Mengenal MetaNesia, Platform Metaverse Asal Indonesia

Mengenal MetaNesia, Platform Metaverse Asal Indonesia

metanesia, platform metaverse indonesia
Avatar MetaNesia (MetaNesia)

Metaverse semakin populer dalam komunitas teknologi beberapa tahun terakhir. Metaverse menggambarkan dunia virtual yang cukup besar di mana pengguna dapat berkomunikasi dalam suasana yang mirip dengan dunia nyata.

Dunia virtual metaverse menggabungkan bantuan teknologi seperti Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Dengan avatar yang berfungsi sebagai identitas mereka, pengguna hanya perlu masuk ke dalam metaverse dan tidak perlu bertemu dengan pengguna lain di lokasi fisik.

Frasa “metaverse” pertama kali digunakan dalam buku fiksi ilmiah Snow Crash oleh Neal Stephenson. Dalam buku tersebut, Neal membayangkan sebuah dunia di mana orang-orang dapat berinteraksi secara normal dalam sebuah avatar dan menjalani kehidupan normal. Istilah metaverse kembali populer ketika Mark Zuckerberg, CEO Facebook, memilih untuk mengganti nama bisnisnya menjadi Meta Platforms Inc., pada tahun 2021.

Indonesia telah mulai meluncurkan platform metaverse yang potensial, hal ini membuka pintu menuju masa depan teknologi yang luar biasa. Platform metaverse Indonesia akan diperkenalkan dalam artikel ini, bersama dengan bagaimana platform ini mengubah cara kita berinteraksi di dunia virtual.

Salah satu platform metaverse Indonesia

platform metaverse indonesia
Area Social Hub (MetaNesia)

Indonesia memiliki banyak potensi untuk menerima dan mengembangkan teknologi metaverse sebagai salah satu negara dengan populasi internet tertinggi di dunia. PT Telkom Indonesia, perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia telah memulai proses pengembangan dan membuka platform metaverse untuk umum, yaitu MetaNesia.

Metaverse merupakan ekosistem baru di Indonesia yang akan mempercepat digitalisasi di berbagai industri. Sejak awal, Telkom menyadari perlunya sebuah platform untuk mendukung metaverse Indonesia.

Melalui integrasi teknologi virtual reality dan augmented reality yang mutakhir, MetaNesia telah mendorong batas-batas dunia virtual. Pengguna dapat sepenuhnya memasuki lingkungan virtual yang indah berkat pengalaman yang lebih realistis dan nyata.

MetaNesia adalah sebuah dunia metaverse buatan Telkom yang menawarkan interaksi virtual dan pengalaman baru di dunia maya. Dunia virtual ini menghubungkan para penggunanya sesuai kebutuhan di berbagai ruang interaksi digital.

Dengan tujuan untuk membantu ekosistem metaverse di Indonesia, BUMN melalui Telkom melakukan langkah cerdas dengan menciptakan dunia metaverse ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan ekonomi digital baru dengan cara mempererat hubungan antara BUMN, swasta, dan UMKM yang hidup berdampingan dalam metaverse. Tujuan dari MetaNesia adalah untuk mengembangkan platform yang memungkinkan siapa saja untuk membangun apa saja di metaverse.

Apa keunggulan MetaNesia?

Game Arcade, salah satu area di platform metaverse indonesia MetaNesia
Game Arcade (MetaNesia)

Platform metaverse Indonesia pertama

Pada tahun 2022, MetaNesia meraih penghargaan “Pertama di Indonesia” berkat inovasi dalam menghadirkan dunia metaverse. Susilowati, CEO Media Infobrand Group, menyerahkan penghargaan tersebut. “MetaNesia adalah yang pertama di Indonesia yang menawarkan ekosistem metaverse sehingga bisa berjalan lebih dulu untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” tambahnya.

Infobrand memberikan penghargaan ini setelah melalui beberapa tahap penilaian hingga akhirnya memenangkan predikat tersebut. The First Aspect, tahapan penilaian yang pertama dengan memeriksa bahwa perusahaan benar-benar menciptakan inovasi atau program yang merupakan yang pertama di Indonesia.

Pemeriksaan kemudian beralih ke tahapan Evidence Aspect, seperti konfirmasi laporan berita dan realitas kegiatan, serta terobosan yang sedang berlangsung. Metode pemeriksaan terakhir adalah Validation Aspect, validasi langsung ke perusahaan dan secara online melalui media sosial.

Tidak perlu headset VR

Headset VR adalah perangkat yang masih belum umum digunakan karena harganya yang mahal dan hanya bekerja pada beberapa platform. Jika pengguna harus memakai headset VR untuk mengakses aplikasi metaverse, hal tersebut tidak diragukan lagi akan menjadi penghalang bagi mereka.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena MetaNesia dapat digunakan di perangkat PC, laptop, atau smartphone. Untuk menavigasi dan menjelajahi lingkungan virtual, kamu bisa menggunakan keyboard dan mouse, serta layar sentuh ponsel. Bidang penglihatan pada layar smartphone mungkin akan lebih terbatas, tetapi kamu masih dapat menjelajahi metaverse.

Market MetaNesia

Non Fungible Tokens (NFT) adalah jenis aset digital yang berbeda dan tidak dapat dipertukarkan. Tidak seperti mata uang kripto yang dapat ditukar seperti Bitcoin atau Ethereum, NFT memberikan identitas dan keaslian yang berbeda pada barang digital. NFT menawarkan bukti kepemilikan yang dapat diverifikasi dan ditransaksikan secara digital melalui penggunaan teknologi blockchain.

MetaNesia memiliki marketplace NFT yang bernama Market MetaNesia. Market MetaNesia membantu para seniman dan kolektor dalam membeli dan menjual karya seni digital. Pengguna tidak perlu mendaftarkan dompet metamask terlebih dahulu untuk membeli NFT dalam Rupiah berkat prosedur layanan pembelian sederhana dari marketplace ini.

Distribusi royalti dapat dimodifikasi untuk memenuhi permintaan kreator di bawah sistem royalti yang lebih fleksibel dan transparan. Pengguna juga dapat mengonversi dan menggunakan objek NFT yang mereka miliki saat ini. Manfaat lainnya adalah metaNesia mengimplementasikan prinsip Phygital (Physical & digital), yang memungkinkan konsumen untuk mengkonversi aset digital mereka menjadi barang berwujud yang didukung oleh Merchnesia.

Cara akses MetaNesia

VIrtual Rooms MetaNesia
VIrtual Rooms MetaNesia (MetaNesia)

Sebelum mengakses MetaNesia, kamu dapat mengunduhnya terlebih dahulu di perangkat PC, laptop atau ponsel. MetaNesia saat ini dapat diakses melalui aplikasi untuk perangkat Windows, Mac, dan Android, dan selanjutnya akan tersedia untuk iOS dan VR.

Kamu harus membuat akun, jika kamu belum memilikinya. Kamu memiliki opsi untuk menggunakan avatar yang dapat dimodifikasi sendiri. Setelah itu, kamu dapat langsung menjelajahi beberapa area yang tersedia seperti:

Virtual stage

Virtual stage atau MetaNesia stage adalah lokasi di mana orang-orang dapat berkomunikasi satu sama lain dan menyelenggarakan acara virtual. Lokasi ini sering kali memenuhi kebutuhan bisnis, merek, artis, dan influencer sehubungan dengan acara tertentu.

Area ini dapat berfungsi sebagai lokasi untuk berbagai macam acara, yang masing-masing dapat memiliki suasana yang berbeda tergantung pada preferensi klien. Area virtual stage memiliki berbagai macam lanskap, mulai dari ruangan dengan panggung di tengahnya hingga perbukitan dengan latar belakang matahari terbenam.

Virtual mall

Pengguna dapat merasakan berbelanja di dunia virtual yang baru di mall MetaNesia dengan membeli barang fisik dan digital. Pengguna juga dapat berkomunikasi langsung dengan para penyewa merek untuk mendapatkan bantuan informasi dan simulasi produk yang ingin mereka beli.

Mall MetaNesia dilengkapi dengan sejumlah fitur, mulai dari toko-toko hingga pusat layanan yang dijalankan oleh perusahaan mitra. Kamu memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan MetaNesia dengan membuka toko di area ini.

Selain dua area tersebut, terdapat beberapa area lain seperti showroom, arcade, hingga virtual office di dalam dunia metaverse MetaNesia. Kamu harus menjelajahinya sendiri dengan mulai mengunduh aplikasi MetaNesia.


Itu dia pemaparan mengenai MetaNesia sebagai salah satu platform metaverse Indonesia yang diciptakan oleh Telkom, perusahaan teknologi terkemuka. Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi mengenai teknologi lainnya.

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: