Kartu Pesan AR, Mengirim Pesan dalam Dimensi Virtual dan Fisik

Kartu Pesan AR, Mengirim Pesan dalam Dimensi Virtual dan Fisik

kartu pesan AR
AR greeting card (Printique)

Sejak peluncuran game Pokemon Go beberapa tahun silam, teknologi AR menjadi viral di tengah-tengah masyarakat. Keberhasilan tersebut banyak mendorong perusahaan teknologi untuk menggunakan AR lebih lanjut dalam berbagai industri, tak terkecuali saat mengirim pesan kepada orang terkasih.

Seseorang yang mengirimkan kartu ucapan untuk orang lain biasanya bertujuan untuk menyampaikan perasaan positifnya kepada orang tersebut. Bahkan, tak jarang kartu ucapan tersebut dapat mempererat hubungan sosial antar manusia.

Umumnya, kartu ucapan sendiri digunakan pada momen-momen spesial seperti hari ulang tahun, kelahiran, pernikahan, perayaan tahun baru atau hari libur lainnya. Di tengah era yang serba digital ini, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan kartu pesan AR untuk menunjukkan perasaanmu kepada orang terkasih.

Namun, sebelum menggunakan kartu pesan AR, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana kartu pesan berbasis teknologi AR ini bekerja. Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut!

Mengapa perlu menggunakan kartu pesan AR?

kartu pesan AR untuk momen special
Greeting card (Pinterest)

Pada momen spesial, biasanya kita akan banyak menerima kartu ucapan. Salah satu fungsi kartu ucapan atau greeting card adalah untuk memberi salam. Secara tidak langsung, kartu ucapan ini berfungsi sebagai pengganti kehadiran kita pada suatu acara atau momen tertentu.

Biasanya, kartu ucapan yang sering kita temui terbuat dari bahan kertas. Namun, apa jadinya jika kartu ucapan tersebut dibuat dengan teknologi berbasis augmented reality (AR)?

Dalam penggunaannya, AR sendiri mampu menciptakan pengalaman yang dapat memperkaya realitas dengan menambahkan elemen digital, seperti gambar, suara atau objek 3D, ke dalam pandangan nyata pengguna. Pengguna biasanya hanya perlu memindai kode QR dengan menggunakan perangkat seperti smartphone, tablet atau headset AR khusus yang digunakan untuk memberikan pengalaman menggunakan AR.

Cara membuat kartu ucapan AR di Assemblr Studio dengan templates

kartu pesan AR dan kotak hadiah
Kotak hadiah dan kartu ucapan (Pexels)

Kamu mungkin akan bertanya-tanya, apakah bisa membuat kartu ucapan AR untuk dirimu sendiri? Jawabannya, tentu saja bisa. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan platform Assemblr Studio. Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membuatnya!

1. Design kartu ucapan

canva
Canva design (Canva)

Kamu dapat mulai dengan mendesain kartu ucapan terbaru yang kamu inginkan. Ada banyak pilihan aplikasi desain grafis yang bisa kamu gunakan untuk membuat kartu ucapan, seperti canva, adobe illustrator atau photoshop, fotor, dan greeting island. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan fitur uniknya sendiri, jadi kamu dapat mencoba semuanya dan memilih yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan desainmu.

Namun, jika kamu seorang pemula dalam hal desain, canva mungkin akan lebih cocok untuk kamu gunakan. Canva menyediakan banyak pilihan template yang langsung digunakan, atau kamu juga bisa membuat desainmu sendiri dengan pilihan aset yang tersedia.

Setelah itu, jangan lupa simpan kartu ucapan terbaru dalam format .jpeg atau .png. Sekarang setelah kamu memiliki desainnya, mari beralih ke langkah menyenangkan berikutnya yaitu membuat konten AR untuk kartu ucapanmu.

2. Buat konten AR di Assemblr Studio

cara membuat AR greeting card di aplikasi
Cara membuat AR greeting card (assemblrworld)
  • Klik Browse from Template untuk menemukan pilihan template terbaru di sana.
Cara menggunakan template
Explore template terbaru (assemblrworld)
  • Pilih template mana yang ingin kamu gunakan. Jika ingin lebih cepat, kamu cukup menggunakan ikon pencarian di kanan atas dan memasukkan kata kunci tertentu (Contoh: Tahun baru)
Memilih template di assemblr
AR template (assemblrworld)
  • Setelah menemukan template yang tepat, kamu bisa klik template tersebut dan langsung menggunakannya, atau mengedit template tersebut dengan elemen dan aset yang telah tersedia
Edit template di assemblr
Edit template (assemblrworld)
  • Jika semua sudah selesai, kamu bisa langsung klik publish, maka kamu akan bisa melihat dan membagikan kartu ucapan AR terbaru buatanmu melalui sosial media.
Publish AR greeting card
Publish template (assemblrworld)

Peluang bisnis kartu ucapan AR

Bisnis AR greeting cards
Business Card AR (AR Studio)

Kartu ucapan banyak dicari ketika akan merayakan momen tahunan yang dinantikan oleh banyak orang. Bayangkan, kamu sedang mencari produk yang akan dikirim sebagai hadiah, kemudian kamu menemukan dua produk dari dua toko. Pada produk pertama, kamu sudah mendapatakan kartu ucapan, sedangkan yang satu lagi tidak menawarkan kartu ucapan, produk mana yang akan kamu pilih?

Tentu kamu akan memilih produk dengan kartu ucapan. Sebagai pengirim hadiah, pastinya kamu juga ingin menyampaikan ucapan selamat dan harapan kepada penerima hadiahmu.

Meskipun kamu bisa melakukannya langsung atau melalui chat, nyatanya memberikan ucapan lewat pesan singkat dinilai lebih menarik. Coba bayangkan, jika kamu yang menerima hadiah, lalu kamu menemukan kartu ucapan di dalamnya. Pasti kamu akan merasa lebih bahagia ketika menerimanya.

Itulah sebabnya produk dengan kartu ucapan banyak diburu, utamanya menjelang momen tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri atau Natal. Hal ini jadi alasan mengapa kartu ucapan banyak dicari. Terutama kartu ucapan terbaru, dengan berbasis teknologi AR.

Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan augmented reality, mungkin kamu bisa mencoba bekerjasama dan mengembangkan bisnismu besama MetaNesia. Kamu bisa mengunjungi website MetaNesia untuk mendapatkan informasi lain seputar layanan VR/AR, metaverse, blockchain, dan VR Training.


Itulah pembahasan seputar penggunaan augmented reality (AR) pada kartu ucapan, tata cara membuatnya, hingga peluang bisnis yang di tawarkan. Penasaran dengan berita lain seputar teknologi augmented reality (AR)? Yuk, kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi.

Apabila tertarik untuk menggunakan layanan virtual reality, augmented reality, blockchain dan metaverse segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Rasakan pengalaman masuk ke dunia metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami sekarang juga!

Bagikan ini: