Perusahaan Teknologi dan Keuangan Raksasa, Siap Bergabung dan Kembangkan Zona Ekonomi Metaverse Jepang 

Perusahaan Teknologi dan Keuangan Raksasa, Siap Bergabung dan Kembangkan Zona Ekonomi Metaverse Jepang 

Negara Jepang
Japan (Flickr/Derrick Brutel)

Negara Jepang terkenal dengan kemajuan teknologinya yang canggih dan unik. Pada Oktober 2022 lalu, Perdana Menteri Jepang yakni Fumio Kishida mengumumkan rencana ambisius negara sakura tersebut, untuk memperluas ekspansi transformasi digital ke dunia virtual metaverse. Melalui transformasi digital tersebut, beberapa perusahaan besar ikut serta membangun dan mengambnagkan zona ekonomi metaverse Jepang yang canggih melalui Web3. 

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Zona ekonomi metaverse Jepang 

Zona ekonomi metaverse Jepang
Japan metaverse economic zone (CoinDesk/Cam Thompson)

Seperti yang disampaikan sebelumnya, beberapa perusahaan teknologi dan keuangan ternama dunia raksasa telah menandatangani dokumen untuk mengembangkan zona ekonomi metaverse Jepang. Zona ekonomi metaverse Jepang yang akan dikembangkan, yakni berupa platform virtual reality canggih dan multiguna, sehingga dapat digunakan oleh khalayak luas.  

Beberapa perusahaan yang telah bergabung untuk mengembangkan metaverse Jepang yakni Fujitsu dan Mitsubishi. Fujitsu merupakan perusahaan penyedia solusi teknologi informasi terkemuka, sedangkan Mitsubishi adalah pengembang dan produsen industri otomotif ternama di Jepang. 

Keduanya bersatu dalam suatu perjanjian, untuk menyediakan infrastruktur kepada perusahaan dan lembaga pemerintah di luar Jepang. Melalui hal tersebut, mereka juga ikut serta membantu memajukan sektor ekonomi metaverse Jepang, yakni berupa platform Ryugukoku.  

Yuk, simak informasi mengenai Ryugukoku di bawah ini! 

Ryugukoku  

Metaverse Ryugukoku (Cryptopolitan/Damilola Lawrence)

Ryugukoku merupakan ekosistem dunia virtual canggih, yang dikembangkan untuk memicu peningkatan gelombang teknologi metaverse di masa depan. Bentuk nyata pengembangan zona ekonomi metaverse Jepang ini, akan menghadirkan berbagai fitur yang tersedia untuk konsumen Jepang dan luar negeri. 

Beberapa contoh fitur yang disediakan seperti penggunaan avatar 3D, layanan pemerintahan virtual, keuangan digital dan penyedian game seru. Rencananya, aplikasi ini akan didesain dan dioperasikan oleh JP Games sebagai pengembang permainan virtual seru.

Struktur fungsi Ryugukoku

NFT
Investasi NFT (Flickr/Marco Verch)

Investasi digital berupa platform metaverse Ryugukoku ini memiliki stuktur dan fungsi yang akan membantu pengguna dalam menggunakannya, yakni sebagai berikut: 

  • Kota metaverse

Pada kesempatan ini, platform zona ekonomi metaverse Jepang akan menyediakan struktur kota digital, yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi maupun mengakses layanan umum, dengan menggunakan avatar 3D interaktif. 

  • Layanan pembayaran

Selain menghadirkan kota digital, metaverse Ryugukoku juga akan menyediakan layanan pembayaran yang didukung dengan teknologi Web3 atau internet terdesentralisasi. Hal ini akan didukung oleh Mizuho Financial Group, yang ahli dalam bidang pembayaran dan token metaverse.

  • Multi Magic Passport

Struktur fungsi selanjutnya yang akan hadirkan pada metaverse Ryugukoku adalah Multi Magic Passport. Melalui fungsi unik ini, aplikasi Ryugukoku dapat mengidentifikasi avatar pengguna dalam melakukan pembayaran dan pemindahan data pribadi mereka, yakni berupa kepemilikan aset digital maupun NFT.

Melalui Ryugukoku, harapan pemerintah Jepang dan beberapa perusahaan pengembang ternama dunia yakni menarik kerja sama dengan luar negeri, agar memiliki peluang dalam memperluas bisnis di masa mendatang.


Berikut informasi mengenai zona ekonomi metaverse Jepang Ryugukoku yang siap untuk dikembangkan.

Hal ini merupakan solusi inovatif, sebagai teknik untuk meningkatkan industri ekonomi dan transformasi digital pada suatu negara. Melalui teknik ini, Jepang tidak hanya mengembangkan dunia virtual canggih, tetapi mereka juga memperkenalkan teknologi metaverse yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Kalau mau tahu informasi terkait teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel menarik, terkait metaverse dan juga teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: