Deretan Teknologi Terbaru yang Tren di Tahun 2023
Beranda /
Blog /
Deretan Teknologi Terbaru yang Tren di Tahun 2023
13 December 2022

Deretan Teknologi Terbaru yang Tren di Tahun 2023

Tren Teknologi Terbaru

Setiap tahunnya, selalu muncul inovasi teknologi yang semakin membawa kemudahan bagi manusia, tidak terkecuali pada tahun 2022 ini. Meskipun belum digunakan secara masif, beragam teknologi terbaru menjadi tren yang ramai dibicarakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Tren teknologi terbaru yang naik daun di tahun ini tidak akan berhenti berinovasi di masa mendatang. Hal tersebut dikarenakan teknologi bersifat dinamis dan terus mengalami pembaharuan mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini 5 teknologi terbaru yang menjadi tren di tahun 2023:

Jaringan 5G

Setelah kehadiran jaringan 3G dan 4G, jaringan seluler 5G mulai muncul pada tahun 2020. Jaringan 5G memiliki kecepatan yang melebihi dua jaringan sebelumnya. Jaringan seluler tersebut juga dinilai memiliki kapasitas yang lebih besar dengan latency yang rendah. 

Disinyalir memiliki kecepatan internet yang mumpuni, beberapa negara pun sudah mulai terjangkau jaringan seluler 5G. Di Indonesia sendiri, jaringan 5G sudah mulai beroperasi secara komersial sejak pertengahan tahun 2021.

Termasuk salah satu tren teknologi terbaru, jaringan seluler 5G merupakan wujud percepatan transformasi digital. Jaringan 5G akan membuka potensi integrasi jaringan manusia dengan mesin (human-to-machine) dan jejaring komunikasi machine-to-machine, bukan lagi hanya untuk komunikasi antarmanusia (human-to-human) saja.

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Tren Teknologi Terbaru

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) termasuk teknologi yang akan tren di tahun 2023 nanti. VR seolah menenggelamkan pengguna ke dalam dunia virtual sementara AR memadukan elemen dunia nyata dengan elemen virtual.

Sejauh ini, teknologi VR dan AR berkaitan erat dengan industri hiburan seperti game dan filter di media sosial. Selain itu, VR dan AR juga memiliki potensi yang besar untuk masuk ke industri lainnya seperti industri kesehatan, olahraga, pendidikan, hingga industri pariwisata.

Baca juga: Teknologi Masa Depan, Akan Secanggih Apa?

Internet of Things (IoT)

Tren teknologi terbaru selanjutnya adalah Internet of Things (IoT). IoT adalah konsep yang membuat suatu objek dapat melakukan aktivitas tanpa bantuan dari manusia ataupun perangkat komputer. Teknologi ini membutuhkan tiga unsur dasar, yaitu AI (Artificial Intelligence), konektivitas, serta sensor.

IoT sebagai tren teknologi terbaru saat ini sudah banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai contoh, konsep IoT terdapat pada beberapa fitur smart home, di mana terdapat otomatisasi pada lampu, pintu, serta stop kontak.

Kendaraan Listrik

Tren Teknologi Terbaru

Fenomena global warming saat ini menyebabkan berbagai masalah lingkungan di bumi. Mulai dari efek rumah kaca hingga polusi dari kendaraan berbahan bakar minyak bumi menjadi penyebab terjadinya global warming

Konsep ramah lingkungan saat ini sudah mulai diterapkan oleh berbagai industri, salah satunya industri otomotif yang mengembangkan kendaraan bertenaga listrik. Kendaraan bertenaga listrik mulai diproduksi dan didistribusi secara bertahap sebagai upaya untuk mengurangi polusi.

Tren teknologi terbaru yang satu ini cukup menarik perhatian masyarakat luas. Antusiasme masyarakat terhadap mobil listrik pun menunjukkan kesadaran mereka terhadap lingkungan sekitar. Kendaraan listrik diharapkan menjadi peralihan dari kendaraan berbahan bakar minyak bumi untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil yang semakin lama dapat merusak lingkungan. 

Baca juga: Sampai Jumpa 2022, Inilah Prediksi Tren Metaverse di Tahun 2023!

Telecommuting

Sejak memasuki masa pandemi, sistem telecommuting marak digunakan dan menjadi salah satu tren teknologi terbaru. Telecommuting merupakan suatu sistem kerja yang mengedepankan fleksibilitas, di mana individu dapat menyelesaikan pekerjaan di luar kantor dengan melibatkan teknologi. 

Contoh implementasi telecommuting dapat dilihat saat individu bekerja dan belajar dari rumah, berbelanja secara online, atau menghadiri rapat dari manapun. Seluruh aktivitas tersebut dapat terlaksana dengan mudah berkat bantuan teknologi seperti aplikasi virtual meeting, aplikasi online banking, dan lain sebagainya.


Itulah sederet tren teknologi terbaru di tahun 2023. Dengan kemunculan berbagai inovasi teknologi, kita perlu memilah sisi positif maupun negatif dari kemajuan teknologi yang ada. Kita harus dapat mengoptimalkan bantuan teknologi yang ada untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan kita.

Tertarik dengan artikel di atas? Kunjungi metanesia.id untuk membaca lebih banyak artikel terkait teknologi terkini!