Metaverse Pengadilan Kolombia, Hadirkan Proses Hukum Sidang Virtual

Metaverse Pengadilan Kolombia, Hadirkan Proses Hukum Sidang Virtual

Proses sidang virtual
Sidang virtual (Metaverse Post)

Teknologi metaverse merupakan integrasi realitas virtual dan dunia nyata, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan segala aktivitas secara real time di dalamnya. Melalui teknologi canggih ini, pengadilan di Kolombia, hadirkan proses sidang imersif dan interaktif yang memberikan pengalaman berbeda. Yuk, simak informasi mengenai metaverse pengadilan Kolombia di bawah ini!

Metaverse Pengadilan Kolombia 

Metaverse Pengadilan Kolombia
Pengadilan kolombia (Kliklegal/AA)

Pengadilan Administratif Magdalena Kolombia telah menghadirkan ruang persidangan digital imersif di dalam platform metaverse, lho! Persidangan hukum melalui metaverse ini, dilakukan sebagai bentuk eksperimen yang inovatif.  

Uniknya, Republik Kolombia menjadi salah satu negara, yang paling pertama untuk melakukan proses persidangan hukum di metaverse. Persidangan virtual pertama ini, membahas mengenai pelanggaran lalu lintas, yang dipimpin oleh hakim pengadilan Maria Quinones Triana dan dihadiri seorang terdakwa. 

Sidang yang berlangsung selama dua jam ini, menghadirkan avatar 3D imersif oleh hakim, pengacara dan para saksi, lho! Avatar hakim Pengadilan Administratif Magdalena Kolombia tampak hadir dengan menggunakan jubah resmi berwarna hitam yang khas. Ruang pengadilan yang ditampilkan terlihat realistis dan interaktif, sehingga pengguna dapat ikut merasakan proses persidangan layaknya di dunia nyata.  

Efektifitas metaverse dalam proses pengadilan 

sidang melalui video conference
Zoom Online Video Conference Laptop Meeting

Dunia digital telah memberikan manfaat dalam berbagai aktivitas secara efisien dan efektif. Berdasarkan eksperimen akademis tersebut, hakim Maria Quinones Triana mengatakan bahwa, persidangan yang dilakukan di metaverse jauh lebih nyata dari pada menggunakan aplikasi video conference. Ia juga menyatakan bahwa metaverse jauh lebih baik memberikan keefektifan proses sidang dan merupakan solusi inovatif yang luar biasa.  

Hakim Maria Quinones Triana juga menyampaikan kekhawatirannya, jika melakukan persidangan menggunakan aplikasi video conference. Ia menyampaikan bahwa, persidangan menggunakan aplikasi video conference  dapat menyebabkan para peserta mematikan kamera mereka. Hal tersebut memicu kekhawatiran hakim, karena mereka tidak mengetahui apa yang dilakukan saat peserta mematikan kamera.  

Proses sidang 

Horizon Workrooms
Meta Horizon Workrooms (Meta)

Saat proses sidang berlangsung, selain menghadirkan avatar 3D yang interaktif, hakim maupun pengacara di pengadilan Kolombia harus mengenakan perangkat virtual headset, yang tersambung dalam aplikasi Meta Horizon Workrooms.  

Aplikasi Meta Horizon Workrooms sangat membantu Pengadilan Administratif Magdalena Kolombia, untuk menghadirkan ruang virtual persidangan yang imersif. Horizon Workrooms merupakan aplikasi dunia virtual yang diciptakan oleh Meta, untuk bersosialisasi, berinteraksi, berpartisipasi dalam aktivitas sosial, permainan, pembelajaran, serta hiburan lainnya. 

Dengan memanfaatkan platform metaverse ini, hal tersebut dapat membuka peluang baru dalam sistem peradilan global yang lebih efisien dan inklusif. Di samping itu, metaverse dapat membawa keuntungan dengan cara akses sidang yang lebih mudah, hemat biaya, dan pengurangan waktu proses hukum.

Perlu diperhatikan juga, bahwa terdapat tantangan dan risiko yang perlu diatasi, seperti masalah privasi dan keamanan data, standar pengakuan internasional, maupun kepercayaan publik. Terlepas dari hal ini, penerapan proses sidang di metaverse menunjukkan potensi besar dalam memperkuat sistem peradilan yang lebih merata. 


Berikut informasi proses sidang yang dilakukan pada dunia metaverse, oleh salah satu pengadilan di Republik Kolombia. Hal ini merupakan solusi inovatif dan efisien, di mana teknologi metaverse dapat dimanfaatkan dengan baik dalam berbagai industri. 

Kalau mau tahu informasi terkait teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel menarik, terkait metaverse dan juga teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: