Memasuki Dunia Metaverse, BMW Grup Merilis Supplierthon

Memasuki Dunia Metaverse, BMW Grup Merilis Supplierthon

Metaverse merupakan teknologi yang mengkombinasi elemen virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), di mana pengguna dapat bekerja, bermain, bersosialisasi dan melakukan beragam aktivitas layaknya di dunia nyata.

Semakin berkembangnya teknologi metaverse, hal ini membuat berbagai perusahaan menerapkan inovasi dunia virtual canggih untuk menambah pertumbuhan penjualan produk melalui pengalaman yang berbeda.

Salah satu contoh perusahaan dalam bidang otomotif yang sedang mengembangkan metaverse adalah BMW. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah!

BMW Grup merilis Supplierthon 

BMW Grup merilis Supplierthon untuk pertumbuhan penjualan
Supplierthon (BMW Group)

BMW (Bayerische Motoren Werke AG) merupakan perusahaan multinasional asal Jerman yang memproduksi kendaraan mobil dan sepeda motor mewah. Di awal tahun 2023 ini, BMW Grup telah merilis Supplierthon untuk mengembangkan platform metaverse yang strategis dan terpusat. 

Supplierthon 

Sebenarnya apa itu Supplierthon? Supplierthon merupakan gerakan atau kontes untuk mencari inovasi dari berbagai mitra kontestan seperti organisasi, penelitian, perusahaan rintisan, dan korporat di seluruh dunia. Melalui gerakan Supplierthon, para kontestan dapat mengirimkan ide atau solusi yang mendukung orientasi ekosistem metaverse perusahaan BMW. 

Tidak hanya memberikan ide inovatif, kontestan dapat mewujudkannya melalui kolaborasi bersama BMW Grup, dengan tujuan utama yakni mengembangkan dunia virtual metaverse dalam bidang otomotif. 

Dalam mengembangkan dunia metaverse dan pengalaman virtual yang imersif, pakar BMW Grup telah mengidentifikasi tiga tantangan yang perlu diselesaikan melalui gerakan Supplierthon.Yuk, simak tiga tantangan Supplierthon di bawah ini! 

Tiga Tantangan Supplierthon 

BMW Indonesia
BMW Indonesia (BMW Indonesia)

Kesiapan Kendaraan  

Tantangan pertama dalam mengembangkan metaverse milik BMW Grup di masa depan yakni mencari ide untuk membentuk kesiapan infrastruktur kendaraan. BMW Grup ingin membentuk kendaraan yang menerapkan teknologi 5G, cloud, perangkat VR, sensor, dan mixed reality. 

Kontestan Supplierthon perlu memberikan solusi inovatif untuk membuat kendaraan yang menerapkan lima teknologi di atas dan terintegrasi dengan dunia virtual, sehingga terdapat kesiapan dalam mendukung mobilitas canggih di masa depan. 

Pengalaman Dalam Mobil  

Selain itu, kontestan akan dihadapkan pada tantangan untuk memberikan solusi mengembangkan pengalaman imersif dan interaktif di dalam mobil, dengan memanfaatkan teknologi virtual reality yang tepat. 

Ekosistem Virtual. 

Tantangan ketiga Supplierthon yang perlu diselesaikan yakni membentuk ekosistem virtual yang terintegrasi dengan kendaraan mobil. 

Seperti yang telah diketahui, ekosistem teknologi metaverse sangat identik dengan sistem terdesentralisasi. Sistem terdesentralisasi juga berkaitan dengan transaksi kripto maupun blockchain untuk membeli aset digital berupa NFT (Non Fungible Tokens). 

Melalui tantangan ketiga ini, para kontestan perlu memberikan solusi untuk membentuk ekosistem virtual terdesentralisasi yang memungkinkan pelanggan merasakan transaksi dengan cara berbeda.

Fokus mengembangkan dunia Metaverse

Pada kesempatan ini, BMW Grup fokus mengembangkan metaverse dan pengalaman virtual dengan mendapatkan perspektif inovatif yang berasal dari luar perusahaan. BMW Grup percaya bahwa mengembangkan dunia virtual metaverse dapat membuat perbedaan yang signifikan terhadap pengalaman pelanggan. Melalui hal tersebut, BMW Grup dapat memperkuat dan memberikan dampak positif terhadap industri otomotif secara keseluruhan di masa depan.


Berikut informasi mengenai Supplierthon yang telah dirilis oleh BMW Grup untuk mengembangkan metaverse dan pengalaman digital imersif di masa depan.

Hal ini merupakan sebuah inovasi yang unik untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam membentuk dunia virtual tak terbatas. Melalui gerakan Supplierthon, hal ini dapat memberikan solusi inovatif dan visioner untuk menerapkan teknologi metaverse, khususnya dalam bidang otomotif. Semakin bertumbuhnya inovasi virtual yang diterapkan, hal ini membuka kesempatan perusahaan untuk mencetak peningkatan rekor penjualan kendaraan di masa mendatang, lho!

Kalau mau tahu informasi terkait teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel menarik, terkait metaverse dan juga teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: