Daftar VTuber di Indonesia, Salah Satunya Pernah Ada di metaNesia Loh!

Daftar VTuber di Indonesia, Salah Satunya Pernah Ada di metaNesia Loh!

Saat metaverse berkembang dengan cepat, garis antara kehidupan nyata dan realitas virtual menjadi semakin tipis setiap detiknya. Penggunaan internet sudah lama ini popularitasnya tidak pernah menurun bahkan terus meningkat. Kenyataan tidak lagi menjadi prioritas bagi yang banyak menghabiskan waktunya berselancar di dunia internet.

Sekarang ini, di YouTube sudah banyak konten kreator tanpa wajah untuk menyembunyikan identitasnya atau memang persona yang dibuat dilakukan dengan cara yang lain. Menjadi kreator konten yang tidak memperlihatkan wajah aslinya memberi kamu sedikit lebih banyak privasi di internet, meskipun banyak juga yang lebih suka melihat si pembuat konten memperlihatkan dirinya.

Sekarang, berada di pihak manakah kamu? Yang cukup menarik, ada cara untuk mengambil salah satu sisi namun tetap bisa dinikmati oleh kedua kubu penonton: menjadi seorang virtual YouTuber:

Apa itu Virtual YouTuber?

Virtual YouTuber, adalah kreator konten online yang menggunakan avatar virtual untuk mewakili diri mereka sendiri pada konten yang disajikan. Avatar ini dibuat dengan grafik komputer 2D maupun 3D, dan sering kali menampilkan desain yang sangat terinspirasi oleh anime. Itu disebabkan karena yang pertama kali memopulerkan istilah VTuber adalah Kizuna Ai seorang virtual YouTuber dari jepang pada tahun 2016.

Seperti namanya, sebagian besar VTuber menggunakan YouTube sebagai platform utama mereka. Namun, ada beberapa yang mengunggah video atau meng-host streaming di tempat lain, seperti Twitch, Facebook Gaming, dan situs lainnya. Aktivitas tersebut masih disebut demikian.

Tren VTuber sebenarnya bukan hal yang baru di Indonesia. Ketika sudah sangat terkenal di Jepang, tidak lama juga pada tahun 2018, fenomena virtual YouTuber ini mulai masuk ke Indonesia.

Dimulai dari Cerita Tessa yang mulai debut pada Februari 2018, hingga sekarang sudah banyak VTuber Indonesia yang memiliki kualitas bagus dengan fans setia. Nah, berikut adalah daftar VTuber yang ada di Indonesia. Apakah kamu salah satu penggemarnya?

Daftar VTuber Indonesia

Cerita Tessa

Ramainya VTuber Indonesia
Source: Cerita Tessa

Cerita Tessa yang merupakan cipta karya indie dari grup lingkar karya Gang7. Dalam karyanya, VTuber ini berkreasi dengan membagikan pengalamannya, seperti video cara membuat mie instan, opininya mengenai fenomena komik bajakan, mengikuti tren menari Papa Tutu tuwawa dari serial anime Kakuchou Shouje-Kei Trinary, dan tarian Hime Hime.

Tak seperti VTuber lainnya yang memiliki kostum khas, Cerita Tessa cukup fleksibel karena dirinya dapat menggunakan kostum yang berbeda-beda. Kostum yang pernah ia kenakan berupa baju SMA, baju kasual, sampai dengan baju Polisi wanita.

Maya Putri

Maya Putri
Source: TOPPA!!

Maya Putri merupakan salah satu VTuber yang cukup populer di Indonesia, juga merupakan salah satu Virtual YouTuber generasi awal dalam belantika VTuber di Indonesia. Muncul di kala tren VTuber di Indonesia masih pada tahap awal dan dipercaya sebagai salah satu VTuber pertama di Indonesia seperti Cerita Tessa.

Maya Putri memulai debutnya sebagai VTuber pada tahun yang sama dengan Tessa, hanya berbeda bulan saja sepatnya di 20 Agustus 2018. Ia pernah mengikuti event VTuber internasional dan berkolaborasi dengan VTuber terkenal asal Jepang, Shirakami Fubuki.

Salah satu konten yang paling dikenal oleh penggemarnya adalah konten wawancaranya bersama salah satu istri Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, asal Jepang bernama Ratna Sari Dewi.

Pada 7 Juni 2020, Maya Putri mengunggah sebuah video berisi pengumuman bahwa dia akan hiatus dan tidak dikathui entah sampai kapan. Kemudian pada Feb 12, 2022, Maya Putri kembali dan melakukan “tes ombak” dengan mengunggah video berjudul “test” berdurasi 13 detik.

Kobo Kanaeru

Kobo Kanaeru, VTuber Populer di Indonesia
Source: Kobo Kanaeru

Daftar VTuber Indonesia selanjutnya ada Kobo Kanaeru yang memiliki popularitas di kalangan VTuber yang sudah tak diragukan lagi. Dibuktikan dengan jumlah subscribers yang dimilikinya hingga artikel ini dimuat. Ia telah memiliki 1,67 juta subscribers yang setia mendukungnya.

Kobo diceritakan sebagai seorang gadis ceria yang tinggal di sebuah menara mercusuar dan memiliki kemampuan untuk mengendalikan hujan. Meskipun tak menyukai hal tersebut sebagai sebuah pekerjaan, ia perlu membuktikan pada keluarganya akan potensi yang dimiliki demi mempertahankan gelar “Master Hujan” yang dimilikinya.

Moona Hoshinova

Moona Hoshinova
Source: Moona Hoshinova

Moona Hosninova adalah seorang mahasiswi yang berprofesi sebagai model dan idol. Dia menjadi VTuber karena dia tertarik dengan dunia virtual. Moona adalah seorang gadis pemalu, yang merupakan kebalikan dari citranya sebagai gadis kampus yang berwajah datar meskipun dia masih berbicara dengan nada ceria dan aksen Indonesia yang agak unik. Seperti Tsunomaki Watame, dia suka bob dan mengayunkan kepala dan tubuhnya.

Nama belakang Moona dari “Hoshinova” mencerminkan keseluruhan pada tema selestialnya. “Hoshi” (ホ シ) adalah bahasa Jepang untuk “bintang”, sedangkan nova, berasal dari bahasa latin “novus” yang memiliki arti “baru”, nova juga merupakan kata dalam bahasa Inggris untuk sebuah bintang yang mengalami peningkatan kecerahan yang masif namun sementara.

Pavolia Reine

Pavolia Reine - Hololive Fan Wiki
Source: Hololive Fan

Selanjutnya ada Pavolia Reine, VTuber yang sering melakukan kolaborasi bersama Kobo Kanaeru dan VTuber asal Hololive Indonesia yang lainnya. Ia juga termasuk salah satu VTuber Indonesia sukses yang telah memiliki banyak penggemar.

Pavolia memiliki kepribadian yang dewasa, elegan, dan cenderung kalem. Karakter Pavolia yang dewasa dan tenang tersebut dapat berubah ketika dirinya sedang melakukan live streaming. Pavolia akan cepat merasa panik ketika ada hal yang tidak berjalan sesuai rencana, tapi akan tertawa setelahnya.

Alia Adelia

Alia Adelia - YouTube
Source: Alia Adelia YouTube

Alia Adelia yang berafiliasi dengan MAHA5 (MAHAPANCA) seperti Andi Adinata merupakan seorang gadis yang berkepribadian lembut, imut, dan sedikit manja dan Dia terkadang menggoda penontonnya dengan sedikit genit.

Uniknya Alia dapat berbicara dengan menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Jepang. Meski Ia bukanlah orang Indonesia asli, namun dia mampu menggunakan aksen Jepang yang baik ketika berbicara.

Andi Adinata

Andi Adinata Facebook
Source: Andi Adinata Facebook

Andi Adinata adalah Virtual YouTuber laki-laki yang berada di bawah naungan MAHA5 bersama Alia Adelia, Zen Gunawan, Lumi Celestia, dan Nia Redalion. Memiliki kepribadian yang humoris dan penuh percaya diri.

Dia terkadang menghibur penonton dengan humornya yang dapat dikatakan norak. Salah satu leluconnya sering kali terkait dengan kepercayaan dirinya yang tinggi, yang sebenarnya hanya dilontarkan ketika sedang membuat konten.

Menyanyi adalah hal yang disukainya, dan pernah menang dalam kontes menyanyi di tingkat kecamatan. Selain hobi menyanyi, ia juga suka menggambar. Dalam pengakuannya, Andi mengaku bukan seorang introvert.

Jaret Fajrianto

Jaret Fajrianto ( GHOSTY's COMIC ) | NEW COMIC PO! on Twitter: "Pat pat  @momo_akuma https://t.co/hmwORoz5vq" / Twitter
Source: Twitter @momo_akuma

Jaret “Ghosty” atau Jaret Fajrianto merupakan salah satu contoh VTuber yang berbeda dengan yang lainnya di mana ia tidak menggunakan karakter anime sebagai avataranya. Ia justru menggunakan karakter hantu dari webtoon “GHOSTY’s COMIC” .

Jaret adalah hantu yang mengidap sindrom “Hobbyist Collector”, senang mengoleksi banyak barang tanpa memperhatikan pengeluarannya, yang membuat Ia sering makan nasi dengan kecap saja. Terlepas dari itu, Jaret adalah sosok yang humoris sehingga membuat Ia sangat disukai para penggemarnya.

Anobaith

Jika kamu mengira bahwa VTuber hanya sebatas game, candaan, opini, bahkan obrolan semata, namun ada konten yang unik dari dunia VTuber. Anobaith, merupakan salah satu VTuber yang aktif di platform Twich justru merupakan seorang ilustrator dan sering melakukan streamin ilustrasi di chanel Twitch miliknya.

Ayunda Risu

Ayunda Risu,
Source: Hololive

VTuber yang satu ini merupakan putri tupai yang pernah tersesat di dunia manusia. Namun, Ia beruntung karena diselamatkan oleh seorang perempuan baik hati yang kini tinggal bersamanya dan sudah dianggap sebagai kakaknya sendiri.

Untuk membalas budi kepada kakaknya tersebut, Ayunda Risu pun akhirnya memulai debutnya sebagai seorang VTuber.

Sama seperti Pavolia Reine, Ayunda Risu juga merupakan VTuber yang debut di bawah naungan Hololive Indonesia. Bedanya, Ayunda merupakan VTuber generasi pertama bersama Moona Hoshinova dan Airani Lofifteen.

Nekoyama Sena

Nekoyama Sena, Vtuber Suara Kawai di Indonesia!
Source: Nee Otaku Indonesia

Daftar VTuber di Indonesia terakhir ada Nekoyama Sena atau lebih dikenal dengan Sena, adalah Virtual Youtuber nekomimi dari Yume Reality. Sena merupakan orang yang sangat ceria dan bisa dikatakan hiperaktif. Digambarkan dengan penggabungan antara kucing dengan manusia, jadi Sena terlihat sangat imut.

Nekoyama Sena terbilang cerdas karena bisa berbahasa Indonesia, Inggris, dan sedikit bahasa Jepang. Tidak hanya disukai karena tampilannya yang imut, Sena juga senang bermain game, bernyanyi, serta mengobrol dengan penontonnya di mana hal tersebut akan lebih menyenangkan jika penonton dapat berinteraksi secara langsung.

Sena hadir di metaverse metaNesia pada 12 November 2022 dan 19-20 Novermber 2022 untuk event talk show dan 1-on-1 meet and greet. Pengalaman baru dalam menikmati konten dan bertemu dengan VTuber di metaverse melalui avatar sebagai representasi pengguna.


Itulah daftar VTuber di Indonesia yang dapat kamu ikuti karena konten-kontennya yang menarik di mana semuanya memiliki keunikan dengan kepribadiannya masing-masing.

Kunjungi metaNesia untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar metamesta dan teknologi imersif lainnya.

Bagikan ini: