Inilah Manfaat Metaverse yang Perlu Kamu Ketahui!
Beranda /
Blog /
Inilah Manfaat Metaverse yang Perlu Kamu Ketahui!
24 November 2022

Inilah Manfaat Metaverse yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat metaverse
Source: Freepik

Awalnya diciptakan oleh Neal Stephenson dalam novel Snow Crash tahun 1992, istilah “metaverse” telah masuk ke dalam arus utama teknologi pada tahun 2021, ketika kepala eksekutif Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan rencana perusahaannya untuk berkembang di dunia virtual ini.

Definisi kerja sederhana yang dapat digunakan untuk menggambarkan metaverse mengacu pada ruang realitas virtual di mana pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan, objek, dan avatar pengguna lain yang dihasilkan komputer.Orang-orang dapat berinteraksi dan menjelajahi dunia virtual menggunakan ruang virtual bersama berbasis blockchain. 

Manfaat Teknologi Metaverse

Umumnya, metaverse diaktifkan oleh mata uang digital dan NFT. Kemudian didukung oleh teknologi canggih seperti artificial intelligence, virtual reality, blockchain, dan teknologi pendukung lainnya. Kombinasi dari teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat avatar digital atau mewakili diri mereka sendiri dan menjelajahi dunia virtual yang imersif.

Karena masih terbilang sebagai teknologi baru, mungkin masih banyak yang belum mengetahui akan fungsi atau manfaat metaverse. Berikut manfaat metaverse yang dapat sebagai acuan di kemudian hari, baik sebagai teknologi utama, maupun teknologi penunjang.

Pembaharuan dalam komunikasi digital 

Diciptakannya metaverse adalah memungkinkan jenis interaksi digital yang imersif.  Orang dapat berkomunikasi dengan orang lainnya menggunakan karakter avatar sebagai representasi melintasi dunia virtual yang luas, rumit, dan seperti kehidupan nyata. 

Jika pada aplikasi atau sosial media hanya bersifat dua dimensi, interaksi antara layar ke layar, metaverse menawarkan suasana virtual yang benar-benar imersif dengan grafis yang memungkinkan kontak tatap muka virtual.

Membuat kerja jarak jauh efektif

Metaverse dapat memberikan solusi akan semua tantangan kerja jarak jauh yang dihadapi saat ini. Metaverse memungkinkan manajer untuk berkomunikasi secara efektif dengan karyawan, termasuk dengan membaca bahasa tubuh dan parabahasa karyawannya. 

Selain itu, masalah seperti pencurian waktu produktivitas kerja dapat diatasi dengan melacak aktivitas tim atau individu melalui avatar dari setiap karyawan. Kemudian, karyawan pun dapat dengan mudah mengetahui jika atasan yang ia hubungi memberikan respon yang lambat, apakah benar-benar sedang sibuk atau tidak.

Bermanfaat bagi tenaga kesehatan

Perawat profesional kesehatan dapat menjangkau pasien mereka tanpa hambatan waktu dan geografis. Dunia virtual metaverse memberikan solusi akan interaksi tenaga kesehatan dengan pasien, dan menerima informasi yang jelas tentang status kesehatan mereka.

Mungkin masih ada yang berfikir jika internet yang dimiliki setiap individu masih menjadi hambatan untuk solusi tersebut. Namun, pemerataan teknologi pada kenyataannya memang membutuhkan waktu.

Baca juga: 6 Kelebihan Metaverse yang Harus Kamu Ketahui untuk Buat Hidup Lebih Mudah!

Membuat game online lebih seru

Sebagian besar game metaverse memiliki model terdesentralisasi, di mana pengembang dan penerbit memiliki dan mendistribusikan aset dalam game. Sementara itu, ide untuk memungkinkan avatar menjelajahi ruang virtual yang luas sangat menarik bagi para pemain.

Jika sebelumnya penjelajahan dunia game hanya dapat dilakukan oleh karakter yang dimainkan. Saat ini dan nanti, luasnya ruang virtual dapat dirasakan juga oleh pemainnya, bahkan memiliki tanah dan bangunan virtual untuk ditinggali oleh avatar.

Memberikan pengalaman tur virtual

Tidak semua orang bisa bepergian, dan dii situlah metaverse berperan. Metaverse memungkinkan orang untuk pergi ke tempat-tempat yang tidak dapat mereka kunjungi secara fisik. Menggunakan kekuatan gabungan teknologi metaverse, augmented reality, dan virtual reality. Dunia virtual yang terus dikembangkan dan memberikan pengalaman pandangan orang pertama kepada pengguna.


Berbagai kasus penggunaan metaverse, bersama dengan berbagai manfaat yang terkait dengannya, membuka kemungkinan yang menjanjikan untuk masa depan metaverse. Karena banyak perusahaan mulai menjelajahi tempat metaverse, hanya masalah waktu sebelum kita melihat konsep metaverse tersebar luas.

metaNesia sebagai platform metaverse pertama di Indonesia masih terus berkembang dan dapat kamu manfaatkan juga berkolaborasi di dalamnya. Download aplikasinya di sini dan mulai menjelajah di metaverse!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue