Cara Mengakses Metaverse dan Mencoba Berbagai Aplikasi Pembelajaran Virtual yang Seru

Cara Mengakses Metaverse dan Mencoba Berbagai Aplikasi Pembelajaran Virtual yang Seru

Mengenal lebih lanjut dunia metaverse

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengakses metaverse dan mengetahui aplikasi pembelajaran virtual, yuk mengenal lebih lanjut terkait dunia virtual metaverse! Metaverse telah ramai diperbincangkan semenjak CEO Meta yakni Mark Zuckerberg mengumumkan dalam proses pengembangan teknologi metaverse.

Sebenarnya apa itu metaverse? Metaverse sendiri merupakan sebuah platform teknologi baru yang memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dalam dunia virtual. Di dalam dunia virtual tersebut, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti di dunia nyata.

cara mengakses metaverse atau Dunia Virtual reality vr
Photo by: teachhub

Saat masuk ke metaverse kamu dapat melakukan beberapa aktivitas seperti bermain, bertemu dengan orang baru, melakukan transaksi digital, mengikuti proses pembelajaran, mengikuti seminar online, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, saat masuk ke metaverse, kamu juga dapat melakukan transaksi dengan mata uang kripto sebagai bentuk uang digital. Mata uang digital ini dapat digunakan untuk membeli Non Fungible Token atau yang biasa disebut NFT. Non Fungible Token sendiri merupakan token atau aset digital yang berlaku saat kamu masuk ke metaverse.

Menariknya konsep metaverse telah muncul di sebuah novel fiksi sains yang diterbitkan tahun 1992 lalu, lho! Novel karya Neal Stephenson berjudul “Snow Crash” ini menjelaskan bahwa metaverse merupakan dunia virtual 3D. Bahkan Ia juga mengatakan bahwa dunia virtual 3D ini ditempati oleh avatar penggunanya.

Cara mengakses metaverse

cara mengakses metaverse
Photo by: Indi Tech

Perkembangan zaman membuat teknologi berinovasi mengikuti kebutuhan manusia. Salah satunya yakni dunia metaverse. Teknologi satu ini dianggap revolusioner karena memungkinkan manusia untuk masuk ke dalam dunia virtual baru, yang berbeda dengan dunia nyata. Nah berikut cara agar kamu dapat memasuki dunia virtual metaverse:

  1. Memilih aplikasi yang akan digunakan untuk masuk ke metaverse
  2. Mendaftarkan diri pada aplikasi tersebut melalui akun email terdaftar
  3. Menghubungkan aplikasi dengan dompet digital khusus kripto dengan akun terdaftar pada aplikasi yang dipilih
  4. Menyiapkan perangkat tambahan yang mungkin dibutuhkan, seperti kacamata AR atau kacamata VR
  5. Masuk ke aplikasi tersebut dan melakukan aktivitas seperti bersosialisasi, bermain game, berinvestasi, membuat atau membeli non fungible token dsb.

Berbagai aplikasi yang patut dicoba sebagai salah satu cara mengakses metaverse

Salah satu cara untuk masuk ke metaverse yakni memilih aplikasi yang akan digunakan. Berikut beberapa aplikasi yang dapat kamu coba untuk masuk ke metaverse:

The Sandbox

The Sandbox merupakan aplikasi paling populer yang wajib kamu coba untuk masuk ke metaverse. Pada aplikasi The Sandbox kamu dapat memonetisasi dunia, lho!

Artinya, saat kamu menggunakan The Sandbox kamu dapat membuat dan membangun dunia virtual versi kamu sendiri dan menghasilkan penghasilan dari hasil tersebut.

Pada aplikasi The Sandbox, kamu juga bisa membeli tanah virtual secara instan dengan mata uang digital. Hal ini menjadi daya tarik aplikasi The Sandbox bagi pengguna untuk masuk ke metaverse.

Axie Infinity

Aplikasi kedua yang dapat kamu coba untuk masuk ke dunia metaverse yakni Axie Infinity. Dalam game ini, kamu akan masuk dengan avatar lucu yang dapat dibesarkan, menyelesaikan misi, melakukan pertempuran dan berkembang biak seperti bermain Tamagotchi, lho!

Platform metaverse ini merupakan game berbasis NFT, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan maupun penghasilan dalam bentuk NFT koin Axie Infinity Shard. 

Decentraland

Aplikasi yang tak kalah populer untuk masuk ke dunia metaverse yakni Decentraland. Pada aplikasi ini, kamu dapat membuat digital aset atau NFT dalam bentuk avatar, gambar, video, dan tanah digital yang dapat kamu jual untuk mendapatkan penghasilan. Untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi dunia metaverse ini, kamu memerlukan dompet MetaMask sebagai dompet khusus untuk mata uang kripto.

Meskipun masih banyak digunakan untuk bermain game, metaverse bisa menjadi salah satu bantuan teknologi interaktif yang bisa digunakan untuk melakukan proses pembelajaran dalam dunia pendidikan, loh! Bagaimana caranya, ya?

cara mengakses metaverse untuk pembelajaran
Photo by: Lets Go Learn

Kegunaan metaverse di dunia pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan, metaverse tentunya bisa jadi salah satu cara baru untuk membuat proses belajar mengajar semakin interaktif. Metaverse sendiri memiliki beberapa potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Beberapa diantaranya seperti:

  • Kehadiran ruang kelas virtual 3D untuk tampilan visual yang lebih menarik
  • Pembelajaran digital untuk membuat siswa belajar lebih seru
  • Melakukan pembelajaran interdisipliner yang dapat menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu, sesuai dengan kebutuhan pembelajaran

Daftar aplikasi metaverse yang bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran virtual

cara mengakses metaverse pendidikan
Photo by: Education Next

Setelah mengetahui potensi yang dimiliki teknologi baru dunia virtual untuk pendidikan sekolah. Yuk, bahas daftar aplikasi yang bisa digunakan guru maupun siswa untuk membuat pembelajaran semakin menarik!

Virtual Reality Innovation Hub – Metaverse for Education

Aplikasi dunia virtual yang pertama yakni Virtual Reality Innovation Hub. Aplikasi ini merupakan sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang teknologi.

Mereka memberikan akses VR, AR, dan juga metaverse bagi berbagai pihak yang kurang beruntung. Organisasi non profit ini memiliki fokus pengembangan 3 program, salah satunya Metaverse for Education.

Program Metaverse for Education sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni Virtual Reality University dan Virtual Reality Schools. Dalam program ini, diharapkan partisipan dapat membuat pengalaman metaverse dan virtual reality-nya sendiri, yang bisa digunakan untuk membantu pendidikan dan proses pembelajaran daring.

Dengan proses pembelajaran yang diberikan, diharapkan siswa, guru, hingga orang tua murid dapat mengerti proses serta cara membuat ataupun mengikuti pembelajaran virtual di dalam metaverse.

Edverse

cara mengakses metaverse platform edverse
Photo by: Edverse

Aplikasi dunia virtual metaverse yang kedua yakni Edverse. Edverse merupakan salah satu platform pembelajaran virtual metaverse terbesar. Aplikasi ini telah banyak digunakan oleh sekolah, guru profesional, maupun siswa.

Dengan Edverse, pembelajaran materi dapat dilakukan secara daring, sehingga siswa dari berbagai belahan dunia dapat mengikuti materi yang diberikan. Selain itu, konten materi yang diberikan pun juga tampil lebih interaktif dengan penggunaan avatar 3 dimensi. Penggunaan teknologi Blockchain juga dapat mencatat progres pembelajaran dari setiap siswa dan memberikan sertifikat setelah kelas daring yang diikuti selesai.

Terdapat 4 peran penting yang bisa kamu temukan di Edverse, yakni:

  • Learner: di peran ini, kamu dapat mempelajari berbagai materi pembelajaran sekolah sesuai dengan topik yang ingin kamu ikuti
  • Educator: sebagai educator, kamu dapat mengajar berbagai topik dan materi secara daring, dan juga menjual kelas yang kamu buat melalui Ed-NFT atau produk khusus Edverse
  • Promoter: promoter berperan sebagai pihak yang menyediakan, menjual dan juga membeli bangunan virtual di mana pembelajaran virtual dilakukan
  • Creatorcreator berfungsi untuk membuat berbagai produk Ed-NFT yang bisa diperjualbelikan kepada learner dan educator
metaverse augmented reality ar
Photo by: Blippar

CLASSV

Aplikasi selanjutnya yakni CLASSV. CLASSV merupakan aplikasi pembelajaran daring yang didirikan sejak tahun 2017. Awalnya, aplikasi ini menyediakan jasa virtual reality VR yang menggunakan VR headset untuk penggunanya.

Namun, seiring berkembangnya wakt, mereka mengubah konsep aplikasi mereka yang bertujuan untuk menyediakan aplikasi edukasi bagi murid sekolah dengan metode pembelajaran virtual pada tahun 2018 lalu.

Untuk bisa menggunakan CLASSV, guru akan diminta untuk memberikan pembelajaran online hanya melalui PC. Jadi, tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk membeli kacamata VR. Setelah Selain itu, berbagai materi dapat diberikan dalam bentuk video YouTube, kelas VR, PDF, video MP4, dan lain sebagainya.

Sementara itu, para siswa dapat memilih beberapa perangkat untuk mengikuti pembelajaran online. Beberapa diantaranya seperti PC, ponsel pintar atau tablet serta headset VR. Untuk merasakan pembelajaran virtual yang lebih imersif, murid sekolah dapat menggunakan VR headset.

Labster

Aplikasi dunia virtual untuk metode pembelajaran yang seru yakni Labster. Labster merupakan aplikasi metaverse pendidikan lainnya yang khusus membahas simulasi dan percobaan sains dengan virtual reality. Dengan lebih dari 300+ simulasi yang tersedia, murid dapat mengikuti percobaan di laboratorium secara virtual dan membayangkan visualisasi teori secara langsung.

Pilihan virtual lab yang terdapat pada Labster terbagi menjadi dua kelas yakni untuk Higher Education (Universitas) dan High School (Sekolah Tinggi Menengah Atas). Setiap kelas tentunya memiliki kesulitan yang berbeda, sesuai dengan materi pendidikan yang sedang dipelajari di sekolah.

Untuk bisa melakukan pembelajaran virtual melalui Labster, murid diharuskan memiliki:

Selain itu, guru dan sekolah juga dapat menyambungkan Labster dengan LMS (Learning Management System) yang dimiliki. Beberapa diantaranya seperti Moodle, Canvas dan Google Classroom.

cara mengakses metaverse platform labster
Photo by: Tech Crunch

ENGAGE Platform

Aplikasi dunia virtual terakhir yang bisa kamu coba yakni ENGAGE Platform. ENGAGE Platform merupakan salah satu aplikasi metaverse pendidikan yang digunakan oleh profesional. Platform ini biasanya digunakan oleh institusi pendidikan untuk membuat acara khusus seperti seminar pendidikan dalam balutan metaverse.

ENGAGE juga memiliki berbagai fitur yang bisa kamu kustomisasi sesuai keinginan. Diantaranya seperti:

  • Cross-Platform Support

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses ENGAGE dari berbagai pilihan perangkat. Beberapa diantaranya seperti headset VR standalone, komputer dan juga ponsel pintar.

  • Cloud File Manager

Cloud File Manager membuat pengguna dapat mengunduh ataupun meng-upload data dan dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan acara.

  • Custom Metaworlds

Dengan 50+ pilihan template unik yang bisa dipilih, kamu dapat mengatur sendiri dunia metaverse yang ingin dibuat. Selain itu, terdapat juga pengaturan yang membuat dunia virtual kamu hanya bisa diakses dengan credentials tertentu.

  • Content Creation Tools

Dengan fitur ini, kamu dapat membuat berbagai macam simulasi pembelajaran maupun konten virtual pada ENGAGE, lho! Sehingga, tidak ada batasan untuk mewujudkan imajinasimu!


Berikut informasi bagaimana cara mengakses metaverse dan beberapa daftar aplikasi metaverse yang bisa kamu gunakan untuk membuat pembelajaran virtual jadi lebih seru.

Tentu saja, akan muncul berbagai inovasi metaverse baru yang dapat meningkatkan proses pembelajaran jadi lebih interaktif dan mudah digunakan. Kalau kamu, tertarik gunakan aplikasi yang mana?

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: