Masa Depan Dunia Seni di Metaverse

Masa Depan Dunia Seni di Metaverse

karya seni metaverse
Ilustrasi karya seni dalam metaverse (Wikimedia Commons)

Penggunaan metaverse serta meningkatnya popularitas dari konsep acara virtual event sebagai alternatif belakangan ini tentu saja memiliki daya tarik tersendiri. Penggunaan metaverse dapat dimanfaatkan dalam bidang seni yang berjalan pada dunia virtual dengan menggabungkan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Seperti yang telah kita ketahui bersama, metaverse membuka pintu untuk beralih dalam melakukan kegiatan yang umumnya hanya dapat dilakukan di dunia nyata menjadi dilakukan di dunia virtual para penggunanya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kini penggunaan metaverse untuk menunjang kegiatan sehari-hari juga mulai merambah ke dunia art atau seni. Metaverse mampu menyediakan ruang dunia virtual untuk kegiatan dalam bidang seni.

Bagaimana pemanfaatan dunia seni di metaverse

Sejauh mana kemampuan metaverse dalam menyediakan kebutuhan para penggunanya dalam dunia seni dan apa saja potensi dan kontribusi yang metaverse untuk bidang seni dan kreatifitas di masa yang akan datang? Yuk, simak selengkapnya pada bagian selanjutnya dalam artikel ini!

Metaverse dalam dunia musik

Konser Virtual Justin Bieber
Justin Bieber dalam konser virtual interaktifnya. (Bandwagon)

Terdapat beberapa transformasi dari dunia nyata ke dunia virtual khususnya dalam bidang dunia seni dengan memanfaatkan teknologi metaverse. Yang pertama yaitu kontribusinya terhadap salah satu bidang seni yang sangat digemari oleh banyak orang yaitu dalam dunia musik.

Apabila berbicara mengenai musik sendiri, tentu saja erat kaitannya dengan konser. Dalam hal ini, metaverse dapat digunakan sebagai wadah untuk mengadakan konser musik virtual, lho! Beberapa contohnya yaitu musisi papan atas Justin Bieber dan konser virtual grup idol NCT yang digelar pada 18 Januari 2023 lalu di Roblox.

Sama seperti konser musik yang digelar dalam kehidupan nyata, konser musik yang diadakan pada dunia virtual metaverse juga menawarkan interaksi antara musisi dan penggemarnya. Dengan bantuan teknologi VR serta AR, baik musisi dan penonton akan terlihat dengan bentuk avatarsecara real time.

Virtual Concert

Virtual concert in Second Life (Wikimedia Commons)

Konser musik virtual yang diadakan secara virtual dengan metaverse ini tentu saja membuka peluang baru untuk para musisi dalam mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan sebelumnya dalam dunia musik.

Selain konser virtual, metaverse juga dapat membantu para musisi baru untuk memproduksi musik digital dengan memanfaatkan platform NFT, lho! Sehingga dengan adanya NFT dan metaverse, baik musisi pemula maupun profesional dapat melisensikan karya seni mereka untuk dinikmati orang lain secara legal.

Penggunaan NFT serta metaverse untuk memproduksi musik digital tentu saja harus memiliki dukungan hukum terutama dalam hal penerapan hak cipta. Salah satu contoh musisi yang telah merilis musik digital yaitu ROCKI yang meluncurkan NFT musik mereka pada Binance SmartChain atau yang juga dikenal dengan BSC.

Kamu juga dapat membeli NFT pada marketplace asal Indonesia, Market MetaNesia yang memiliki berbagai koleksi NFT terbaik. Kamu bisa mengakses marketplace NFT tersebut melalui MetaNesia.

Dunia virtual metaverse sebagai tempat untuk karya seni

Virtual Art Gallery
Salah satu contoh virtual art exhibition dalam metaverse. (flickr/Dean Terry)

Selanjutnya, penggunaan ruang virtual dan perkembangan metaverse juga kerap dimanfaatkan untuk mengekspresikan karya seni secara digital, lho! Salah satu contohnya yaitu dengan menjadikan metaverse sebagai wadah untuk mengadakan virtual art exhibition yang juga banyak digelar dalam waktu belakangan ini. Pada pameran seni virtual dalam metaverse ini, kalian dapat melihat karya seni digital yang beragam dengan jumlah yang dapat dikatakan sangat banyak.

Sotheby, salah satu dealer seni ternama bahkan baru-baru ini dilaporkan telah membeli sebuah real estate digital yang akan digunakan untuk mengadakan pertunjukan seni secara virtual. Real estate tersebut nantinya juga akan dibangun dan didesain menyerupai replika galeri seni Sotheby yang berada di London, Inggris.

Lebih dalam mengenai dunia karya seni dalam metaverse, perkembangan NFT atau Non Fungible Tokens juga mengambil peran yang penting dimana saat ini banyak seniman yang menjual karya seni mereka dalam bentuk aset digital ke pasar yang bersifat terbuka kepada orang lain.

Peran metaverse dalam perkembangan dunia fashion.

Virtual Fashion Show
Beberapa koleksi Dolce & Gabanna pada metaverse. (The Front Row)

Metaverse juga memiliki peran dalam dunia seni seperti bidang fashion. Salah satu kontribusi metaverse terhadap dunia fashion yaitu sebagai wadah fashion show virtual. Bahkan kini kalian juga dapat berbelanja pakaian di dunia virtual dengan menggunakan metaverse, lho!

Terkhusus untuk kalian yang gemar melakukan belanja pakaian secara online, tentu saja kalian dapat mencoba pengalaman baru untuk berbelanja pakaian dengan menggunakan metaverse! Pasalnya, kalian dapat mencoba terlebih dahulu pakaian yang kalian inginkan, membelinya secara digital serta kemudian diantarkan secara langsung ke rumah kalian.

Dunia virtual metaverse juga erat kaitannya dengan avatar,mengingat avatardapat dikatakan merupakan gambaran penggunanya selama menjelajahi dunia metaverse ini. Tentu saja, pengguna metaverse dapat mengkustomisasi avatarmereka sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Oleh karena itu, salah satu perancang pakaian yang sangat terkemuka, Dolce & Gabbana juga menjual koleksi pakaiannya dengan berupa aset digital. Hal tersebut bertujuan untuk dapat digunakan oleh para pembelinya dalam mengkustomisasi avatar mereka.

NFT dalam dunia fashion

Tidak hanya dalam avatar, fashion dalam dunia metaverse juga bisa berkembang berkat NFT. Pada pertengahan tahun 2022 lalu, Prada yang merupakan rumah mode asal Milan Italia telah merilis koleksi Timecapsule #36 NFT mereka.

NFT ini berbentuk GIF pakaian digital berupa kemeja bewarna putih dan hitam yang memiliki nomor serial eksklusif di belakang pakaiannya. Tertarik membeli?

Rumah mode asal perancis yaitu Balmain juga telah bekerjasama dengan Mattel untuk membuat koleksi NFT mereka. Mattel sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi animasi terkenal Barbie. Dalam koleksi NFT mereka, kamu dapat membeli aset digital dalam bentuk avatar Barbie dan Ken yang menggunakan pakaian desainer Balmain.

Konsep berbeda juga dilakukan oleh brand ternama Louis Vuitton. Mereka membentuk NFT berupa avatar bernama Viviene, yang bisa kamu mainkan pada permainan virtual reality mereka. Kamu dapat membeli 10 tipe avatar Vivienne dengan tampilan yang berbeda.

Berita terbaru Metaverse Fashion Week

Metaverse Fashion Week (MFW) diselenggarakan lagi tahun ini oleh Decentraland. Sebanyak 63 rumah mode dan desainer terkemuka hadir di Metaverse Fashion Week yang berlangsung pada 28-30 Maret 2023 ini. Beberapa brand tersebut seperti Tommy Hilfiger, Coach, Hugo Boss, dan Dolce & Gabbana, hingga sportswear seperti Adidas dan Alo.

Decentraland membuat keputusan membuat acara ini multiplatform di tahun keduanya untuk meningkatkan visibilitas dan pengaruhnya. Decentraland berkolaborasi dengan platform jaringan sosial 3D bernama Spatial dan platform Augmented Reality dari Ethereum, yaitu Over the Reality.

Peragaan busana dan pameran mode yang biasanya diadakan di dunia nyata dibawa ke dunia virtual selama Metaverse Fashion Week. Hanya dengan mengklik nama brand pada peta yang disediakan Decentraland, pengguna dapat dengan mudah mengunjungi peragaan setiap desainer, sehingga dapat dengan cepat beralih ke pertunjukkan lain.

Meskipun beberapa pakaian yang dikenakan oleh avatar merupakan adaptasi virtual, para desainer juga menggunakan platform metaverse untuk menampilkan pakaian yang dijual secara fisik. Tujuan dari tema “Future Heritage” untuk MFW tahun ini adalah untuk menyediakan ruang bagi generasi berikutnya untuk berdiskusi dan menyumbangkan ide mengenai masa depan fashion.


Itulah bagaimana gambaran dunia seni di metaverse saat ini dan masa depan. Apabila kamu menyukai artikel seperti ini, kamu dapat membaca artikel dengan tema serupa di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: