Inilah Manfaat Metaverse yang Perlu Kamu Ketahui!

Inilah Manfaat Metaverse yang Perlu Kamu Ketahui!

manfaat metaverse
Metaverse Realitas Maya (Pixabay)

Awalnya diciptakan oleh Neal Stephenson dalam novel Snow Crash tahun 1992, istilah “metaverse” telah masuk ke dalam arus utama teknologi. Hal tersebut dikarenakan pada tahun 2021, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan rencana perusahaannya untuk berkembang di dunia virtual ini. Metaverse adalah dunia virtual yang didukung dengan teknologi seperti augmented reality dan virtual reality.

Definisi kerja sederhana yang dapat digunakan untuk menggambarkan teknologi metaverse mengacu pada ruang realitas virtual. Pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan, objek, dan avatar pengguna lain yang dihasilkan komputer. Orang-orang dapat berinteraksi dan menjelajahi dunia virtual menggunakan ruang virtual bersama berbasis blockchain. 

Manfaat Teknologi Metaverse

virtual reality
Virtual Reality Demo (Flickr)

Umumnya, teknologi metaverse diaktifkan oleh mata uang digital dan NFT. Kemudian didukung oleh teknologi canggih seperti artificial intelligence, virtual reality, blockchain, dan teknologi pendukung lainnya. Kombinasi dari teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat avatar digital atau mewakili diri mereka sendiri dan menjelajahi dunia virtual yang imersif.

Karena masih terbilang sebagai teknologi baru, mungkin masih banyak yang belum mengetahui akan fungsi atau manfaat metaverse. Dunia metaverse dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia, terutama di masa pandemi. Berikut manfaat metaverse yang dapat sebagai acuan di kemudian hari, baik sebagai teknologi utama, maupun teknologi penunjang.

Pembaharuan dalam komunikasi digital 

Sosialisasi adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Diciptakannya metaverse memungkinkan jenis interaksi digital yang imersif. Orang dapat berkomunikasi menggunakan karakter avatar sebagai representasi melintasi dunia virtual yang luas, rumit, dan seperti kehidupan nyata. 

Aplikasi atau sosial media hanya bersifat dua dimensi, atau interaksi antara layar ke layar. Teknologi metaverse menawarkan suasana virtual yang benar-benar imersif dengan grafis yang memungkinkan kontak tatap muka virtual.

Membuat kerja jarak jauh efektif

kantor virtual, salah satu manfaat metaverse
Virtual Office Set (Flickr)

Di masa pandemi Covid 19, berbagai kegiatan manusia menjadi terbatas. Salah satu manfaat metaverse yaitu bisa menghadirkan kantor virtual. Ini dapat memudahkan kehidupan sehari-hari manusia dalam mengerjakan pekerjaannya.

Metaverse dapat memberikan solusi akan semua tantangan kerja jarak jauh yang dihadapi saat ini. Metaverse memungkinkan manajer untuk berkomunikasi secara efektif dengan karyawan, termasuk dengan membaca bahasa tubuh dan parabahasa karyawannya. 

Selain itu, masalah seperti pencurian waktu produktivitas kerja dapat diatasi dengan melacak aktivitas tim atau individu melalui avatar dari setiap karyawan. Kemudian, karyawan pun dapat dengan mudah mengetahui jika atasan yang ia hubungi memberikan respon yang lambat, apakah benar-benar sedang sibuk atau tidak.

Bermanfaat bagi tenaga kesehatan

Perawatan kesehatan adalah salah satu industri yang berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan metaverse karena berpotensi sangat bermanfaat bagi sektor ini. Berikut beberapa cara metaverse dapat mentransformasikan perawatan kesehatan:

  • Pelatihan tenaga kesehatan

Aplikasi perawatan kesehatan dari metaverse dapat mendobrak batasan geografis dan menjamin bahwa calon profesional perawatan kesehatan. Selain itu, dengan mensimulasikan kondisi kehidupan nyata tanpa membahayakan nyawa pasien, metaverse dapat membantu peningkatan keterampilan perawatan kesehatan individu.

Pendidikan medis tradisional memiliki sumber daya yang terbatas untuk praktik bedah. Para profesional medis dapat berlatih dalam lingkungan simulasi untuk pelatihan bedah imersif dengan biaya yang jauh lebih murah. Hal tersebut berkat pemanfaatan dunia virtual metaverse dalam pendidikan kedokteran.

  • Kesehatan mental

Peningkatan gangguan mental seperti keputusasaan, kecemasan, dan perilaku adiktif semakin tinggi akibat kehadiran pandemi Covid 19. Selain itu, isolasi paksa pasien membuat kondisi seperti skizofrenia dan penyakit bipolar semakin parah serta mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Kali ini, penggunaan metaverse pada layanan kesehatan dapat membantu tindak lanjut dan konseling pasien dengan penyakit mental. Kemampuan metaverse untuk menghasilkan pengalaman ilusi membuatnya menjadi alat yang berguna untuk mengobati psikosis, halusinasi, dan kecemasan pada pasien.

Baca juga: 6 Kelebihan Metaverse yang Harus Kamu Ketahui untuk Buat Hidup Lebih Mudah!

Ruang untuk bersosialisasi

festival di metaverse
The Metaverse Festival (Flickr)

Pengguna metaverse dapat berinteraksi secara virtual dengan pengguna lain berkat jangkauan internet yang luas dan tanpa batas. Salah satu bentuk ruang interaksinya adalah menjelajahi ruang virtual. Hal tersebut dapat mempermudah kehidupan sehari-hari manusia dengan menjaga interaksi di masa pandemi.

Sebagian besar game metaverse memiliki model terdesentralisasi, di mana pengembang dan penerbit memiliki dan mendistribusikan aset dalam game. Sementara itu, ide untuk memungkinkan avatar menjelajahi ruang virtual yang luas sangat menarik bagi para pemain.

Jika sebelumnya penjelajahan dunia game hanya dapat dilakukan oleh karakter yang dimainkan. Saat ini dan nanti, luasnya ruang virtual dapat dirasakan juga oleh pemainnya, bahkan membeli tanah dan bangunan virtual untuk ditinggali oleh avatar.

Memberikan pengalaman tur virtual

Tidak semua orang bisa bepergian, dan disitulah dunia metaverse berperan. Teknologi metaverse memungkinkan orang untuk pergi ke tempat-tempat yang tidak dapat mereka kunjungi secara fisik.

Kota, pulau, bahkan tempat hiburan dapat dijelajahi di metaverse. Kamu dapat menikmati dunia virtual 3D dengan gerakan imersif 360 derajat, dengan bantuan Virtual Reality (VR) headset.

Metaverse dan industri kripto

mata uang kripto
Cryptocurrency (Rawpixel)

Metaverse biasanya memiliki mata uang dan ekonomi intrinsiknya sendiri yang dapat digunakan pengguna. Pengguna dapat membeli, menjual, dan memperdagangkan berbagai hal seperti barang virtual, aksesori untuk avatar, dan banyak lagi. Transformasi teknologi ini menguntungkan aset digital secara umum, game online, dan bisnis mata uang kripto secara khusus.

Secara khusus, metaverse pada aset kripto adalah dunia virtual yang menggabungkan blockchain dan aset kripto ke dalam teknologi yang mendasarinya. Platform game online dan marketplace menggunakan Non-Fungible Token (NFT), sebagai token dalam game dan barang koleksi. Hal tersebut adalah salah satu contoh bagaimana metaverse diterapkan di dunia mata uang kripto.

Setiap NFT terhubung ke item tertentu, yang bisa berupa apa saja seperti karya musik, karya seni, atau materi video game. Ini sempurna untuk aset digital. NFT telah berkembang menjadi sarana yang sangat baik bagi seniman dan penyedia konten lainnya untuk memonetisasi karya mereka.


Itulah pemaparan mengenai manfaat metaverse. Berbagai kasus penggunaan metaverse, bersama dengan berbagai manfaat yang terkait dengannya, membuka kemungkinan yang menjanjikan untuk masa depan metaverse. Karena banyak perusahaan mulai menjelajahi tempat metaverse, hanya masalah waktu sebelum kita melihat konsep metaverse tersebar luas.

Kalau mau tahu informasi lainnya mengenai dunia metaverse, yuk kunjungi blog MetaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi imersif lainnya. Cek sekarang juga!

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!


Bagikan ini: