Program Virtual Tulsa Welding School, Hadirkan Pelatihan Pengelasan Profesional yang Canggih

Program Virtual Tulsa Welding School, Hadirkan Pelatihan Pengelasan Profesional yang Canggih

Tulsa Welding
Tulsa Welding School (Collection-Get Archive)

Dalam beberapa dekade terakhir, sektor pendidikan telah mengalami perubahan yang signifikan. Menyesuaikan kecepatan berkembang pesatnya teknologi digital, para pendidik telah meningkatkan metode pengajaran mereka, salah satunya dengan menerapkan program virtual reality di dalamnya.

Hal tersebut juga diterapkan oleh salah satu sekolah di Oklahoma, Amerika Serikat, melalui pembentukan program virtual Tulsa Welding School. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Tulsa Welding School 

Program virtual Tulsa Welding School Industri Teknik
Pembelajaran Teknik (Mikhail Nilov/Pexels)

Tulsa Welding School merupakan institusi sekolah privat yang menawarkan program belajar mengenai teknik industri secara fleksibel. Sekolah privat Tulsa Welding, menawarkan beberapa program pembelajaran seperti pelatihan HVAC (heating, ventilation, and air conditioning), teknik listrik dan pengelasan.

HVAC sendiri merupakan program pelatihan untuk membenahi sirkulasi udara pada suatu bangunan perumahan maupun komersial. Program teknik listrik sendiri, fokus terhadap pembenahan aliran listrik pada bangunan. Sedangkan yang akan dibahas lebih lanjut mengenai program virtual Tulsa Welding School, yakni pembelajaran teknik pengelasan profesional. 

Program pembelajaran teknik pengelasan yang dibentuk oleh sekolah Tulsa Welding, telah memanfaatkan peluang digitalisasi pada kurikulum mereka. Melalui hal tersebut, mereka membangun program pengelasan virtual reality yang diberi nama OcuWeld. Simak informasi lengkap terkait program pelatihan virtual reality OcuWeld di bawah ini!

Membuka peluang karir

tukang las
Tukang las (trapezemike/Pixabay)

Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang pengelasan sangatlah penting, agar dapat menciptakan komunikasi yang efektif dengan pemberi kerja dan rekan kerja di masa depan. Di Tulsa Welding School, para siswa diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang pengelas pforesional dan siap terjun ke dunia kerja.

Sekolah ini juga menawarkan kurikulum yang berfokus pada keterampilan praktis. Para siswa nantinya akan belajar menguasai teknik pengelasan yang umum digunakan, menggunakan peralatan dan mesin yang sesuai, serta memahami prosedur keamanan yang tepat. Program tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta pelatihan, terkait tugas dan tanggung jawab serta proses kerja yang diterapkan di dunia kerja.

Program virtual Tulsa Welding School  

OcuWeld 

Program virtual Tulsa Welding School OcuWeld
Program virtual Tulsa Welding School (OcuWeld)

Sebenarnya apa itu OcuWeld? OcuWeld merupakan program simulator pelatihan virtual pengelasan yang didukung dengan penggunaan perangkat VR, seperti Meta Quest 2. Program virtual yang khusus didistribusikan kepada siswa Tulsa Welding School ini dikembangkan oleh perusahaan ForgeFX Simulation. 

ForgeFX Simulation merupakan penyedia dan pengembang perangkat lunak untuk simulasi pelatihan yang berpengalaman sejak tahun 2020. Mereka bekerja sama dengan tukang las professional, dalam membangun program simulasi virtual yang canggih. 

Dalam menjalankan kurikulum virtualnya, Tulsa menyediakan instruktur dalam memulai metode belajar melalui OcuWeld. Para instruktur di sekolah juga menyatakan bahwa, OcuWeld dapat mengubah metode pembelajaran teknik pengelasan, di mana para siswa dapat terus belajar dari rumah dengan mudah.

OcuWeld memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan secara langsung di lingkungan virtual. Dengan adanya aplikasi imersif ini, keselamatan siswa dapat terjamin aman melalui akses mudah untuk dipelajari, sehingga mereka dapat melatih keterampilan secara mandiri.

Selain memberikan manfaat akademik, program pembelajaran menggunakan OcuWeld dapat memberikan efisiensi dan efektifitas belajar siswa. Pada kesempatan tersebut, siswa dapat mengakses OcuWeld di mana saja, kapan saja, dengan atau tanpa koneksi internet, lho! 

Kabar baiknya, aplikasi pelatihan virtual OcuWeld sepenuhnya terintegrasi dengan kurikulum StrataTech. StrataTech merupakan grup edukasi yang mengedepankan pembelajaran untuk pengembangan spesialisasi karir. Melalui hal tersebut, pastinya program OcuWeld disajikan dengan kurikulum dan sistem yang profesional.  

Sistem pelatihan VR sekolah Tulsa Welding

Pelatihan virtual
VR Training (Wikimedia Commons)

Untuk mengikuti program pelatihan ini, siswa Tulsa Welding School memerlukan waktu 30 minggu untuk menyelesaikan pembelajaran virtual. Para siswa tidak perlu khawatir, seperti yang disampaikan sebelumnya, program ini sangat fleksibel dan memungkinkan kamu untuk melakukannya dari mana saja melalui penyesuain jadwal kesibukanmu. 

Sistem pada program pelatihan virtual ini, dapat meningkatkan kemajuan para siswa untuk memahami materi secara lebih dalam dan praktik secara langsung. Hal tersebut, dapat meningkatkan ketertarikan mereka lebih dalam mengenai teknik pengelasan, meskipun menggunakan metode virtual reality

Metode pembelajaran dan kurikulum yang disusun sendiri juga terbilang sangat otentik, lho! Mereka menghadirkan sistem pengelasan dengan teknik maupun pola yang mudah pada umumnya hingga tingkat yang sulit. Kedua sistem mode tersebut, diciptakan untuk melatih memori fisik bagaimana cara melakukan pengelasan yang baik. 

Simulasi program virtual mencakup manfaat baik secara fungsional maupun secara konseptual, di mana prosedur dan tindakan dapat menjadi kebiasaan, sehingga pengguna dapat berlatih hingga mereka mahir melakukannya. Dalam program ini, keterampilan mereka dalam memegang alat pengelas, mengatur sudut, dan mengendalikan kecepatan pengelasan dilatih dengan bantuan simulasi VR yang realistis.

Memperluas lingkup pengalaman

pekerjaan tukang las
Pekerja pengelasan tukang las (Erdenebayar/Pixabay)

Saat ini, penggunaan teknologi VR telah berkembang pesat dan menawarkan berbagai manfaat, salah satunya pada industri pengelasan. Kehadiran program pelatihan VR Tulsa Welding School, dapat menjadi peluang bagi industri pengelasan untuk menciptakan pengalaman berbeda menggunakan perangkat VR.

Program ini memungkinkan siswa untuk melakukan pengelasan di lingkungan yang mewakili berbagai industri. Misalnya, mereka dapat berlatih mengelas di bengkel otomotif, kapal, atau pipa, atau bahkan di luar angkasa. Hal ini dapat membantu siswa memperluas pemahaman dan keterampilan mereka dalam berbagai konteks pengelasan.

Mengadakan sebuah pelatihan dengan menggunakan VR merupakan pilihan yang sangat tepat. Dengan VR, kita bisa merasakan pengalaman yang interaktif, terjaminnya keselamatan, meningkatkan pemahaman peserta, dan mampu melatih keterampilan dalam konteks yang realistis.


Berikut informasi mengenai program virtual yang dilakukan oleh sekolah Tulsa Welding dengan memanfaatkan teknologi virtual reality dalam metode pembelajaran teknik pengelasan profesional mereka. Jika ingin mengetahui informasi terkait penerapan teknologi virtual reality lainnya, yuk kunjungi blog MetaNesia!

MetaNesia adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan platform untuk memasuki dunia virtual metaverse. Apabila tertarik untuk menggunakan layanan virtual reality, augmented reality, dan metaverse, segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Tertarik untuk mencoba masuk ke dunia metaverse yang dibuat oleh MetaNesia? Unduh aplikasi MetaNesia di website kami sekarang juga!

Bagikan ini: