Mengenal Virtual Avatar, Elemen Penting di Dunia Metaverse

Mengenal Virtual Avatar, Elemen Penting di Dunia Metaverse

Komunikasi di dunia maya memang sudah bukan hal yang asing lagi di kehidupan kita. Apalagi dengan banyaknya aplikasi digital yang mulai marak dipakai, baik itu di lingkup pertemanan atau pekerjaan, seperti di metaverse.

Intensnya komunikasi secara digital melahirkan inovasi-inovasi baru seperti metaverse dan virtual avatar. Apa itu virtual avatar? Yuk, bahas bersama di artikel berikut ini!

Pengertian virtual avatar

Pengertian virtual avatar
Sumber foto: Meta

Virtual avatar adalah salah satu cara untuk memberi keunikan tersendiri pada event online atau media digital seperti media sosial. Avatar virtual ditampilkan sebagai sebuah grafis yang merepresentasikan seseorang di dunia virtual, bisa dibilang seperti alter ego kita di dunia digital.

Saat ini, penggunaan avatar di dunia maya sudah marak dilakukan. Bukan hanya di situs hiburan seperti avatar untuk games, tapi juga untuk acara-acara bisnis dan acara di metaverse. Grafis avatar pun bisa dibuat sesuai dengan keinginan kita, banyak platform yang menawarkan fitur 3D avatar untuk penggunanya.

3D avatar bersifat sebagai representasi diri di dunia maya, karenanya tidak ada 3D avatar yang benar-benar sama. Baik itu bentuk fisik, aksesoris yang dipakai, cara 3D avatar berinteraksi di dunia maya akan memiliki keunikan tersendiri tergantung siapa pembuatnya.

Pesatnya perkembangan teknologi juga mendorong tren penggunaan avatar di dunia maya. Kecanggihan grafis dengan teknologi baru membuat avatar akan semakin terlihat nyata ke depannya.

Baca juga: Deretan Terbaik VTuber Pertama di Dunia

Virtual avatar membantu menghilangkan Zoom fatigue

Virtual avatar membantu menghilangkan Zoom fatigue
Sumber foto: charlesdeluvio

Sejak merebaknya pandemi Covid-19, melakukan pekerjaan secara online menjadi hal yang lumrah. Namun, pola komunikasi bisnis yang terus berulang terkadang bisa menyebabkan kejenuhan. 3D avatar bisa membawa angin sejuk untuk kejenuhan itu.

Avatar bisa menjadi sedikit hiburan saat meeting secara online. 3D avatar menyediakan lingkup yang mirip seperti saat menghadiri event secara langsung, namun sebenarnya dilakukan secara virtual. Salah satu platform yang menyediakan layanan ini adalah Virtway Events dengan teknologi 3 dimensi yang canggih.

Kemungkinan avatar yang bisa dibuat tidak terbatas. Mulai dari tampilan fisik avatar hingga cara berkomunikasi, semuanya bisa dipersonalisasi dengan mudah dan membuat interaksi lebih efektif.

Munculnya fenomena VTuber dan avatar influencer

Munculnya fenomena VTuber dan avatar influencer
Sumber foto: Virtual Humans

Bagi sebagian orang yang belum terlalu mengenal komunitas VTuber, mungkin istilah ini terasa asing. Terlebih lagi konsepnya yang menggunakan avatar virtual sebagai influencer untuk berbagai industri seperti kecantikan, makanan, atau games.

3D avatar influencer adalah model yang dibuat untuk mempromosikan produk yang dikendalikan langsung oleh manusia secara real-time. 3D models terkenal karena tampilannya yang realistik. Kizuna AI contohnya, 3D avatar terkenal dari Jepang ini dibuat dari hasil gerakan juga suara aktris, namun diprogram untuk memiliki “kepribadian” sendiri.

Daya tarik dari 3D avatar ini ada pada anonimitas. Kreator konten bisa tetap berkreasi tanpa harus menunjukkan identitas aslinya. Selain itu, 3D avatar juga hemat dan praktis karena kamu tidak membutuhkan peralatan syuting, set, baju, atau make up sebelum siaran.

Terlebih lagi, kreator bisa berekspresi secara tak terbatas dengan 3D avatar. Kreator bisa bereksperimen dengan fashion juga mengeksplor tampilan, gender, identitas, dan persona online. Bahkan, mungkin bisa lebih bebas berekspresi dibanding di dunia nyata.

Tidak heran jika kepopuleran 3D avatar makin melejit di komunitas games online, bisnis online, sampai para Vlogger. Avatar 3D memang lebih dari sekedar mewujudkan bentuk diri di dunia maya.

Baca juga: Kenalan dengan Nekoyama Sena, VTuber Pertama di metaNesia!

Manfaat 3D atau virtual avatar bagi bisnis dan pemilik usaha

Manfaat 3D avatar bagi bisnis dan pemilik usaha
Sumber foto: Microsoft 365

Tidak hanya sebagai sumber hiburan, tempat berekspresi, atau sekedar pemanis saat bermain games, avatar pun memiliki manfaatnya sendiri bagi sektor bisnis. Beberapa manfaat dari kecanggihan teknologi ini adalah sebagai berikut.

Menghemat biaya operasional

Avatar virtual bisa menjadi bentuk investasi bagi pemilik usaha untuk menjawab keluhan dari pelanggan dengan cepat. Karena berbasis teknologi, integrasi 3D avatar dengan algoritma sistem untuk bisnis bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus mengorbankan customer experience pelanggan.

Pelayanan lebih cepat

3D avatar bisa menjawab pertanyaan pelanggan lebih cepat dibandingkan live agents berkat cepatnya pengumpulan informasi berdasarkan macam-macam algoritma. Pada saat influks kueri sedang banyak, akan sulit untuk mengatasinya dengan jumlah agen yang terbatas, berbeda dengan agen virtual.

Interaksi yang lebih personal

Seringkali, agen mengikuti serangkaian pertanyaan standar pada konsumen. Pada akhirnya, pengalaman interaktif yang personal tidak terjadi.

Agen virtual, sebaliknya, mempelajari perilaku pelanggan secara real-time & cepat beradaptasi. Berdasarkan input dari pelanggan, agen virtual berhasil membuat pengalaman konsumen yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan masing-masing pelanggannya.

Mempelajari perilaku konsumen

Selain dapat berinteraksi dan menjawab kueri konsumen dengan cepat, avatar 3D juga bisa membuat algoritma yang spesifik untuk konsumen. Ini dilakukan dengan mempelajari pola jawaban atau pertanyaan yang diajukan konsumen. Data ini kemudian bisa digunakan perusahaan untuk membuat strategi consumer approach yang lebih efektif dan meningkatkan keberhasilan conversion.

Baca juga: Penerapan Marketing dengan metaNesia Bisnis dalam Dunia Metaverse


Itulah pembahasan mengenai virtual avatar. Masih banyak artikel seputar teknologi menarik lainnya yang bisa kamu akses di metaNesia seperti augmented reality, virtual reality, dan metaverse.

metaNesia adalah tempat di mana kamu bisa bersosialisasi, berinteraksi, bermain, dan berkreasi di dunia metaverse tanpa adanya batasan. Baca artikel lainnya di blog metaNesia!

Bagikan ini: