Aplikasi Sosial VR Horizon Worlds dari Meta akan Segera Rilis!

Aplikasi Sosial VR Horizon Worlds dari Meta akan Segera Rilis!

Horizon Worlds
Horizon Worlds, Aplikasi sosial buatan Meta. (UploadVR)

Apakah kamu pernah membayangkan bisa berinteraksi dengan teman lama yang jauh dari kita secara imersif? Sekarang, hal tersebut bukan lagi angan-angan! Pada tahun 2022 kemarin, Meta mengumumkan akan merilis aplikasi sosial virtual reality mereka yang bernama Horizon Worlds. 

Horizon Worlds memungkinkan penggunanya untuk berbagi pengalaman, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Horizon Worlds mampu membuat lingkungan yang realistis berkat menggunakan teknologi augmented reality (AR).

Penasaran dengan aplikasi ini? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Horizon Worlds Menawarkan Dunia Virtual untuk Berkolaborasi

Horizon Worlds
Mark Zuckerberg sang CEO Meta dalam dunia Horizon Worlds. (Meta)

Horizon Worlds adalah sebuah dunia virtual yang diciptakan menggunakan teknologi virtual reality. Aplikasi sosial VR Horizon Worlds juga didesain untuk menciptakan lingkungan yang realistis dan interaktif bagi para penggunanya. Dengan aplikasi ini juga akan memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain di dalamnya. 

Aplikasi dari Meta ini dapat menjadi tempat bagi individu atau kelompok untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial, permainan, pembelajaran serta hiburan lainnya. Dengan memanfaatkan platform VR, aplikasi ini dapat membuka peluang baru bagi penggunanya untuk berbaur dan berkreasi dalam dunia digital.

Saat sudah masuk ke aplikasi ini, kamu dapat berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain di dalam Horizon Worlds menggunakan kontroler atau perangkat input lain. Kamu juga dapat  berkolaborasi dan berkomunikasi dengan orang lain di dalam dunia virtual melalui fitur komunikasi seperti obrolan teks, suara, atau video.

Menurut dokumen internal yang diterima oleh Wall Street Journal, Meta bahkan akan membawa setengah juta pengguna aktifnya ke aplikasi sosial VR Horizon Worlds ini pada akhir tahun. Hingga saat ini, Horizon Worlds memiliki kurang dari 200.000 pengguna aktif dengan sebagian besarnya adalah pria.

Buat Dunia Virtual Kamu Sendiri dalam Horizon Worlds!

Virtual Reality
Ilustrasi dunia virtual dengan menggunakan headset VR. (Max Pixel)

Meta saat ini sedang melakukan testing untuk proto-metaverse di Horizon Worlds. Tes ini bersifat untuk anggota saja (members-only) dan untuk yang mendapatkan undangan saja (invitation-only). Meta juga mengatakan hal ini merupakan persiapan untuk merilis aplikasi sosial ini pada perangkat non-Quest untuk pertama kalinya.

Pada Horizon Worlds, saat ini pengguna dapat membuat world untuk diri mereka sendiri dan teman-teman mereka. Dimana pada ruang ini nantinya tidak dapat diakses oleh pihak luar tanpa persetujuan pembuat world.

Saat ini, Meta sedang menggencarkan berbagai alpha test untuk para pengguna baru sejak 30 Januari 2023. Ruang tes tersebut memiliki kapasitas sebanyak 150 member, namun hanya 25 member yang dapat masuk ke world dalam satu waktu.

Hal tersebut memungkinkan para penggunanya untuk membuat tim dalam game atau membuat grup diskusi pribadi dengan teman dan keluarga. Para kreator atau pembuat world dalam aplikasi ini juga nantinya dapat memberikan akses eksklusif VIP kepada pengguna worldnya.

Potensi Horizon Worlds sebagai Aplikasi Sosial Lintas Platform

Meta Horizon Worlds
Ilustrasi aplikasi sosial VR Horizon Worlds. (Engadget)

Terdapat beberapa keunggulan dengan adanya members-only world dan invitation only world. Salah satunya, komunitas yang ada di Horizon Worlds dapat menerapkan dan mengembangkan norma, etiket, dan aturan sosialnya sendiri. Hal tersebut memiliki potensi untuk membuat kultur yang unik pada masing-masing world.

Pemimpin kelompok juga bisa mengambil tugas moderasi dan menugaskan kepada anggota komunitas lain. Sehingga, pada setiap world nantinya akan terdapat berbagai peran untuk menjaga kenyamanan dan ketentraman didalamnya.

Potensi dari Horizon Worlds ketika sudah rilis di web dan mobile tentu saja sangat besar. Bahkan aplikasi ini digadang-gadang dapat menjadi pesaing langsung raksasa game sosial lintas platform seperti Roblox dan Rec Room.

Sebagai aplikasi dengan platform VR gratis, Horizon Worlds menawarkan toko avatar yang menampilkan pakaian digital premium. Hal ini memungkinkan creator untuk memperoleh pendapatan dari pembelian yang dilakukan member di world mereka.


Berikut berita terkini mengenai Horizon Worlds dari Meta. Untuk mendapatkan berita terbaru seputar aplikasi virtual reality, kamu dapat berkunjung ke blog metaNesia!

Bagikan ini: