Teknologi Masa Depan, Akan Secanggih Apa?
Beranda /
Blog /
Teknologi Masa Depan, Akan Secanggih Apa?
6 December 2022

Teknologi Masa Depan, Akan Secanggih Apa?

Teknologi Canggih

Perkembangan teknologi hingga saat ini terus terjadi dan semakin menyentuh berbagai aspek kehidupan. Teknologi merupakan sesuatu yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Berbagai inovasi teknologi pun dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia sehari-hari.

Teknologi yang berpengaruh besar dalam kehidupan manusia terus berevolusi hingga kini mulai tercipta berbagai teknologi yang canggih. Teknologi canggih adalah hasil pemikiran manusia yang kemudian diciptakan melalui serangkaian proses yang tidak singkat. Oleh sebab itu, berbagai bentuk teknologi yang ada saat ini seringkali membuat manusia kagum karena kecanggihannya.

Teknologi Canggih Saat Ini

Dari banyaknya konsep teknologi canggih yang telah ramai dibicarakan masyarakat dunia, berikut adalah 3 teknologi canggih yang sudah digunakan saat ini:

1. Smartphone Layar Lipat

Smartphone Layar Lipat

Source: Bisnis.com

Perangkat ponsel pintar dengan bodi yang fleksibel dan dapat dilipat menjadi salah satu inovasi teknologi yang kian diminati banyak orang. Salah satu perusahaan teknologi terkemuka, yaitu Samsung, telah meluncurkan smartphone dengan inovasi layar yang dapat dilipat. Ponsel pintar dengan teknologi canggih ini pertama kali diperkenalkan di tahun 2019. 

Melihat minat masyarakat yang cukup tinggi terhadap smartphone lipat, tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya tren smartphone layar lipat akan dapat melampaui tren ponsel bodi tipis. Jenis ponsel layar penuh yang bisa dilipat seperti ini memberi kemudahan bagi para pengguna dalam menyimpan smartphone-nya.

2. Metaverse

Sejak bergantinya nama Facebook menjadi Meta, istilah metaverse pun mulai sering dibicarakan. Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan para pengguna dapat saling terhubung, berkomunikasi, bekerja, bermain, hingga bertransaksi layaknya di dunia nyata dalam bentuk avatar 3D. 

Untuk masuk ke dunia metaverse, diperlukan beberapa perangkat seperti laptop, headset VR, maupun kacamata AR. Platform metaverse asal Indonesia, metaNesia, menjadi contoh metaverse yang dapat dengan mudah di akses tanpa memerlukan headset maupun kacamata VR atau AR. Pengguna dapat merasakan pengalaman memasuki dunia virtual metaNesia dengan perangkat laptop serta smartphone yang dimiliki.

Baca juga: Asal Mula Metaverse dan Teknologinya Muncul di Dunia, Baca Selengkapnya di Sini!

3. Artificial Intelligence

Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah tidak lagi asing dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, penggunaan teknologi yang canggih seperti AI dapat dengan mudah kita temui pada berbagai perangkat yang kita miliki. 

Menurut The Oxford Dictionary, AI merupakan metode yang membuat komputer dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia seperti pengenalan suara, menerjemahkan bahasa, dan lainnya.

Contoh produk AI dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita gunakan adalah peta dan navigasi seperti Waze, pembayaran elektronik, Face ID, hingga voice assistant seperti Siri.

Konsep Teknologi Canggih Masa Depan

1. Self-driving Car

Self-driving Car

Source: Autonomous Vehicle International

Industri transportasi diperkirakan akan mengembangkan teknologi canggih pada kendaraan roda empat berupa fitur self-driving. Fitur ini memungkinkan kendaraan bisa bergerak tanpa harus dikemudikan oleh supir. 

Fitur self-driving dibantu dengan kamera sensor khusus yang dapat mendeteksi gerakan serta lingkungan di sekitar mobil. Gambar dari kamera tersebut kemudian diproses dengan AI untuk menentukan arah serta tujuan mobil yang dikendarai.

Kecanggihan komputer serta kecerdasan buatan membuat mobil dengan fitur self-driving dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Saat ini, salah satu perusahaan otomotif yaitu Tesla sudah memiliki fitur autopilot yang fungsinya mirip dengan fitur self-driving. Hanya saja, fitur autopilot yang saat ini dimiliki Tesla tidak membuat kendaraan sepenuhnya bisa bergerak tanpa supir.

Tidak menutup kemungkinan di masa mendatang kendaraan roda empat memiliki fitur self-driving sepenuhnya. Inovasi teknologi ini dapat mengubah gaya hidup masyarakat kota dengan meminimalkan waktu yang terbuang sia-sia karena terjebak macet.

2. Warp Drive

Warp drive menjadi salah satu teknologi yang diimpikan banyak orang untuk hadir di kehidupan kita. Konsep teknologi ini adalah perjalanan intergalaksi yang memungkinkan manusia untuk dapat menjelajah alam semesta secara cepat sehingga dapat mempersingkat ruang dan waktu. 

Teknologi yang canggih ini telah banyak digambarkan pada berbagai film. Dalam hitungan detik, manusia dapat berpindah ke ruang dan waktu yang berbeda.

3. Kereta Hyperloop

Hyperloop

Source: Kompas.com

CEO Tesla dan Space X yang juga merupakan founder dari The Boring Company, Elon Musk, pertama kali menyebut istilah hyperloop pada tahun 2012. Disebutkan bahwa konsep awal hyperloop ialah alat transportasi berbentuk kapsul yang bergerak secara elektromagnetis dalam kanal bertekanan udara rendah.

Elon Musk mendukung agar kota-kota besar dapat memiliki moda transportasi yang cepat, aman, serta mampu mengangkut banyak penumpang. Dengan hyperloop, diperkirakan 20-40 penumpang dapat diangkut dengan kecepatan 1.700 km/jam!

Baca Juga: Virtual Reality, Teknologi Canggih Masa Depan yang Mulai Ramai Digunakan

Itulah beberapa teknologi canggih yang sudah ada saat ini dan teknologi yang diharapkan akan terwujud di masa depan. Manakah teknologi masa depan yang paling Anda nanti? Kedepannya, perkembangan berbagai teknologi yang canggih ini diharapkan dapat membuat hidup manusia lebih mudah dan efisien.

Untuk membaca lebih banyak artikel terkait teknologi terkini, kunjungi situs metaNesia dengan klik di sini ya! Baca dan cari tahu seputar metaverse serta teknologi masa depan lainnya hanya di metanesia.id.