Mengetahui Lebih Lanjut Implementasi NFT dalam Industri Fashion

Mengetahui Lebih Lanjut Implementasi NFT dalam Industri Fashion

Produk fashion dalam bentuk digital
Produk fashion dalam bentuk digital (Valeria Goncharenko / Mpost)

Popularitas NFT memungkinkan creator ataupun designer mendapatkan kebebasan, untuk mengubah karya mereka dalam bentuk digital. Hadirnya NFT juga memberikan manfaat pada berbagai industri kreatif, salah satunya yakni industri fesyen. Bahkan, banyak brand besar internasional dan lokal yang mulai menjual produk digital NFT-nya. Yuk, simak bagaimana implementasi NFT dalam industri fashion untuk beberapa karya mereka!

Selengkapnya tentang NFT (non-fungible token)

NFT (non-fungible token) adalah token terdesentralisasi berupa aset digital seperti gambar, video, real estate, karya seni, avatar dan pakaian digital.

Banyak brand fashion lokal maupun internasional yang mulai menjual produk digital NFT. Barang yang dijual seperti pakaian, aksesoris, avatar serta gambar. Kamu dapat memiliki produk NFT tersebut sebagai bentuk koleksi, investasi maupun digunakan untuk metaverse.

Penerapan NFT oleh  brand fashion

Koleksi NFT Dolce & Gabbana
Koleksi NFT Dolce & Gabbana (Dolce & Gabbana / Medium)

Dengan adanya implementasi NFT oleh brand fashion, hal ini memberikan kesempatan industri fesyen memasuki dan memposisikan dalam area blockchain. Seperti yang kita ketahui, blockchain merupakan jaringan buku besar yang menyimpan informasi transaksi digital yang terdesentralisasi. Peran blockchain sendiri yakni mencatat transaksi digital untuk mata uang cryptocurrency. 

Asosiasi NFT ini juga memungkinkan brand untuk mengikuti perilaku konsumen dan tren yang terjadi. Di mana, hal ini memungkinkan konsumen untuk membeli koleksi aset digital dengan harga yang lebih terjangkau.

Baru-baru ini, banyak platform yang menawarkan penjualan NFT pakaian maupun aset digital dengan teknologi augmented reality (AR). Teknologi AR memungkinkan kamu untuk mencoba aset digital NFT yang dimiliki secara langsung, dengan bantuan kamera ponsel.

Bahkan kamu juga dapat mengunjungi toko virtual yang dirancang secara imersif dan interaktif untuk mencoba maupun membeli produk NFT mereka.

Implementasi lain yang dilakukan adalah personalisasi. Di mana kamu bisa membuat desain NFT sesuai keinginan.

Terdengar menarik bukan? Nah, mari kita simak brand apa saja yang telah menerapkan NFT terhadap produk mereka!

Tidak hanya brand besar internasional saja yang telah menerapkan NFT, ternyata ada juga brand lokal yang telah menerapkan teknologi NFT, berikut informasinya:

Prada Timecapsule #36

Koleksi NFT proyek timecapsule Prada
Proyek Timecapsule Prada di NFT (Prada / WWD)

Pada pertengahan tahun 2022 lalu, Prada yang merupakan rumah mode asal Milan Italia telah merilis koleksi Timecapsule #36 NFT mereka. NFT ini dibentuk dalam bentuk gambar GIF pakaian digital berupa kemeja bewarna putih dan hitam yang memiliki nomor serial eksklusif dibelakang pakaian tersebut. Tertarik membeli?

Balmain x Mattel

Balmain x Barbie produk fashion NFT
Barbie x Balmain produk fashion di NFT (Mattel Creations / Mattel Creation)

Rumah mode asal perancis yaitu Balmain juga telah bekerjasama dengan Mattel untuk membuat koleksi NFT mereka. Mattel sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi animasi terkenal Barbie. Dalam koleksi NFT mereka, kamu dapat membeli aset digital dalam bentuk avatar Barbie dan Ken yang menggunakan pakaian desainer Balmain, lho!

Louis Vuitton

LV rilis koleksi NFT dalam industri fashion
Louis Vuitton risil produk NFT (Louis Vuitton / Highsnobiety)

Rumah mode asal perancis yaitu Balmain juga telah bekerjasama dengan Mattel untuk membuat koleksi NFT mereka. Mattel sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi animasi terkenal Barbie. Dalam koleksi NFT mereka, kamu dapat membeli aset digital dalam bentuk avatar Barbie dan Ken yang menggunakan pakaian desainer Balmain, lho!

Gucci

Gucci rilis koleksi NFT dalam industri fashion
Gucci & Superplastic risil NFT (Gucci & Superplastic / Highsnobiety)

Brand fashion internasional asal Italia yaitu Gucci juga ikut merilis NFT pada 2022 lalu dengan bentuk gambar animasi seperti kelinci dan kucing yang memiliki pola desain khas Gucci.

Nona x Superlative Secret Society

Nona brand lokal rilis produk NFT
Brand lokal Nona rilis produk NFT (Nona / Suara)

Tidak kalah dengan brand fashion internasional, brand lokal asal Indonesia yang satu ini juga telah merilis NFT versi mereka sendiri, lho! Brand lokal tersebut adalah Nona, yang menjadi brand lokal fesyen wanita pertama di Indonesia yang mengintegrasikan NFT ke dalam produk fesyennya. Nona telah bekerjasama dengan Superlative Secret Society untuk membuat NFT mereka. Superlative Secret Society sendiri merupakan penyedia jasa untuk membentuk NFT.

Saat ini, Nona telah mengeluarkan NFT dalam bentuk pakaian digital berupa atasan jaket kemeja, celana cargo dan rok dengan bahan armani silk. Dimana, armani silk merupakan kain satin dengan pola yang lembut. Koleksi ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 24.000, cukup terjangkau bukan?

Kegunaan NFT dalam industri fashion 

Inovasi NFT dalam industri fasyen
Inovasi NFT dalam industri fashion (Gdsgroup / Gdsgroup)

Sebenarnya, apa saja manfaat dalam menggunakan NFT dalam dunia fesyen? Simak sebagai berikut!

NFT dapat menjadi alat pemasaran dan komunikasi yang interaktif dan imersif dengan visualisasi yang menarik. Token NFT juga memberikan kesan eksklusif kepada pemiliknya atas kepemilikan produk digital.

Tidak hanya memberikan manfaat pemasaran saja, NFT juga memberikan kesempatan untuk para kreator dan desainer untuk membangun karya dengan ide yang luar biasa untuk memperkenalkan karya digital mereka.

NFT juga memberikan kesempatan dan kebebasan untuk kreator dan desainer dalam membangun karya dengan ide yang luar biasa.

Potensi digital fashion di metaverse

Peluang industri fashion di metaverse
Industri fashion di metaverse (Ralph Lauren’s / Fortune)

Adanya inovasi teknologi metaverse memungkinkan kebebasan berkreasi dan bereksperimen bagi para fashion designer. Kebutuhan avatar sebagai wujud digital pengunjung di metaverse, dimana pakaian menjadi bagian dari representasi diri pengunjung. Berikut adalah beberapa potensi bagi industri fesyen yang ada metaverse:

  • Brand fashion dapat memperjual belikan pakaian virtual yang dapat di kenakan avatar. Mereka dapat menciptakan pakaian digital yang unik dan menarik untuk kebutuhan tampilan avatar.
  • Perusahaan fashion juga dapat mengadakan event virtual dengan biaya yang relatif lebih murah dengan jangkauan yang lebih luas. Event kolaborasi dengan metaverse dapat berupa peluncurkan koleksi baru dalam bentuk digital, maupun fashion show.
  • Desainer bisa mengenalkan koleksinya dengan meng-endorse publik figur atau influencer lewat penampilan avatar. Dengan gaya dan penampilan avatar yang berbeda dan unik diharapkan dapat menarik perhatian, sehingga mendorong pengikutnya untuk membeli koleksi yang sama.

Dengan berkembangnya teknologi metaverse menjadi tantangan dan peluang baru bagi desainer, brand, dan pengguna untuk terlibat langsung dalam dunia fesyen.

Penggunaan digital fashion di metaverse akan merevolusi proses pembuat produk baru di industri pakaian. Dengan adanya pakaian virtual sebagai model prototipe produk baru dan pemasaran, memungkinkan sebuah brand dapat melakukan evaluasi pada produknya sebelum masuk ke proses produksi.


Nah, berikut informasi mengenai implementasi dan penerapan NFT dalam dunia fesyen yang digunakan oleh brand ternama dunia. Kamu juga bisa membuat, menjual dan membeli karya seni digital dalam bentuk NFT di MetaNesia dengan beragam koleksi yang tersedia! Yuk, coba sekarang!

MetaNesia merupakan platform metaverse pertama di Indonesia yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman imersif layaknya dunia nyata. Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Bagi desainer atau brand fesyen Indonesia yang tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis!

Bagikan ini: