AR di Industri Asuransi: Berikut 7 Kasus Penerapannya

AR di Industri Asuransi: Berikut 7 Kasus Penerapannya

Augmented reality (AR) jelas tidak dapat mengubah keseluruhan industri asuransi. Namun, teknologi AR berpotensi mengubah cara layanan asuransi dipromosikan secara signifikan. Selain itu, berbagai perusahaan telah mulai menggunakan pandangan dunia nyata dengan informasi yang dihasilkan komputer dalam beberapa cara yang kebih lanjut.

Bagaimana tepatnya perusahaan asuransi dapat memperoleh manfaat dari augmented reality dan menggunakannya sebagai alat penggerak penjualan yang efektif? Dengan popularitas smartphone, augmented reality menjadi bagian dari strategi marketing untuk banyak organisasi komersial.

Dengan mengeksplorasi dan mengadopsi teknologi AR ini, perusahaan berusaha untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan kompetitor lainnya. Padahal, ada industri yang ragu untuk mengimplementasikan solusi AR untuk kebutuhan perusahaan mereka.

Asuransi adalah salah satu industri yang lambat mengadopsi augmented reality. Perusahaan-perusahaan ini masih mengeksplorasi kemampuan AR, tetapi mereka sudah mengambil langkah pertama untuk menentukan prioritas dan tujuan utama mereka dalam teknologi ini.

Perusahaan Insurtech bekerja sama dengan pengembang augmented reality untuk membangun solusi baru yang memungkinkan mereka meningkatkan kemampuan bisnis mereka.

ar di industri asuransi
Penerapan AR di industri (Flickr/Pictures of Money)

AR di industri asuransi: kasus penggunaannya

AR dalam kehadirannya di sektor asuransi, dapat memberikan pengalaman pengguna yang interaktif. Selain itu, memastikan hiburan dan keterlibatan pelanggan bukanlah satu-satunya kasus penggunaan AR untuk perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi dapat menggunakan augmented reality untuk memperingatkan klien mereka tentang bahaya, memperkirakan kerusakan, menjelaskan rencana asuransi. Mereka juga menggunakan AR untuk tujuan pemasaran dan promosi brand.

Selain itu, teknologi augmented reality ini dapat secara signifikan meningkatkan cara perusahaan asuransi menyediakan layanan mereka. Mari kita bahas bagaimana perusahaan asuransi tertentu menggunakan AR untuk kebutuhan bisnis mereka.

1. Peringatan tentang bahaya tertentu

Allianz, sebuah perusahaan asuransi terkenal yang berbasis di Inggris, telah menggunakan kemampuan augmented reality untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang banyak bahaya yang mungkin mereka hadapi di rumah mereka.

Perusahaan asuransi telah membangun sebuah rumah, yang dapat dikunjungi pelanggan dan mendeteksi kemungkinan insiden rumah menggunakan perangkat seluler mereka.

Saat mereka memasuki rumah dengan kamera ponsel pintar yang terpasang, mereka dapat melihat berbagai bahaya tersembunyi di layar perangkat mereka, seperti pemanggang roti yang berasap dan berkilau, lantai kamar mandi pecah akibat banjir wastafel, akuarium retak, dll.

2. Meningkatkan brand awareness

Perusahaan asuransi yang berbasis di Belgia bernama AXA Insurance menggunakan game berkemampuan AR yang disebut Ingress untuk meningkatkan brand awareness. Video game Ingress adalah game online multipemain untuk perangkat Android dan iOS dengan jutaan pengguna.

Digunakan dengan perangkat seluler di dunia nyata, pemain harus menangkap portal di dunia virtual game. Portal ini biasanya terletak di dekat pemandangan berbeda di dunia nyata.

Menangkap portal membawa berbagai item game: kunci ke portal lain, resonator, senjata, modifikasi portal, kapsul, dan sebuah video yang dapat membantu pemain memenangkan portal lain. Hal-hal ini termasuk barang-barang yang lebih kuat dibandingkan barang-barang biasa pada game. Salah satunya adalah AXA Shield.

Menurut trailer game resmi yang disediakan oleh AXA, perusahaan asuransi mendapat banyak manfaat dari kemitraan ini:

  • Cakupan pemain AXA Shield: 5 juta penerapan item
  • Lebih dari 600.000 pemain mengunjungi kantor AXA di dunia nyata
  • AXA menghasilkan lebih dari 3 juta aksi dalam game
  • Lebih dari 55.000 pemain berinteraksi dengan karyawan AXA

3. Menjelaskan rencana asuransi

AR dapat digunakan untuk mengubah proses yang membosankan dalam memilih rencana tunjangan pensiun yang nyaman menjadi aktivitas yang menyenangkan dengan bantuan teknologi augmented reality.

Penerapannya dapat berupa aplikasi AR yang memberikan penjelasan video tentang tujuan dan rencana pensiun ketika pengguna memilih opsi tertentu. Misalnya, perusahaan asuransi memiliki kartu yang dapat dipindai dengan aplikasi AR. Model 3D virtual akan muncul di layar smartphone dan memberikan beragam informasi berguna dengan cara yang interaktif.

4. Meningkatkan kampanye periklanan

Augmented reality menawarkan pengalaman interaktif dan peluang pemasaran yang luas yang memberi pengguna nilai hiburan yang menarik. Perusahaan asuransi dapat menggunakan model 3D untuk mempromosikan layanan mereka dengan mendorong pengguna untuk berbagi pengalaman augmented reality mereka dengan orang lain.

Perusahaan asuransi dapat membuktikan bahwa industri asuransi dapat menjadi inovatif dan menarik dalam pendekatannya terhadap periklanan. Selain itu, pengguna dapat memesan layanan asuransi dengan mendapatkan informasi yang diperlukan dan melakukan panggilan telepon tanpa meninggalkan aplikasi.

5. Estimasi kerusakan

Augmented reality dapat membantu adjuster dari jarak jauh menentukan area yang rusak dari berbagai objek dan memberikan penilaian 360° dengan menggunakan foto kerusakan dan membuat model 3D dari objek tersebut.

Video di atas menunjukkan bagaimana adjuster dapat memecahkan masalah ini dengan teknologi video, tetapi augmented reality dapat membuat solusi menjadi lebih efisien. Dengan penggunaan AR, spesialis teknis dapat memahami volume kerusakan dengan melapisi gambar objek yang mewakili kondisi objek sebelum dan sesudah kecelakaan.

Mempertimbangkan informasi yang dikumpulkan dan diproses, pengatur dapat mengukur dimensi bagian yang rusak dan menghitung biaya perbaikan yang diperlukan. Salah satu kasus penggunaan potensial untuk teknologi augmented reality digunakan untuk inspeksi.

Dengan denah bangunan digital dan pemasangan sensor pada bangunan yang rusak, inspektur asuransi dapat meninjau secara akurat semua bagian bangunan yang rusak. Menggunakan solusi yang mendukung AR, inspektur benar-benar dapat melihat ke belakang dinding bangunan dan menentukan lokasi saluran gas atau pusat kebakaran.

Symbility Video Connect adalah solusi komunikasi video langsung yang memungkinkan pelanggan mengirimkan klaim mereka ke perusahaan asuransi secara real-time.

Dengan alat ini, pemegang polis dapat berkomunikasi dengan penaksir asuransi untuk memeriksa properti yang rusak secara menyeluruh dan jarak jauh. Nilai utama dari solusi ini bagi ahli asuransi adalah kemampuan untuk memperkirakan kerusakan secara tepat.

Mereka dapat mengambil dan memperbesar gambar dari jarak jauh sambil memastikan detail klaim yang akurat dan tidak berlebihan oleh pemegang polis dengan maksud untuk mendapatkan kompensasi yang lebih signifikan.

6. Bimbingan dan pelatihan jarak jauh perusahaan asuransi

Ketepatan dan keamanan memainkan peran penting dalam melikuidasi konsekuensi kecelakaan seperti kerusakan properti. Solusi yang mendukung AR dapat melapisi area dan bagian objek yang rusak dengan informasi bermanfaat dan instruksi yang diperlukan untuk membantu spesialis melakukan operasi perbaikan dari jarak jauh.

Dengan menggunakan augmented reality, pakar teknis dapat memandu penilai dari jarak jauh yang berada di area properti yang rusak terkait operasi perbaikan yang akurat. Pakar dapat menandai area yang diperlukan pada layar bawaan perangkat dan meninjau daftar periksa menggunakan kontrol gerakan.

Ini meningkatkan efektivitas kerja, mengurangi biaya, dan mengoptimalkan penggunaan waktu seorang ahli. Augmented reality juga dapat digunakan untuk tujuan pelatihan. Pada tahun 2015, sebuah perusahaan yang berbasis di Jerman bernama Zurich Insurance membuat aplikasi augmented reality untuk panduan jarak jauh dan pelatihan karyawan.

Perusahaan asuransi menerapkan aplikasi AR selama sesi pelatihan berbasis ruang kelas. Karyawan dapat mengarahkan perangkat seluler mereka ke poster khusus yang mengaktifkan video dengan pelatihan atau buku panduan online yang memberikan informasi mendalam tambahan.

7. Menciptakan peluang layanan baru

Berjalan di jalanan bisa sangat berbahaya jika mata tidak tertuju ke jalan, sesuatu yang ditakutkan saat bermain Pokemon GO. Oleh karena itu, perusahaan asuransi Meksiko bernama Jiro y Asociados Seguros meluncurkan kebijakan unik untuk para penggemar yang menikmati aplikasi tersebut.

Seguro GO adalah polis asuransi yang melindungi orang yang bermain Pokemon GO dari berbagai kecelakaan, seperti cedera atau bahkan kematian. Polis Seguro GO berharga 399 peso (Rp. 326.019), dan ini menyiratkan perlindungan penuh atas kecelakaan yang terjadi saat bermain Pokémon GO.

Namun, pertanggungan penuh tidak berlaku jika terjadi kecelakaan saat pemegang polis mengendarai mobil saat bermain game.


Perusahaan asuransi dapat menggunakan augmented reality dalam berbagai cara untuk menghadirkan inovasi dan mendorong nilai dengan kemampuan mengambil keputusan secara real-time, menyediakan konten yang interaktif, bermanfaat, dan menghibur dengan cara baru, serta meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Yuk, kunjungi metaNesia untuk mengetahui informasi lain seputar augmented reality, virtual reality dan teknologi imersif lainnya.

Bagikan ini: