Teknologi Masa Depan, Akan Secanggih Apa?

Teknologi Masa Depan, Akan Secanggih Apa?

Teknologi Canggih

Computer Technology (Pixabay)

Di era internet dan globalisasi ini, perkembangan teknologi canggih hingga saat ini terus terjadi dan semakin menyentuh berbagai aspek kehidupan. Teknologi merupakan sesuatu yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Berbagai inovasi teknologi pun dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia sehari-hari.

Teknologi yang berpengaruh besar dalam kehidupan manusia terus berevolusi hingga kini mulai tercipta berbagai teknologi yang canggih. Teknologi canggih adalah hasil pemikiran manusia yang kemudian diciptakan melalui serangkaian proses yang tidak singkat. Oleh sebab itu, berbagai bentuk teknologi yang ada saat ini seringkali membuat manusia kagum karena kecanggihannya.

Teknologi canggih saat Ini

Dari banyaknya konsep teknologi canggih yang telah ramai dibicarakan masyarakat dunia, berikut adalah beberapa daftarnya yang sudah digunakan saat ini:

1. Smartphone layar lipat

Smartphone Layar Lipat

Samsung Galaxy Z Flip (Wikimedia Commons)

Perangkat ponsel pintar dengan bodi yang fleksibel dan dapat dilipat menjadi salah satu inovasi teknologi yang kian diminati banyak orang. Salah satu perusahaan teknologi terkemuka, yaitu Samsung, telah meluncurkan smartphone dengan inovasi layar yang dapat dilipat. Ponsel pintar ini pertama kali diperkenalkan di tahun 2019. 

Melihat minat masyarakat yang cukup tinggi terhadap smartphone lipat, tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya tren smartphone layar lipat akan dapat melampaui tren ponsel bodi tipis. Jenis ponsel layar penuh yang bisa dilipat seperti ini memberi kemudahan bagi para pengguna dalam menyimpan smartphone-nya.

2. Metaverse

VR Headset (Maxpixel)

Sejak bergantinya nama Facebook menjadi Meta, istilah metaverse pun mulai sering dibicarakan. Metaverse adalah dunia digital yang memungkinkan para pengguna dapat saling terhubung, berkomunikasi, bekerja, bermain, hingga bertransaksi layaknya di dunia nyata dalam bentuk avatar 3D. 

Kita dapat menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk berinteraksi dengan berbagai lanskap metaverse. Metaverse digambarkan sebagai internet yang menawarkan pengalaman yang lebih imersif menggunakan avatar dan alat digital yang mutakhir.

Untuk masuk ke dunia metaverse, diperlukan beberapa perangkat seperti laptop, headset VR, maupun kacamata AR. Platform metaverse asal Indonesia, MetaNesia, menjadi contoh metaverse yang dapat dengan mudah diakses tanpa memerlukan headset maupun kacamata VR atau AR. Pengguna dapat merasakan pengalaman memasuki metaverse metaNesia dengan perangkat laptop serta smartphone yang dimiliki.

3. Artificial Intelligence (AI)

Robot Artificial Intelligence (Pixabay)

Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah tidak lagi asing dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, penggunaan teknologi yang canggih seperti AI dapat dengan mudah kita temui pada berbagai perangkat yang kita miliki. 

Teknologi AI merupakan ilmu pengetahuan dan teknik rekayasa mesin cerdas yang menggunakan mekanisme untuk melaksanakan suatu tugas dengan menggunakan komputer. AI adalah teknologi yang memungkinkan robot, sistem komputer, dan mesin perangkat lunak untuk “berpikir” secara cerdas seperti manusia.

Manusia mengembangkan AI pada mesin dengan menggunakan strategi pemrograman yang kompleks. Contoh produk AI adalah peta dan navigasi seperti aplikasi Waze, pembayaran elektronik, Face ID, voice assistant seperti Siri, hingga robot Sophia yang viral beberapa tahun lalu.

4. Chatbot AI

Webpage ChatGPT (Pexels)

Chatbot AIadalah software yang memiliki kemampuan Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP) yang dapat memahami bahasa manusia yang diucapkan atau ditulis. Artinya, ketika sebuah pertanyaan diajukan, chatbot AI dapat memastikan tujuan pengguna dan memberikan respons terbaik yang dianggap paling dapat diterima.

Chatbot atau aplikasi penerima pesan ini adalah ilustrasi dari AI. Sistem akan menilai data dan informasi yang telah dikumpulkannya dan mencari tren yang sering muncul dalam obrolan sebelumnya. Data ini akan digunakan oleh chatbot AI untuk merespons pertanyaan pengguna.

Semakin banyak data yang dikumpulkan dan dievaluasi, kualitas respons chatbot akan meningkat. Semua software obrolan langsung pada akhirnya akan diminta untuk menawarkan kehadiran chatbot yang didukung oleh AI ini. Salah satu contoh chatbot yang populer belakangan ini adalah ChatGPT.

ChatGPT adalah chatbot canggih yang dapat berkomunikasi dan bereaksi dengan cara yang cukup mirip dengan ucapan manusia. Data informasi yang diberikan juga cukup akurat dengan instruksi yang diberikan oleh penggunanya.

Konsep teknologi canggih masa depan

1. Self-driving Car

Self-driving Car

Self-driving car (ndla/Anne Kristine von Hirsch)

Industri transportasi diperkirakan akan mengembangkan teknologi canggih pada kendaraan roda empat berupa fitur self-driving. Fitur ini memungkinkan kendaraan bisa bergerak tanpa harus dikemudikan oleh supir. 

Fitur self-driving dibantu dengan kamera sensor khusus yang dapat mendeteksi gerakan serta lingkungan di sekitar mobil. Gambar dari kamera tersebut kemudian diproses dengan AI untuk menentukan arah serta tujuan mobil yang dikendarai.

Kecanggihan komputer serta kecerdasan buatan membuat mobil dengan fitur self-driving dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Saat ini, salah satu perusahaan otomotif yaitu Tesla sudah memiliki fitur autopilot yang fungsinya mirip dengan fitur self-driving. Hanya saja, fitur autopilot yang saat ini dimiliki Tesla tidak membuat kendaraan sepenuhnya bisa bergerak tanpa supir.

Tidak menutup kemungkinan di masa mendatang kendaraan roda empat memiliki fitur self-driving sepenuhnya. Inovasi teknologi ini dapat mengubah gaya hidup masyarakat kota dengan meminimalkan waktu yang terbuang sia-sia karena terjebak macet.

2. Warp drive

Warp drive menjadi salah satu teknologi yang diimpikan banyak orang untuk hadir di kehidupan kita. Konsep teknologi ini adalah perjalanan intergalaksi yang memungkinkan manusia untuk dapat menjelajah alam semesta secara cepat sehingga dapat mempersingkat ruang dan waktu. 

Teknologi yang canggih ini telah banyak digambarkan pada berbagai film. Dalam hitungan detik, manusia dapat berpindah ke ruang dan waktu yang berbeda.

3. Kereta hyperloop

teknologi canggih yperloop

Hyperloop no tube (Wikimedia Commons)

CEO Tesla dan Space X yang juga merupakan founder dari The Boring Company, Elon Musk, pertama kali menyebut istilah hyperloop pada tahun 2012. Disebutkan bahwa konsep awal hyperloop ialah alat transportasi berbentuk kapsul yang bergerak secara elektromagnetis dalam kanal bertekanan udara rendah.

Elon Musk mendukung agar kota-kota besar dapat memiliki moda transportasi yang cepat, aman, serta mampu mengangkut banyak penumpang. Dengan hyperloop, diperkirakan 20-40 penumpang dapat diangkut dengan kecepatan 1.700 km/jam!


Itulah beberapa kemajuan teknologi yang sudah ada saat ini dan teknologi yang diharapkan akan terwujud di masa depan. Manakah teknologi masa depan yang paling kamu nanti? Ke depannya, perkembangan berbagai teknologi yang canggih ini diharapkan dapat membuat hidup manusia lebih mudah dan efisien.

Kalau mau tahu informasi terkait teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel menarik, terkait metaverse dan juga teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: