Mengetahui Lebih Lanjut Implementasi NFT dalam Industri Fashion
Beranda /
Blog /
Mengetahui Lebih Lanjut Implementasi NFT dalam Industri Fashion
5 Januari 2023

Mengetahui Lebih Lanjut Implementasi NFT dalam Industri Fashion

Popularitas NFT memungkinkan creator ataupun designer mendapatkan kebebasan, untuk mengubah karya mereka dalam bentuk digital. Hadirnya NFT juga memberikan manfaat pada berbagai industri kreatif, salah satunya yakni industri fesyen. Bahkan, banyak brand besar internasional dan lokal yang mulai menjual produk digital NFT-nya. Yuk, simak bagaimana implementasi NFT dalam industri fashion untuk beberapa karya mereka!

Selengkapnya tentang non fungible token

NFT adalah token terdesentralisasi berupa aset digital seperti gambar, video, real estate, karya seni, avatar dan pakaian digital.

Banyak brand fashion lokal maupun internasional yang mulai menjual produk digital NFT. Barang yang dijual seperti pakaian, aksesoris, avatar serta gambar. Kamu dapat memiliki produk NFT tersebut sebagai bentuk koleksi, investasi maupun digunakan untuk metaverse.

Penerapan NFT oleh  brand fashion 

Dengan adanya implementasi NFT oleh brand fashion, hal ini memberikan kesempatan industri fesyen memasuki dan memposisikan dalam area blockchain. Seperti yang kita ketahui, blockchain merupakan jaringan buku besar yang menyimpan informasi transaksi digital yang terdesentralisasi. Peran blockchain sendiri yakni mencatat transaksi digital untuk mata uang cryptocurrency. 

Asosiasi NFT ini juga memungkinkan brand untuk mengikuti perilaku konsumen dan tren yang terjadi. Di mana, hal ini memungkinkan konsumen untuk membeli koleksi aset digital dengan harga yang lebih terjangkau.

Baru-baru ini, banyak platform yang menawarkan penjualan NFT pakaian maupun aset digital dengan teknologi augmented reality (AR). Teknologi AR memungkinkan kamu untuk mencoba aset digital NFT yang dimiliki secara langsung, dengan bantuan kamera ponsel.

Bahkan kamu juga dapat mengunjungi toko virtual yang dirancang secara imersif dan interaktif untuk mencoba maupun membeli produk NFT mereka.

Implementasi lain yang dilakukan adalah personalisasi. Di mana kamu bisa membuat desain NFT sesuai keinginan.

Terdengar menarik bukan? Nah, mari kita simak brand apa saja yang telah menerapkan NFT terhadap produk mereka!

Brand fashion ternama yang menerapkan NFT 

Tidak hanya brand besar internasional saja yang telah menerapkan NFT, ternyata ada juga brand lokal yang telah menerapkan teknologi ini, berikut informasinya:

Prada Timecapsule #36

Prada NFT
Photo by: WWD

Pada pertengahan tahun 2022 lalu, Prada yang merupakan rumah mode asal Milan Italia telah merilis koleksi Timecapsule #36 NFT mereka. NFT ini dibentuk dalam bentuk gambar GIF pakaian digital berupa kemeja bewarna putih dan hitam yang memiliki nomor serial eksklusif di belakang pakaian tersebut. Tertarik membeli?

Balmain x Mattel

Rumah mode asal perancis yaitu Balmain juga telah bekerjasama dengan Mattel untuk membuat koleksi NFT mereka. Mattel sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi animasi terkenal Barbie. Dalam koleksi NFT mereka, kamu dapat membeli aset digital dalam bentuk avatar Barbie dan Ken yang menggunakan pakaian desainer Balmain, lho!

Louis Vuitton

Louis Vuitton NFT
Photo by: Highsnobiety

Konsep berbeda juga dilakukan oleh brand ternama Louis Vuitton. Mereka membentuk NFT berupa avatar bernama Viviene, yang bisa kamu mainkan pada permainan virtual reality mereka. Kamu dapat membeli 10 tipe avatar Vivienne dengan tampilan yang berbeda.

Gucci

Gucci NFT dalam Industri Fashion
Photo by: Highsnobiety

Brand fashion asal Italia yakni Gucci juga ikut merilis NFT pada 2022 lalu dalam bentuk gambar yang unik. NFT tersebut memiliki gambar animasi berbentuk kelinci dan kucing yang memiliki pola desain khas Gucci.

Nona x Superlative Secret Society

Nona NFT dalam industri fashion
Photo by: Suara

Tidak kalah dengan brand fashion internasional, brand lokal asal Indonesia yang satu ini juga telah merilis NFT versi mereka sendiri, lho! Brand lokal tersebut merupakan Nona. 

Nona telah bekerjasama dengan Superlative Secret Society untuk membuat NFT mereka. Superlative Secret Society sendiri merupakan penyedia jasa untuk membentuk NFT.

Saat ini, Nona telah mengeluarkan NFT dalam bentuk pakaian digital berupa atasan jaket kemeja, celana cargo dan rok dengan bahan armani silk. Di mana, armani silk merupakan kain satin dengan pola yang lembut. Koleksi ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Kegunaan NFT dalam industri fashion 

Sebenarnya, apa saja manfaat dalam menggunakan NFT dalam dunia fashion? Simak sebagai berikut:

  • NFT sebagai media pemasaran 

NFT juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran dan komunikasi yang interaktif dan imersif dengan visualisasi yang menarik untuk memperkenalkan karya digital mereka. 

  • Eksklusifitas aset digital

Tidak hanya media pemasaran dan komunikasi visual. Token NFT juga memberikan kesan eksklusif kepada pemiliknya atas kepemilikan produk digital saat membeli NFT dari brand favorite mereka.

  • Memberikan kebebasan berkarya 

NFT juga memberikan kesempatan dan kebebasan untuk kreator dan desainer dalam membangun karya dengan ide yang luar biasa.


Nah, berikut informasi mengenai implementasi dan penerapan NFT dalam industri fashion yang digunakan oleh brand ternama dunia. Kamu juga bisa membuat, menjual dan membeli karya seni digital dalam bentuk NFT di metaNesia dengan beragam koleksi yang tersedia! Yuk, coba sekarang!