Konser Virtual Calvin Harris digelar pada VR bersama Pico!

Konser Virtual Calvin Harris digelar pada VR bersama Pico!

The Calvin Harris Experience
Poster Promosi The Calvin Harris Experience. (Wave)

Pandemi COVID-19 memang memberikan dampak besar terhadap industri musik secara global. Walaupun demikian, konser virtual reality dengan teknologi imersif tampaknya dapat menjadi solusi sekaligus the next big thing di industri musik.

Seperti yang mungkin telah kamu ketahui, akhir-akhir ini terdapat berbagai konser virtual yang telah berlangsung. Beberapa contohnya yaitu Horizon Worlds yang mengundang Billie Eilish, Post Malone dan Foo Fighters. Selanjutnya, AmazeVR dari App Lab juga mengadakan konser virtual dengan mengundang Megan Thee Stallion.

Konser virtual memang sudah menjadi tren sejak terjadinya wabah COVID-19. Seakan tidak mau kalah, Wave & Pico, perusahaan yang bergerak di bidang VR baru-baru ini mengambil langkah yang lebih jauh lagi.

Melalui kerjasama dengan Pico, Wave saat ini sedang mengembangkan serangkaian pengalaman konser 3D yang imersif. Konser virtual tersebut tentu akan diisi dengan artis-artis terkenal dunia, seperti salah satunya DJ Calvin Harris.

Konser Eksklusif yang Berjudul The Calvin Harris Experience!

DJ Calvin Harris
DJ Calvin Harris dalam salah satu konsernya. (Wikimedia Commons)

Superproducer & DJ asal Skotlandia, Calvin Harris, mengumumkan akan mengadakan virtual concert eksklusifnya dengan teknologi virtual reality pada bulan Januari lalu. Konser dengan tajuk ‘The Calvin Harris Experience’ ini merupakan hasil kerja sama antara Pico dengan perusahaan hiburan virtual, Wave.

Virtual concert ini ditayangkan perdana pada 13 Januari lalu pukul 12 siang di seluruh wilayah Eropa dan Asia. Acara konser berlangsung sekitar 1 jam, yang meliputi preshow selama lima menit dan extended set eksklusif selama 25 menit. Sementara itu, extended version tersedia secara eksklusif di aplikasi Video Pico.

Konser ini juga akan disiarkan ulang di TikTok Live bagi para penggemar yang tidak memiliki perangkat VR yang kompatibel. Jika kamu melewatkan konser VR ini secara live, kamu dapat menonton siaran ulang konser virtual DJ Calvin Harris yang akan terus ditayangkan hingga 26 Februari.

Menawarkan Pengalaman Audio-Visual yang Imersif dan Interaktif

Konser Virtual Calvin Harris
Ilustrasi The Calvin Harris Experience (Wave)

Calvin Harris Experience akan menjadi pesta metaverse yang menampilkan visual imersif yang terinspirasi oleh alam. Sang DJ akan tampil langsung sebagai avatar virtual di dalam konser ini. Para penonton konser virtual juga akan menjelajahi event ini dalam bentuk avatar.

Pengalaman konser 3D yang imersif akan membawa para penggemar terbawa dalam perjalanan musik melalui virtual universe dari Calvin Harris. Konser ini juga disebut sebagai sebuah pesta metaverse yang dipenuhi dengan visual audio yang responsif di dunia virtual yang penuh gemerlap.

Para penonton konser nantinya memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain. Interaksi tersebut seperti menciptakan efek yang atraktif sepanjang pertunjukan. Penonton dapat bertepuk tangan, menulis pesan di udara, dan bahkan bergabung dengan Calvin di atas panggung.

Selain Calvin Harris, beberapa artis terkenal dunia telah menggunakan teknologi VR dalam konser virtualnya. Beberapa diantaranya yakni John Legend, Dillon Francis, Pentakill, Alison Wonderland, dan Imogen Heap.

Konser Virtual dengan Akses yang Terbatas

Pico 4 Headset

Pico 4, Headset terbaru dari Pico. (Wikimedia Commons)

Hanya penggemar di Eropa dan Asia yang akan memiliki akses untuk menikmati Konser ini. Hal ini disebabkan karena kedua benua tersebut merupakan satu-satunya pasar di mana headset konsumen Pico saat ini tersedia. 

Pihak Wave sendiri menyatakan bahwa event yang diadakan dibuat untuk memberikan pengalaman konser 3D yang imersif. Wave juga menyatakan bahwa konser virtualnya didesain khusus untuk para pengguna headset Pico. Sehingga, konser ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan headset terbaru dari Pico yaitu Neo 3 dan Pico 4.

Penggemar yang memiliki headset Pico juga dapat bergabung secara eksklusif dengan avatar mereka sendiri. Para konsumen Pico dapat menggunakan aplikasi Video Pico yang tersedia melalui toko Pico. 

Untuk mengikuti konser, pengguna headset Pico harus mengunduh aplikasi Pico Video dari Pico App Store. Pengguna dapat memilih ‘The Calvin Harris Experience’ di feed Pico Video pada hari pelaksanaan konser.

Meskipun seperti konser sungguhan, ruangan konser tetap terbatas. Sehingga Wave mendorong orang-orang yang ingin menonton untuk melakukan RSVP menjelang konser virtual Calvin Harris ini.


Ingin mengetahui lebih lanjut dentang dunia VR? Baca artikel lain dari blog metaNesia untuk mendapatkan informasi menarik lainnya!

Bagikan ini: