Game VR Straylight dapat Membuat Kamu Menjadi Seperti Spiderman!

Game VR Straylight dapat Membuat Kamu Menjadi Seperti Spiderman!

Straylight by Dr.Bloc
Poster Game Straylight. (Dr. BLOC)

Kamu pecinta physical VR game? Apabila iya, Straylight dari Dr. BLOC adalah game yang wajib kamu coba! Saat bermain Straylight, kamu dapat bergerak melalui alam semesta dengan design yang indah namun mematikan! Namun tenang saja, game ini akan tetap terasa nyaman saat dimainkan termasuk untuk kamu yang sering menderita motion sickness

Berdasarkan informasi dari Steam, Straylight merupakan game VR bergenre action, indie, dan racing yang hanya dapat dimainkan oleh satu player. Jika kamu mencari game VR yang menantang dan menyenangkan, Straylight adalah pilihan yang sempurna.

Artikel ini akan membahas lengkap Straylight yang akhirnya merilis versi lengkapnya setelah tiga tahun diluncurkan. Penasaran dengan game VR satu ini? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Jelajahi Galaksi yang Futuristik dengan Game VR Straylight

Straylight Hardcore Levels
Tangkapan gambar dari galaksi dalam dunia Straylight. (Steam)

Life is Hard adalah slogan yang digunakan Dr. Bloc untuk mempromosikan platformer VR-nya yang rumit, Straylight untuk Meta Quest, SteamVR, dan Playstation VR. Slogan tersebut pun tidak salah. Satu jam bermain Straylight dengan Quest 2 terasa melelahkan namun tetap sangat menyenangkan.

Straylight adalah sebuah game VR yang memungkinkan pemain untuk menjelajahi dunia futuristik dengan kendaraan yang unik dan kontrol yang intuitif. Game ini dirilis pada tahun 2022 dan langsung menjadi salah satu game VR terpopuler saat ini.

Di Straylight, pemain memerankan karakter pilot yang bertugas menjelajahi galaksi untuk mencari sumber energi misterius. Dalam perjalanannya, pemain akan menemukan berbagai planet dan memulai petualangan baru di setiap planet tersebut. 

Setiap planet akan memiliki lingkungan yang unik dan tantangan yang berbeda seperti medan yang berbahaya dan musuh yang kuat. Pemain akan merasa seolah-olah mereka berada di dunia futuristik yang sangat berbeda dan imersif.

Straylight Gameplay
Ilustrasi kendaraan untuk menjelajahi game Straylight. (Steam)

Pemain dalam game VR ini nantinya akan menjelajahi dan mengeksplorasi setiap planetnya dengan menggunakan kendaraan futuristik. Selain sebagai moda transportasi pemain, nantinya kendaraan ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengalahkan musuh yang dihadapi.

Kendaraan yang dapat dikendalikan oleh pemain dalam Straylight ini sangat kuat dan dilengkapi dengan berbagai senjata dan teknologi canggih. Pemain dapat menyesuaikan kendaraan mereka dengan berbagai upgrade dan modifikasi yang dapat membuat mereka lebih kuat dan efisien.

Sensasi Berayun di Luar Angkasa Layaknya Spiderman

Mekanisme ayunan dalam Straylight. (Steam)

Straylight dimainkan dengan mekanisme ayunan yang dibuat untuk game VR. Meskipun game ini ringkas dan pendek, penempatan rintangan yang rumit dapat membuat kamu ketagihan memainkan game ini. 

Kamu akan menyukai Straylight jika kamu menyukai kontrol VR fisik yang inovatif. Game ini juga merupakan game arcade yang penuh warna dan bercahaya, walaupun memiliki graphic yang minimalis. Straylight akan siap menantang kamu layaknya game balapan dengan papan peringkat.

Kontrol yang intuitif dalam Straylight membuat pemain dapat dengan mudah menggunakan kendaraan mereka dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Dengan grafik yang indah dan musik yang memukau, Straylight adalah game VR yang sangat menyenangkan bagi pemainnya.

Game Penuh Tantangan dengan berbagai Hardcore Levels

Fling Engine for Vulkan
Logo Fling Engine, fitur revolusioner yang digunakan Straylight. (GitHub/FlingEngine)

Dalam dunia Straylight, sekilas game ini memiliki mekanisme yang sederhana seperti game VR lainnya. Namun, setelah memainkannya, “Fling Engine” yang dimiliki oleh Straylight menawarkan pengalaman yang jauh berbeda daripada game VR serupa.

Dengan Fling Engine, pemain akan dapat merasakan mekanisme permainan yang akan sangat sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Oleh karena itu, apabila kamu penasaran dengan fitur yang dimiliki oleh Fling Engine, kamu dapat langsung menonton cuplikan video permainan ini di situs berbagi video kesayanganmu.

Straylight Hardcore Levels
Salah satu level dalam permainan Straylight (Steam)

Ketika memulai bermain Straylight, pemain mungkin akan merasakan pengalaman yang sederhana dimana dasar permainan dapat dikuasai dalam tutorial dengan mudah dan cepat. Namun, setelah pemain masuk ke permainan sesungguhnya, pemain akan langsung dihadapkan dengan berbagai tantangan yang sangat sulit untuk diselesaikan.

Straylight memiliki berbagai level yang menuntut kemampuan dan kesabaran para pemain untuk menyelesaikannya. Dimana dalam game ini, pemain diwajibkan untuk memperhitungkan setiap langkah yang mereka ambil. Pemain juga diharuskan untuk menyelesaikan tiap levelnya untuk dapat melanjutkan ke level selanjutnya.

Game VR ini memiliki physics yang kompleks sehingga pemain kemungkinan besar akan mengalami banyak trial dan error untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, Straylight akan menuntut kebugaran fisik pemainnya dimana para pemain akan banyak melakukan gerakan tangan yang melelahkan.

Spesifikasi minimum untuk memainkan Game VR Straylight

Ilustrasi headset VR. (Pexels/Cottonbro Studio)

Sebelum bermain game Straylight, kamu membutuhkan headset VR yang kompatibel seperti Oculus Quest, Oculus Rift S, dan PlayStation VR. Perlu kamu ketahui juga bahwa spesifikasi sistem minimum yang dibutuhkan untuk bermain Straylight untuk setiap perangkat tadi berbeda-beda. 

Berikut adalah spesifikasi sistem minimum yang diperlukan untuk memainkan Straylight pada Oculus Quest:

  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 835
  • RAM: 4 GB
  • Penyimpanan: 64 GB atau 128 GB
  • Sistem operasi: Android

Sedangkan, spesifikasi sistem minimum yang dibutuhkan pada Oculus Rift S berbeda dengan Oculus Quest, yakni:

  • Prosesor: Intel i3-6100/AMD Ryzen 3 1200, FX4350 keatas
  • GPU: NVIDIA GTX 960/AMD Radeon R9 390 keatas
  • RAM: 8 GB
  • Penyimpanan: SSD
  • Sistem operasi: Windows 10

Begitu pula pada PlayStation VR, spesifikasi sistem minimum yang harus terpenuhi untuk bermain Straylight adalah:

  • PlayStation 4 atau PlayStation 4 Pro
  • RAM: 8 GB
  • Penyimpanan: 500 GB atau 1 TB

Catatan: Spesifikasi sistem dapat berubah tanpa pemberitahuan seiring dengan update software. Sebaiknya periksa spesifikasi terbaru sebelum membeli headset untuk bermain Straylight.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Straylight, Game VR menantang karya Dr. BLOC yang patut kamu coba.


Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: