Inilah Daftar Aplikasi Furnitur dengan Teknologi Augmented Reality

Inilah Daftar Aplikasi Furnitur dengan Teknologi Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality (AR) telah merambah ke berbagai bidang kehidupan kita, termasuk industri furnitur. Dengan memanfaatkan AR, pengalaman berbelanja furnitur telah mengalami revolusi yang signifikan. Pengguna sekarang dapat melihat bagaimana furnitur akan terlihat dan cocok di ruangan mereka sebelum melakukan pembelian. Mengapa aplikasi terbaik untuk membeli furnitur online menggunakan AR? Karena ini menghemat waktu dan uang, sekaligus memberi pelanggan lebih banyak pilihan produk. Dalam artikel ini, sudah terangkum tiga belas daftar aplikasi belanja terpopuler untuk membeli furnitur sehingga pelanggan tidak perlu lagi merasa rugi karena barang yang dibeli tidak serasi dengan apa yang diinginkan ketika membeli secara online.

IKEA Place

Daftar Aplikasi Furnitur AR
Aplikasi AR IKEA Place (IKEA)

Ketika berbicara tentang aplikasi belanja furnitur, IKEA Place adalah aplikasi yang langsung terlintas di benak kebanyakan orang. Itu karena brand asal Swedia ini adalah salah satu yang pertama memanfaatkan gelombang AR. Pengguna dapat memilih produk IKEA dari katalog dan menempatkannya di ruang nyata melalui kamera smartphone.

Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu memindai kamar dengan perangkat smartphone-nya, atau area kosong di lantai. Aplikasi ini membantu pelanggannya melihat ukuran, warna, dan bagaimana furnitur tersebut berbaur dengan interior rumah yang lain. Aplikasi ini tersedia di perangkat iOS dan Android.

Wayfair

Daftar Aplikasi Furnitur AR
Aplikasi AR decor Wayfair (Wayfair)

Pada daftar aplikasi furnitur AR selanjutnya, terdapat Wayfair sebagai salah satu pionir aplikasi belanja furnitur AR, sama seperti IKEA. Mereka meningkatkan pengalaman berbelanja dengan beberapa fitur tambahan seperti oklusi tubuh dan lingkungan (memungkinkan orang dan objek muncul di depan item AR), pencahayaan real-time, dan banyak lagi.

Objek virtual menghasilkan bayangan dan secara alami menyatu dengan lingkungan sekitar. Pengguna bahkan bisa meletakkan meja di antara kursi, misalnya. Terlebih lagi, pengguna dapat berdiri atau berjalan di dekat objek virtual seperti yang ada di kehidupan nyata. Aplikasi Wayfair mendukung banyak bidang, sehingga pengguna dapat menempatkan objek di langit-langit, dinding, meja, atau lantai. Aplikasi ini juga tersedia di perangkat iOS dan Android.

Houzz

Daftar Aplikasi Furnitur AR
Tampilan aplikasi Houzz (Houzz)

Houzz adalah contoh lain dari toko furnitur yang berinvestasi di AR. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menjelajahi berbagai pilihan furnitur dan dekorasi, serta melihat bagaimana item-item tersebut akan terlihat dalam konteks ruangan penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi ini, orang dapat melihat gambar 3D furnitur di rumah mereka yang sebenarnya dengan mengklik tombol “View in My Room”. Mereka juga dapat mengubah pencahayaan atau menutupi lantai dengan ubin virtual untuk melihat tampilannya di kehidupan nyata. Keren bukan?

Amazon

Dengan opsi “View in Your Room”, pengguna Amazon dapat meletakkan produk yang dipilih di lantai atau meja untuk melihat apakah sesuai dengan lingkungannya. Opsi “Room Decorator” memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan beberapa produk sekaligus. Dan Amazon melangkah lebih jauh, memungkinkan pengguna menyimpan snapshot AR dari kamar pengguna untuk nanti bila mana ingin digunakan. Aplikasi ini juga tersedia di perangkat iOS dan Android.

Target

Raksasa ritel yang menjual segala sesuatu mulai dari bahan makanan hingga barang elektronik juga tidak melewatkan peluang AR. Fitur AR aplikasi seluler Target “See It in Your Space” memungkinkan pengguna memvisualisasikan produk dalam bentuk 3D dan, seperti di aplikasi lain, pengguna dapat memindahkan item atau mengubah warnanya sesuai keinginan. Aplikasi ini juga tersedia di perangkat iOS dan Android.

RoOomy

Tidak seperti semua aplikasi AR lainnya di daftar kami, aplikasi ini dibuat untuk desainer profesional. Hal ini memungkinkan mereka mengubah gambar menjadi adegan 3D, menyimpan dan berbagi desain dengan klien, serta melihat furnitur dan dekorasi dalam AR. Dan berkat tautan langsung, klien mereka dapat dengan mudah membeli barang yang digunakan dalam proyek di Amazon atau Wayfair.

The Home Depot

Aplikasi The Home Depot
Aplikasi The Home Depot (The Home Depot)

Nama besar berikutnya dalam daftar aplikasi furnitur AR adalah The Home Depot, toko dengan beragam perlengkapan dan produk perbaikan rumah. Seolah tidak ingin tertinggal, mereka juga mengambil langkah tepat dengan mengadoptsi AR tepat pada waktunya.

Dengan mengetuk tombol “See It in Your Home” di bawah foto produk, pengguna dapat melihat model 3D di kamar mereka. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memvisualisasikan furnitur, lemari es, lampu gantung, dan bahkan vas bunga. Pada 2019, aplikasi tersebut menempati posisi pertama di Forrester Retail Wave.

Overstock

Overstock adalah ritel besar barang-barang rumah tangga, furnitur, dekorasi, dan banyak lagi. Perusahaan ini adalah salah satu pengguna pertama integrasi penelusuran visual di Android, dan terlebih lagi, aplikasi mereka dinobatkan sebagai aplikasi seluler ritel terbaik selama tujuh tahun berturut-turut. Seiring dengan visualisasi 3D, aplikasi mereka memungkinkan pengguna menemukan produk yang mirip dengan gambar yang mereka unggah. Aplikasi ini juga tersedia di perangkat iOS dan Android.

Anthropologie

Aplikasi dekor Anthropologie
Curbed

Sebagai raksasa ritel lainnya, Anthropologie melihat potensi AR untuk meningkatkan penjualan dan menerapkannya ke dalam aplikasi mereka. Anthropologie menawarkan koleksi pakaian wanita, aksesoris, dan dekorasi rumah. Pengguna dapat sepenuhnya menyesuaikan beberapa produk furnitur mereka dengan memilih gaya, kain, warna, atau bentuk. Setelah selesai, dengan mengklik tombol “Preview in a Room”, pengguna dapat melihat bagaimana item tersebut sesuai dengan kamar mereka.

Berkat integrasi dengan ARKit, pengguna aplikasi dapat bermain dengan item furnitur dengan 152 warna dan 130 gaya. Dan bagian dekorasi rumah adalah bagian dari aplikasi ini, untuk memberikan pengalaman pembelian terbaik kepada pelanggan. Aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat iOS.

Homestyler Interior Design

Pada tahun-tahun awalnya, Homestyler adalah salah satu situs web pertama yang menyediakan floor plan web yang akurat dan mudah digunakan. Tetapi dengan pertumbuhan teknologi AR, perusahaan ini mulai bergerak maju ke versi seluler dengan menggunakan teknologi canggih. Aplikasi Homestyler AR memberikan kemampuan untuk mendekorasi ruang tamu dengan menata dinding, menambahkan furnitur, dan item dekorasi. Dengan aplikasi ini, smartphone atau tablet pengguna diubah menjadi fitting room virtual.

iStaging

Aplikasi dekorasi AR iStagging
Aplikasi iStagging (Pinterest/Digitaltrends)

Bagian terpenting dari iStaging adalah aplikasi ini berfungsi dalam mode AR dan VR. Fungsi utama pemasangan furnitur apa pun ditambah dengan kemampuan memotret dan membagikan hasilnya. Selain pengalaman AR, platform iStaging juga merupakan aplikasi hebat untuk dekorasi virtual real estate yang dijual. Editor VR dan Pembuat VR membantu menciptakan tur VR 360° yang indah, dengan menggunakan panorama yang dirender, menambahkan floor plan, dan banyak lagi.

Amikasa

Aplikasi dekor AR Amikasa
Amikasa

Aplikasi pemenang penghargaan, setiap bulan menambahkan lebih banyak elemen furnitur ke katalog AR mereka. Memberikan salah satu pengalaman AR terbaik, memungkinkan pengguna untuk memodelkan item asli dengan peluang lebih lanjut untuk membelinya. Semua model 3D dilakukan dengan kualitas tinggi, dan, menurut konsumen, aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin tertarik untuk berkolaborasi dengan Amikasa. Tidak peduli apakah brand Anda adalah brand terkenal atau tidak, Amikasa akan membuat model 3D sendiri berdasarkan informasi produk (foto, gambar, sampel, dll).

Neybers

Pada daftar aplikasi furnitur AR yang terakhir, terdapat Neybers. Tidak seperti aplikasi serupa, Neybers menyediakan serangkaian template ruangan tambahan yang dirancang, yang dapat dibuat sendiri oleh pengguna dengan kamera di perangkat seluler. Aplikasi ini menghitung banyak produk dari brand dan desainer asli, menyediakan opsi untuk mengubah tekstur lantai, langit-langit, jendela dan dinding, menambahkan efek pencahayaan, bayangan, dan filter foto. Dengan Neybers, pengguna dapat mempublikasikan ruangan dalam jumlah tak terbatas, membagikan hasilnya melalui Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, email dan iMessage, serta berinteraksi dengan teman melalui aplikasi.

Aplikasi belanja furnitur: memanfaatkan AR untuk menghidupkan ritel

Memilih furnitur yang tepat untuk rumah bukanlah hal yang mudah. Namun berkat augmented reality, kita akhirnya bisa menyingkirkan hambatan yang ada. AR menghilangkan dugaan yang bisa saja tidak tepat saat berbelanja, dan menjadikan prosesnya lebih menyenangkan.

Dengan bantuan teknologi augmented reality, memilih furnitur untuk rumah menjadi lebih interaktif dan informatif. Aplikasi-aplikasi di atas memberikan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan dan membantu pengguna dalam membuat keputusan yang lebih tepat dalam merancang interior rumah.


Itulah informasi daftar aplikasi furnitur AR. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, penggunaan AR di bidang apa pun akan menjadi lebih canggih dan terjangkau. Kunjungi blog MetaNesia untuk mengetahui informasi lain seputar blockchain, AR, VR, dan teknologi imersif metaverse lainnya.

Tertarik untuk menggunakan layanan augmented reality dan virtual reality? Segera hubungi customer service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. Rasakan juga pengalaman dunia virtual yang menakjubkan dengan bergabung bersama MetaNesia.

Bagikan ini: