Kacamata AR untuk Disabilitas dari XRAI Glass, Teknologi yang Membantu Sesama

Kacamata AR untuk Disabilitas dari XRAI Glass, Teknologi yang Membantu Sesama

Dibuat untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang beragam, muncul sebuah perusahaan startup yang berhasil mengembangkan kacamata augmented reality khusus bagi penyandang disabilitas yang tuli.

Bagaimana efek dan cara penggunaan kacamata berbasis AR ini? Baca informasi selengkapnya di bawah ini!

kacamata ar pintar dari xrai glass | kacamata AR untuk disabilitas
(Simon Hill / WIRED)

Dibuat menggunakan Artificial Intelligence dan Augmented Reality

Kacamata AR khusus yang dibuat untuk penyandang disabilitas ini dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence (AI) serta augmented reality (AR). Sebelum membahas produk kacamatanya lebih jauh, mari berkenalan dengan teknologi AI serta AR yang digunakan.

Artificial intelligence (AI) merupakan program komputer yang dirancang khusus agar bisa melakukan tugas-tugas manusia (termasuk pengambilan keputusan dan logika) dengan kecerdasannya. Istilah ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1956 oleh Professor John McCarthy.

Sedangkan augmented reality (AR) merupakan teknologi interaktif yang memadukan dunia fisik dengan elemen virtual maupun digital, yang bisa dilihat secara langsung menggunakan perangkat seperti smartphone dan tablet. AR sendiri sudah banyak digunakan pada berbagai industri mulai dari ritel, manufaktur hingga hiburan karena karakteristiknya yang imersif.

XRAI Glass, perangkat baru untuk penyandang disabilitas

XRAI Glass merupakan sebuah perusahaan start-up dari Inggris yang hadir dengan inovasi kacamata AR khusus bagi penyandang disabilitas. Produk ini sendiri hadir saat Dan Scarfe (CEO XRAI Glass) sedang mengunjungi kakeknya yang berumur 97 tahun di Inggris.

Dengan umur yang sudah tua, kakek Dan memiliki kesulitan pendengaran untuk bisa berinteraksi secara lancar dengan orang sekitar. Meskipun sudah menggunakan alat bantu pendengaran terbaik di dunia, kakeknya tetap tidak bisa berkomunikasi seperti dulu kala.

Dan Scarfe kemudian mengamati salah satu aktivitas yang sangat disukai kakeknya adalah menonton tayangan TV dengan subtitle (teks dialog). Dari sinilah, ia kemudian bertekad untuk membuat kacamata khusus agar kakeknya dapat membaca subtitle dari perkataan orang yang ada di sekitarnya.

Kacamata AR ini dibuat dengan bantuan asisten AI dalam aplikasi, yang berfungsi untuk membantu mendengar dan mencatat berbagai perkataan dan kemudian menampilkannya pada kacamata. Proses pembelajaran AI ini dilakukan menggunakan large-scale learning model (LLM).

Cara penggunaan XRAI Glass | kacamata AR untuk disabilitas

XRAI Glass akan terhubung dengan aplikasi yang berfungsi sebagai media penghubung pengguna dengan kacamata AR. Sayangnya, aplikasi ini masih dalam pengembangan untuk bisa diakses pada sistem operasi iOS.

Setelah mengunduh aplikasi XRAI Glass di ponsel pintar, pengguna akan diminta untuk menghubungkan aplikasi tersebut dengan kacamata augmented reality pilihan. Beberapa pilihan yang tersedia antara lain RayNeo X2, Rokid Max, TCL NXTWEAR S dan XREAL Air. Untuk bisa menggunakan perangkat yang terhubung, pengguna akan diminta merogoh kocek tambahan sekitar US$ 379 – 439 (per Agustus 2023).

Setelah itu, pengguna bisa langsung memakai perangkat dan melihat subtitle yang muncul saat berinteraksi dengan orang lain. Sangat mudah, bukan?

contoh penggunaan xrai glass sehari-hari | kacamata AR untuk disabilitas
(Sam Sprigg / Auganix)

Fitur-fitur yang dimiliki XRAI Glass | Kacamata AR untuk disabilitas

  • Translation. Terjemahkan subtitle yang kamu baca ke dalam 140 pilihan bahasa serta aksen yang sudah tersedia pada aplikasi XRAI Glass.
  • Asisten AI. Dengan dukungan teknologi AI, kamu akan memiliki asisten yang bergerak cepat untuk menyediakan subtitle akurat berdasarkan pendengaran dari orang sekitar.
  • Organize & Share. Kamu juga bisa menyimpan serta membagikan, menghapus hingga mengatur transkrip subtitle ke folder terpisah yang dibuat oleh asisten AI.
  • Bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. Asisten AI pada XRAI Glass juga bisa digunakan untuk merekam maupun mendengarkan pembicaraan jarak jauh menggunakan bluetooth mic yang tersedia.

Berikut pembahasan menarik terkait kehadiran kacamata AR yang bisa membantu penyandang disabilitas terutama tuli untuk bisa melihat ucapan dari orang disekitarnya. Kalau kamu suka dengan informasi teknologi seperti ini, baca informasi seru lainnya di blog MetaNesia.

MetaNesia merupakan perusahaan virtual reality, AR serta platform metaverse pertama yang ada di Indonesia. Berada di bawah naungan Telkom Indonesia, MetaNesia telah melayani berbagai klien global maupun lokal dengan berbagai kustomisasi untuk mendukung bisnis. Tertarik untuk gunakan teknologi terbaru ini di bisnis kamu? Hubungi tim admin kami untuk konsultasi gratis secara langsung!

Mau coba masuk ke dalam dunia virtual imersif milik MetaNesia? Unduh aplikasinya dan jangan sampai ketinggalan keseruannya, ya.

Bagikan ini: