik hati yang kini tinggal bersamanya dan sudah dianggap sebagai kakaknya sendiri. Untuk membalas budi kepada kakaknya tersebut, Ayunda Risu pun akhirnya memulai debutnya sebagai seorang VTuber.

Sama seperti Pavolia Reine, Ayunda Risu juga merupakan VTuber yang debut di bawah naungan Hololive Indonesia. Bedanya, Ayunda merupakan VTuber Indonesia generasi pertama bersama Moona Hoshinova dan Airani Lofifteen.

Nekoyama Sena

Nekoyama Sena, Vtuber Suara Kawai di Indonesia!
Vtuber Nekoyama Sena (Nee Otaku)

Pada daftar VTuber di Indonesia selanjutnya ada Nekoyama Sena atau lebih dikenal dengan Sena, adalah Virtual Youtuber nekomimi dari Yume Reality. Sena merupakan orang yang sangat ceria dan bisa dikatakan hiperaktif. Digambarkan dengan penggabungan antara kucing dengan manusia, jadi Sena terlihat sangat imut.

Nekoyama Sena terbilang cerdas karena bisa berbahasa Indonesia, Inggris, dan sedikit bahasa Jepang. Tidak hanya disukai karena tampilannya yang imut, Sena juga senang bermain game, menyanyikan lagu terbaru, serta mengobrol dengan penontonnya di mana hal tersebut akan lebih menyenangkan jika penonton dapat berinteraksi secara langsung.

Sena hadir di metaverse MetaNesia pada 12 November 2022 dan 19-20 Novermber 2022 untuk event talk show dan 1-on-1 meet and greet. Pengalaman baru dalam menikmati konten dan bertemu dengan VTuber di metaverse melalui avatar sebagai representasi pengguna.

Hyona Elatiora

profile hyona elatiora
Vtuber generasi keenam NIJISANJI ID (Virtual YouTuber Wiki)

Hyona Elatiora atau biasa disebut Hyona, ia debut sebagai VTuber generasi keenam NIJISANJI ID bersama Xia Ekavira dan Mika Melatika pada 31 Juli 2021. Hyona merupakan seorang tenaga kesehatan yang bekerja di suatu klinik. Ketika tidak ada pasien yang mampir ke kliniknya, Hyona menjadi liver NIJISANJI ID.

Diketahui bahwa Hyona mampu berbicara dengan berberapa bahasa, di antaranya Inggris, Indonesia, dan Bali. Kemampuan berbicara dengan bahasa daerah Bali menjadi keunikan tersendiri bagi karakter Hyona.

Jika dilihat, penampilan Hyona menyerupai seekor kucing hitam cantik yang memiliki dua telinga dan ekor. Penampilannya semakin mengesankan dengan balutan sepasang sarung tangan hitam yang terbuat dari bahan kulit di tangannya.

Himura Kuraudo

Visual pakaian Himura Kuraudo Vtuber di Indonesia
Ambassador HyperX (Rosuuri Ilustrator)

Himura Kuraudo debut sebagai VTuber sekaligus ambassador pertama milik brand gamming HyperX. Himura Kuraudo atau yang akrab disapa Kura, memulai debut perdana sebagai VTuber HyperX pada tanggal 1 Februari 2023 di channel Twitch HyperX.

Kura memiliki nama belakang “Kuraudo”, nama ini terinspirasi dari HyperX Cloud, salah satu produk HyperX pertama yang sangat populer. Sementara itu kata “Himura” terdiri dari kanji “merah tua” dan “kota” atau “desa”, yang melambangkan warna dan asal-usul HyperX yang sederhana.

Kepribadian Kura terbilang cukup cerdas, karena Kura mampu menguasai lima bahasa yaitu Panda, Inggris, Mandarin, Jepang, dan Korea. Setiap rabu, kamu sudah bisa menonton livestream Kura di channel Twitch resmi HyperX.


Itulah daftar VTuber Indonesia yang dapat kamu ikuti karena konten-kontennya yang menarik, di mana semuanya memiliki keunikan dengan kepribadiannya masing-masing.

Suka dengan informasi teknologi seperti ini? Yuk, kunjungi blog MetaNesia untuk dapatkan berita terbaru seputar metaverse dan teknologi menarik lainnya!

Bagikan ini: