Metaverse Hadean Kembangkan Infrastruktur Baru Web3, Melalui Modal Senilai Jutaan Dolar dari Beberapa Investor!

Metaverse Hadean Kembangkan Infrastruktur Baru Web3, Melalui Modal Senilai Jutaan Dolar dari Beberapa Investor!

Hadean Epic Games
Hadean & Epic Games (Hadean)

Metaverse merupakan lingkungan dunia virtual, di mana kamu bisa melakukan aktivitas yang tak terbatas di dalamnya. Teknologi ini telah dikembangkan oleh banyak negara maupun perusahaan ternama dunia. Untuk memberikan pengalaman imersif, pastinya memerlukan dana yang besar dalam mengembangkan dunia virtual metaverse. Kabar baiknya, salah satu startup penyedia teknologi metaverse yakni Hadean, mendapatkan dana investasi jutaan dolar, untuk kembangkan infrastruktur terbaru pada platform virtual mereka, lho!

Startup Hadean

Startup Hadean
Hadean Startup (Hadean)

Hadean merupakan startup berbasis di London yang didirikan pada tahun 2015 oleh Aidan Hobson Sayers, Alec Mocatta, Craig Beddis, Jason Hardjosoekatmo, dan Rashid Mansoor. 

Startup ini mengkhususkan diri dalam komputasi terdistribusi dan infrastruktur cloud. Mereka menawarkan platform untuk membangun dan menjalankan aplikasi berukuran besar, yang intensif pada sebuah data cloud. Selain itu, Hadean juga mengembangkan platform metaverse bagi beberapa perusahaan game ternama dunia, untuk meningkatkan pengalaman imersif yang unik dan tak terbatas.

Luar biasanya, Hadean berusaha mengatasi beberapa masalah dalam teknologi metaverse yang paling mendesak, seperti membenahi terhambatnya koneksi jaringan internet. Mereka juga menyediakan layanan untuk mendukung platform virtual berskala besar, salah satunya adalah EVE Online Aether Wars.

EVE Online Aether Wars adalah game online sains fiksi, bertemakan latar belakang luar angkasa, yang memungkinkan kamu untuk membentuk strategi dan berpetualang secara imersif.

Hadean sangat mengutamakan skalabilitas, keamanan, dan interoperabilitas dalam jasa mereka. Melalui hal tersebut, Hadean memungkinkan pengguna, perusahaan, dan pemerintah untuk mendorong pengalaman digital yang lebih nyaman dan canggih. 

Teknologi mereka memungkinkan pengembang untuk membuat dan mendeploy aplikasi terdistribusi lebih mudah, cepat, dan efisien daripada metode tradisional. Startup ini juga dikenal dengan karya Aether Engine, yakni sebuah mesin simulator terdistribusi yang memungkinkan simulasi dalam skala masif dan real-time.

Kerja sama Hadean dengan perusahaan video game

Melalui banyaknya karya dan solusi inovatif yang telah Hadean kembangkan, mereka telah bekerja sama dengan banyak perusahaan video game. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan infrastruktur realitas imersif, lho! 

Beberapa perusahaan video game yang telah bekerjasama dengan Hadean di antaranya seperti Microsoft, Minecraft, Epic Games, Sony, Gamescoin, Pilxelynx, Francis Crick, CAE, BAE, dan Thales.  

Tertarik dalam mengembangkan komponen Web3 

Metaverse Hadean Kembangkan Infrastruktur Baru Web3
Web3 (Kinnu)

Seiring berkembangnya waktu, Hadean sedang mengembangkan komponen infrastruktur terbaru untuk metaverse mereka dengan pengalaman yang lebih unik.

Komponen tersebut merupakan teknologi Web3. Web3 adalah generasi ketiga dari internet yang sedang berkembang. Teknologi ini bertujuan untuk membangun web yang lebih terdesentralisasi, aman, dan terbuka. 

Web3 menawarkan kemampuan untuk membuat aplikasi terdistribusi yang berjalan pada jaringan blockchain. Artinya, pengguna dapat mengirimkan aset digital tanpa perlu perantara. Dalam Web3, pengguna juga memiliki kontrol yang lebih besar atas data mereka dengan cara yang lebih adil.

Salah satu contoh komponen Web3, yang akan dikembangkan oleh Hadean adalah NFT. NFT atau singkatan dari “Non-Fungible Token” merupakan aset digital yang unik dan tidak dapat dipertukarkan satu sama lain. Aset digital ini dapat berupa karya seni, koleksi kartu, musik, video, maupun barang virtual dalam suatu game. 

NFT dibangun di atas teknologi blockchain, yang memungkinkan pengguna untuk memverifikasi kepemilikan mereka dan menghindari pemalsuan atau duplikasi. Non-Fungible Token memungkinkan pencipta untuk memonetisasi karya seni digital mereka, sementara penggemar atau kolektor dapat memiliki karya tersebut dan menunjukkannya kepada orang lain. NFT telah menjadi sangat populer di kalangan seniman dan kolektor, dan telah terjual dengan harga jutaan dolar pada beberapa kasus.

Melalui potensi pasar yang sangat besar, hal ini membuka peluang Hadean untuk meningkatkan operasi mereka secara lebih luas, dengan mengembangkan infrastruktur baru dalam dunia virtual metaverse.

Pada awal tahun ini, Hadean telah meraih dana jutaan dolar dari beberapa perusahaan investor internasional, untuk mengembangkan metaverse dengan menyediakan infrastruktur baru di dalamnya.

Kita-kira, siapa saja investor Hadean pada tahun ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Investor yang mendanai infrastuktur terbaru metaverse Hadean

Investment Metaverse Hadean Kembangkan Infrastruktur Baru
Investment Hadean (Flickr)

Pada tahun 2022, Hadean telah didukung oleh investor yakni perusahaan Epic Games sebagai pengembang game Fortnite. Kini, Hadean telah mendapatkan modal investasi tambahan dari beberapa perusahaan investor seperti Ericsson Ventures, Metrea Discovery, VU Venture Partners, Sanctor Capital dan Tirta Ventures.

Dalam meningkatkan platform metaverse dan mempercepat penyebaran solusi infrastruktur mutakhir, Hadean telah dapatkan dana sebesar US$ 5 juta dari beberapa perusahaan investor di atas, lho!

CEO Hadean yakni Craig Beddis menyatakan bahwa, dukungan dari kelompok investor yang begitu beragam dan berpengalaman tersebut, memungkinkan mereka untuk melanjutkan kemajuan signifikan dan mempercepat pemberian solusi inovatif berbasis cloud untuk metaverse. 

Melalui hal ini, Hadean sangat diuntungkan dalam membangun infrastruktur metaverse di masa depan.

Tujuan metaverse Hadean kembangkan infrastruktur baru untuk masa depan

Hadean metaverse as a service
Metaverse as a Service (pixabay)

Sebenarnya, apa tujuan Hadean di masa depan dengan tambahan modal investasi yang sangat besar? Melalui penambahan modal tersebut, Hadean bertujuan untuk menjembatani dunia fisik dan virtual dalam meningkatkan pengambilan keputusan, mendukung ekonomi kreator. Pada akhirnya, mereka dapat meningkatkan kualitas hidup di dunia nyata, dengan mengadopsi teknologi dengan konsep metaverse-as-a-service yang terbuka dan kuat. 

Artinya, sebuah perusahaan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun dan menjalankan dunia virtual metaverse, dengan mencakup penyediaan server. Konsep ini juga memungkinkan pengembang dan perusahaan untuk membangun dan menjalankan dunia virtual yang kompleks tanpa harus membangun infrastruktur mereka sendiri. Layanan ini dapat membuka potensi baru untuk industri seperti gaming, hiburan, dan e-commerce di masa depan. 

Wakil Presiden perusahaan investor Ericsson Ventures yakni Paul McNamara menyatakan, bahwa alasan mereka untuk mendanai Hadean karena metaverse dapat meningkatkan penggunaan koneksi 5G yang paling penting di masa depan.

Tujuan tersebut mendukung Hadean, dalam menyediakan infrastruktur terukur dan terbukti untuk mendukung masa depan metaverse. 


Berikut informasi mengenai metaverse hadean kembangkan infrastruktur terbaru di masa depan. metaNesia sebagai penyedia platform metaverse, juga akan membawamu dalam merasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Apabila tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis! 

Bagikan ini: