Kehadiran Fitur Virtual Stage metaNesia untuk metaNesia Bisnis
Beranda /
Blog /
Kehadiran Fitur Virtual Stage metaNesia untuk metaNesia Bisnis
22 December 2022

Kehadiran Fitur Virtual Stage metaNesia untuk metaNesia Bisnis

Virtual Stage metaNesia

Teknologi adalah sesuatu yang diciptakan dari hasil pemikiran manusia untuk memberikan kemudahan pada kehidupan manusia pula. Berbagai inovasi teknologi pun dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia sehari-hari hingga kini mulai tercipta berbagai teknologi canggih.

Salah satu teknologi canggih yang tercipta dan mulai ramai dibicarakan saat ini adalah metaverse. Metaverse merupakan dunia virtual yang memungkinkan para penggunanya dapat saling terhubung, dapat berkomunikasi, bekerja, bermain, hingga bertransaksi layaknya di dunia nyata.

Secara etimologi, istilah metaverse terdiri dari dua kata, yaitu ‘meta’ yang berarti melampaui dan ‘verse’ yang berarti alam semesta. Dapat diartikan bahwa metaverse merupakan ruang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat di dunia ini.

Istilah metaverse muncul pertama kali pada sebuah novel fiksi ilmiah berjudul Snow Crash karya Neal Stephenson di tahun 1992. Novel tersebut menggambarkan orang-orang yang menggunakan teknologi realitas virtual dan avatar digital diri mereka sendiri untuk berinteraksi dan menjelajahi dunia digital online. 

Saat ini, sudah cukup banyak perusahaan ternama yang terlibat ke dalam dunia metaverse seperti Meta, Samsung, Microsoft, Google, hingga Adidas. Beberapa platform metaverse yang sekarang sudah bisa dicoba adalah Decentraland, The Sandbox, Horizon Worlds, Spatial, dan masih banyak lagi. 

metaNesia, platform metaverse pertama di Indonesia

Di Indonesia sendiri, beberapa perusahaan sudah mulai mengembangkan platform virtual metaverse. Salah satu platform metaverse dalam negeri yang telah diciptakan dan mulai digunakan adalah metaNesia.

metaNesia merupakan dunia baru yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman menarik, dan juga memperkenalkan produk ke dunia digital. Layaknya dunia sungguhan, metaNesia memiliki beragam fitur yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Platform virtual metaNesia pertama kali diluncurkan ke publik pada 31 Juli 2022. metaNesia merupakan sebuah platform metaverse pertama di Indonesia buatan PT Telkom Indonesia Tbk. metaNesia diciptakan sebagai upaya untuk mewadahi kehidupan generasi Z dan milenial yang semakin mudah, juga sebagai inovasi untuk mensinergikan BUMN, swasta, serta UMKM ke dunia baru.

Untuk saat ini, metaNesia dapat diakses di perangkat Windows, macOS, serta Android. metaNesia juga sedang dalam pengembangan agar dapat diakses oleh perangkat iOS (iPhone dan iPad) serta perangkat VR lainnya.

Fitur-fitur menarik yang ada di metaNesia

Di dalam metaNesia, tersedia fitur-fitur yang menarik dan mudah untuk digunakan pengguna. Di antaranya seperti:

  • Kustomisasi avatar 3 dimensi
Virtual Stage metaNesia

Sebelum memasuki metaNesia, pengguna akan diminta untuk membuat avatar 3 dimensi yang bisa dikustomisasi. Terdapat berbagai pilihan pakaian dan juga aksesoris yang bisa dipadu padankan sesuai keinginan pengguna. 

  • Fitur voice chat 

Fitur voice chat dibuat agar pengguna dapat berinteraksi satu sama lainnya dengan lebih mudah saat berada di metaNesia. Fitur ini memungkinkan avatar penggunanya untuk berbicara secara langsung dengan avatar lain. Fitur voice chat sendiri merupakan fitur baru, yang belum pernah digunakan pada platform metaverse manapun di Indonesia. 

  • Chat room

Fitur chat room juga memungkinkan penggunanya untuk dapat berinteraksi dengan satu sama lain secara tertulis. Saat menggunakan fitur ini, pengguna bisa memilih untuk mengirimkan pesan personal ke pengguna pilihan atau pesan umum yang bisa dilihat publik.

  • Character movement

Character movement dibuat agar avatar pengguna bisa berjalan menjelajahi metaNesia. Pengguna dapat melakukan beberapa gerakan dasar seperti berjalan ke depan, belakang, kanan, kiri, serta melompat. 

  • Motion

Fitur motion yang disediakan pada metaNesia memungkinkan para pengguna untuk melakukan beberapa gerakan yang kompleks dan menarik. Beberapa gerakan tersebut diantaranya tepuk tangan, melambaikan tangan, menangis, hormat, hingga menari kecil.

Area Interaksi MetaNesia

Terdapat beberapa area interaksi yang bisa dikunjungi pengguna saat berada di metaNesia, antara lain:

  • metaNesia Mall
Virtual Stage metaNesia

Ketika memasuki area mall, pengguna akan melihat banyak tenant dari berbagai brand yang sudah berkolaborasi dengan metaNesia. Salah satu tenant yang menarik adalah tenant milik Honda, di mana terdapati showroom yang bisa diakses pengguna untuk melihat produk display Honda serta melakukan test-drive.

Baca juga: Metaverse metaNesia | Showroom Layaknya Dunia Nyata

  • NFT Gallery
Virtual Stage metaNesia

NFT Gallery berisi pameran NFT yang berada pada private space berupa galeri dua tingkat. Ketika Anda mengklik sebuah NFT, Anda akan diarahkan ke website market metaNesia di mana Anda dapat melakukan transaksi di website tersebut.

  • metaNesia Arcade
Virtual Stage metaNesia

Pada area metaNesia Arcade, terdapat game menarik yang bisa Anda mainkan bersama beberapa pengguna lain. Contoh game yang bisa dimainkan adalah quiz arcade.

  • Virtual Stage metaNesia

Virtual Stage metaNesia merupakan salah satu venue yang bisa Anda kunjungi dalam platform ini. Venue ini sendiri biasanya digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan maupun brand terkait acara tertentu. 

Virtual Stage MetaNesia

Virtual Stage metaNesia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Virtual stage merupakan venue di metaNesia yang dapat digunakan untuk mengadakan acara secara virtual, di mana para penggunanya dapat saling berinteraksi. 

Virtual Stage metaNesia berbasis aplikasi dan dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan klien. Venue Virtual Stage metaNesia dapat digunakan untuk berbagai acara seperti podcast, webinar, maupun perilisan produk baru.

Virtual Stage metaNesia dapat menjadi media bagi banyak jenis acara, untuk ditayangkan secara live streaming dengan beragam suasana venue sesuai keinginan klien. Beberapa suasana yang sudah diangkat pada Virtual Stage metaNesia adalah perbukitan dengan latar matahari terbenam, suasana dasar laut, hingga ruangan dengan panggung ditengahnya.

Baca juga: Peluang Bisnis Metaverse, Seberapa Besar Potensinya?

Kustomisasi fitur sesuai keinginan Anda

Anda juga bisa mengadakan acara dari brand atau perusahaan Anda dengan live streaming pada Virtual Stage metaNesia. Terdapat beberapa fitur virtual stage yang dapat dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan acara Anda, yaitu:

  • Suasana

Kostumisasi suasana dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan klien. Anda dapat memilih waktu latar belakang stage dengan suasana siang atau malam hari.

  • Tema warna

Ketika mengadakan acara di Virtual Stage metaNesia, klien dibebaskan untuk memilih tema warna stage yang akan digunakan. Tema warna stage juga dapat disesuaikan dengan color code dari klien maupun warna default metaNesia, yaitu ungu dan kuning.

  •  Banner dan poster

Terdapat penempatan banner dan poster pada beberapa spot di area Virtual Stage metaNesia. Desain serta isi dari banner dan poster tersebut akan diserahkan kepada klien dengan detail ukuran yang diberikan tim metaNesia.

  • Booth

metaNesia menawarkan fitur booth interaktif untuk klien yang ingin menampilkan produk-produk lain yang mereka miliki. Booth di area stage dapat disesuaikan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan klien.

  • Fitur kustomisasi lainnya

Selain fitur-fitur yang telah dipaparkan sebelumnya, metaNesia juga menawarkan fitur lainnya yang dapat dikustomisasi. Klien dapat memilih apakah memerlukan tambahan avatar yang dapat bergerak sesuai dengan pembicara aslinya, penggunaan green screen tambahan, atau menampilkan materi presentasi tertentu, dan lainnya.

Acara yang telah diselenggarakan di Virtual Stage metaNesia

Beberapa brand atau perusahaan telah menggunakan Virtual Stage metaNesia untuk menayangkan acara mereka secara live streaming. Acara-acara tersebut adalah: 

  • CX Summit 

CX Summit merupakan sebuah konferensi tahunan yang diadakan oleh Telkom Group, untuk menyampaikan beragam informasi terkait dinamika terbaru seputar tren pengalaman konsumen. CX Summit yang diadakan di tahun 2022 mengambil tema “Thrive Your Business Through Leveraging Emerging Technology for Better Customer Experience.” 

  • Upacara

Upacara di metaNesia merupakan gelaran acara seremonial yang dilaksanakan secara virtual melalui platform metaverse. Contoh acara yang sudah pernah dilaksanakan di metaNesia adalah Upacara HUT RI ke-77, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, serta Upacara Peringatan Hari Pahlawan. 

  • Digiers Day

Digiers Day merupakan sebuah acara yang memfasilitasi penyaluran dan perluasan kesempatan kerja bagi alumni penerima beasiswa DTS Kominfo. Acara yang diselenggarakan pada 21 Desember 2022 ini meliputi talkshow, peluncuran produk baru, serta career expo.

  • InTalks

InTalks merupakan suatu podcast yang berfokus untuk membahas hal apapun secara umum yang diharapkan dapat menambah insight atau interpretasi baru kepada para penonton pada setiap episodenya.

  • Penutupan NU Tech

NU Tech merupakan salah satu program yang diadakan Nahdlatul Ulama untuk meningkatkan kapabilitas digital masyarakat, pelajar, santri, mahasiswa serta keluarga besar NU. Penayangan acara penutupan NU Tech di metaNesia dilakukan untuk memperkenalkan teknologi baru ke dalam ekosistem NU, sesuai dengan tema teknologi yang mereka angkat tahun ini.

Baca juga: Kehadiran metaNesia di Penutupan NU Tech 19 Desember 2022

Pembuatan Virtual stage metaNesia untuk klien

  • Requirement gathering

Pada tahap ini, dilakukan pengumpulan informasi terkait jadwal event, jumlah booth dan pengaturan kustomisasi fitur. 

  • Klien mengirimkan color palette, desain banner dan poster, serta desain thumbnail

Setelah ada kesepakatan terkait requirement, maka klien perlu mengirimkan color palette yang akan gunakan untuk pewarnaan stage serta desain banner dan poster untuk dimasukan ke dalam template banner pada stage. Klien juga perlu mengirimkan desain thumbnail untuk dimasukan ke dalam template world pada metaNesia.

  • Visual prototyping (setelah menerima color palette)

Selanjutnya kami akan merancang prototype stage visual, terkait desain dan warna stage. 

  • Development

Setelah Anda menyetujui prototype yang kami buat, kami akan memulai proses pengembangan ke platform metaNesia.

  • Regular progress update

Setiap durasi yang telah disetujui (misal: seminggu sekali), kami akan secara rutin memberikan laporan progress kepada Anda. Tidak menutup kemungkinan, setiap terdapat kemajuan progress kami akan menginfokannya kepada Anda agar Anda dapat memberikan masukan ataupun revisi.

  • Delivery

Setelah virtual stage di upload pada metaNesia, kami akan mengajak Anda untuk melakukan gladi resik acara agar Anda dapat merasakan ambience virtual stage sebelum acara dimulai.

Itulah penjelasan mengenai Virtual Stage metaNesia yang menarik untuk Anda ketahui. Dengan menggunakan Virtual Stage metaNesia, diharapkan para brand ataupun perusahaan dalam negeri perlahan dapat bertransisi untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam metaNesia.

Tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan teknologi metaverse dari metaNesia? Anda bisa hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya ataupun mendapatkan konsultasi secara gratis. 

Anda juga bisa mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah Anda coba sebelumnya!