Mengenal Lebih Dekat: Acara Online

Mengenal Lebih Dekat: Acara Online

acara online selama pandemi
Acara online selama pandemi (Eventplanner / Eventplanner)

Sejak memasuki masa pandemi Covid-19, berbagai kegiatan berpindah haluan menjadi serba online. Beragam kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka terpaksa menjadi virtual melalui internet, demi menghindari kerumunan orang. Hal tersebut mendorong berbagai acara atau event yang diselenggarakan secara online.

Acara secara online atau yang sering disebut juga sebagai event virtual merupakan kegiatan yang melibatkan orang-orang untuk berinteraksi dalam waktu yang sama di lingkungan daring. Orang-orang yang mengikuti aktivitas online tidak bertemu secara fisik namun tetap bisa berinteraksi satu sama lain melalui platform virtual atau media sosial. Beberapa platform yang sering digunakan antara lain, zoom, google meet, skype, dan masih banyak lainya.

Dalam pelaksanaannya, ragam jenis event melalui media online tidak terbatas pada video, tetapi bisa juga dilakukan pada platform virtual khusus yang lebih interaktif dan imersif, seperti contohnya metaverse. Berbagai kebutuhan seperti rapat, peluncuran produk, workshop, kompetisi, webinar, pameran, hingga konser pun dapat dilakukan secara online.

Kelebihan acara online

aktivitas online mudah di akses
Kegiatan online mudah di akses (Teambuildinghub / Teambuildinghub)

Satu hal yang menonjol dari event yang dikemas secara online yaitu dapat mengurangi potensi adanya kerumunan orang di satu ruangan. Selain itu, dapat diakses di beberapa aplikasi atau platform media sosial secara live, seperti YouTube, Instagram, Zoom atau website yang sudah terintegrasi dalam waktu bersamaan. Namun, ada beberapa kelebihan lain yang secara spesifik akan menjadikan event online sebagai alternatif kegiatan yang menguntungkan, yaitu:

Ekonomis

Untuk mengadakan suatu event, biasanya diperlukan budget yang cukup besar untuk menyewa ruangan, sound system, video shooting, make up, wardrobe, panggung, katering, transportasi, serta segala persiapan pendukung yang berkaitan event.

Mengadakan event secara online atau virtual pun dapat menjadi solusi untuk memangkas biaya-biaya keperluan tersebut. Dengan begitu, faktor ekonomis penyelenggaraan secara online, bukan tidak mungkin jenis event demikian dapat diikuti pesertanya secara gratis.

Tanpa batasan waktu dan tempat

Banyak waktu yang dapat dihemat saat mengadakan kegiatan secara online. Mulai dari persiapan event, hingga waktu yang dibutuhkan untuk mobilitas peserta. Event secara online menawarkan efisiensi dan efektivitas lebih di banding event biasa. 

Penyelenggaraan kegiatan online, tidak mengenal batas waktu. Peserta dapat menghadiri kapan pun mereka mau tanpa melewatkan satu menit pun. Mereka bahkan dapat menonton ulang setiap momen dari rekaman yang tersedia di dalam aplikasi.

Tidak ada jarak dan batasan jumlah

Penyelenggaraan kegiatan online dapat mengelola audiens sebanyak apapun yang diinginkan selama berjam-jam. Melalui aplikasi yang terhubung jaringan internet, kegiatan online dapat menembus batasan jarak. Aktivitas ini memungkinkan para peserta untuk berinteraksi satu sama lain dari seluruh dunia, meskipun berada di tempat yang berjauhan.

seminar online selama pandemi
Seminar online selama pandemi (Ainsley Gill / Khs Mustang Monthly)

Tidak menurunkan kualitas event

Meski melalui media online, kualitasnya dapat sama dengan event offline. Hal ini dikarenakan penyelenggara dapat mengalokasikan budget yang lebih besar untuk meningkatkan kualitas materi dan pembicara.

Peningkatan isi materi yang diberikan hingga pembicara hebat yang diundang dapat mempertahankan kualitas event. Suasana event pun dapat dimeriahkan dengan pemberian door prize ataupun giveaway seperti saat event offline.

Agar kualitasnya tidak menurun, berbagai cara dapat disiapkan untuk tetap terhubung dengan peserta, salah satunya dengan sesi tanya jawab. Selama kegiatan berlangsung, penyelenggara harus bisa melibatkan peserta dalam interaksi yang bersifat dua arah.

Analisis dan feedback secara real-time

analisa data cepat dan akurat
Memudahkan proses analisa data (Venturebeat / Venturebeat)

Penyelenggaraan suatu event online dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan, terutama dari segi analisis kegiatan yang diselenggarakan. Akan jauh lebih memudahkan untuk melakukan analisa melalui fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi atau platform pendukung.

Penyelenggara akan mendapatkan analisis yang lebih mendalam mengenai jalannya event secara detail dan terukur. Keberadaan analisa akan sangat membantu untuk menjadi dokumentasi atau data sebagai evaluasi atas kegiatan tersebut.

Selain itu, feedback bagi peserta juga akan jauh lebih mudah dilakukan. Seseorang yang mengikuti cukup mengisi formulir untuk kemudian secara otomatis menjadi data yang akan dianalisa. Di akhir event, penyelenggara dapat mengirimkan semua detail kegiatan tersebut melalui email.

Ramah lingkungan

Pada event online, peserta maupun penyelenggara tidak harus hadir secara nyata di dalam suatu lokasi. Berbeda dengan event biasa yang sarat dengan dekorasi, properti cetak, seminar kit, konsumsi dan lain sebagainya. Setelah kegiatan berakhir, biasanya cenderung akan meninggalkan sampah atau terkadang secara tidak sengaja merusak tanaman yang ada di sekitar lokasi kegiatan.

Kegiatan online juga membantu mengurangi emisi gas karbon karena peserta tidak diharuskan melakukan perjalanan ke lokasi tertentu. Selain itu, dengan pengunaan sarana digital, dapat mengurangi penggunaan kertas karena tidak akan ada banyak dokumen yang digunakan.

Contoh acara online

Workshop online

Materi workshop yang singkat, padat, dan mudah dipahami oleh orang awam akan membuat workshop efektif meskipun diselenggarakan secara online. Peserta tentu tidak akan merasa jenuh jika isi materi dari workshop yang diikuti keren dan berkesan bagi mereka. Di bagian inilah pembicara mengambil peranan penting saat membawakan workshop.

Pada kegiatan workshop online, biasanya tampilan materi dapat dibuat lebih interaktif. Tersedianya fitur-fitur khusus pada web atau aplikasi yang digunakan dalam workshop, dapat membantu pembicara dalam menyampaikan materi. Dalam hal ini, tentu pembicara wajib menguasai cara kerja web atau aplikasi yang digunakan.

Konser online

Jenis kegiatan online yang bersifat menghibur seperti konser musik merupakan aktivitas yang diminati oleh banyak orang. Dampak dari adanya pandemi membuat konser offline tidak dapat diselenggarakan. Konser secara online melalui platform tertentu pun menjadi solusi agar audiens tetap bisa menikmati konser yang menghibur.

Konser online biasanya di lakukan melalui dunia virtual yang disebut metaverse. Salah satu platform metaverse di Indonesia yang sudah pernah membuat konser virtual adalah MetaNesia. Saat ini sudah ada 4 konser yang terlaksana di MetaNesia, mulai dari Pusakata, Vidi Aldiano, Konser Kemerdekaan yang melibatkan Trio Pria dan Risty Ariany, dan konser hasil kolaborasi MetaNesia dan Fruit Tea di event Fruit Tea World Festival 2022.

acara online berupa konser virtual
Konser online di MetaNesia (MetaNesia / MetaNesia)

Webinar

Kepanjangan webinar adalah web seminar atau kegiatan seminar yang dilakukan melalui web atau media online lainnya. Dengan bantuan jaringan internet, peserta dapat memperoleh manfaat webinar dengan mengikuti kegiatan ini dari manapun mereka berada dalam waktu bersamaan.

Meski dilakukan secara online melalui web atau aplikasi tertentu, interaksi dengan peserta lain maupun tanya jawab dengan pembicara webinar tetap dapat dilakukan. Dari manfaat webinar ini, banyak perusahaan bisnis menggunakannya untuk mengembangkan wawasan atau skill baru bagi pegawainya.

Secara garis besar terdapat dua jenis webinar, yaitu webinar berbayar dan webinar cuma-cuma atau gratis. Jenis webinar gratis menjadi salah satu aktivitas online yang banyak peminatnya. Tentu saja karena peserta dapat mendapatkan manfaat dari kegiatan ini secara gratis.

Bukan berarti jenis webinar berbayar tidak diminati, karena peserta harus membayar sejumlah biaya. Biasanya, jenis webinar berbayar akan menghadirkan pembicara-pembicara terkenal. Selain itu, mengikuti jenis webinar ini tetap akan jauh lebih murah dibandingkan dengan seminar biasa.

Kompetisi game online 

Contoh event yang bisa diselenggarakan secara online selanjutnya adalah kompetisi game. Jenis event online seperti ini cukup banyak diselenggarakan dan diminati karena peserta dapat menyalurkan hobi bermain gamenya.

Industri game dengan e-sport nya, tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan yang bergerak di bisnis developer game saja. Di sisi lain, pelaku atau lebih di kenal dengan istilah player, juga akan mendapatkan keuntungan finansial.

Bisnis e-sport telah berevolusi menjadi sebuah industri besar dengan adanya pertandingan berskala nasional maupun internasional. Dengan didukung sponsor dari perusahaan-perusahaan besar untuk event maupun tim yang mengikutinya, membuat industri e-sport semakin dilirik potensinya di masa mendatang.

Peluang event online di metaverse

bisnis online virtual tour
Virtual tour peluang bisnis baru (BIlicube / Vecteezy)

Perkembangan metaverse telah membuat revolusi baru ke dunia internet. Di mana setiap orang dapat berinteraksi dan bahkan menjalani kehidupan seperti di dunia nyata. Di dalam metaverse, pengunjung akan hadir dalam wujud avatar dengan berbagai fitur yang dapat disesuaikan keinginan penggunanya.

Berbeda dengan aplikasi atau platform media sosial biasa seperti zoom atau google meet, di dalam metaverse audiens benar-benar dihadirkan di dalam sebuah dunia virtual. Dalam perkembangannya, metaverse memberikan peluang baru bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang bisnis event.

Beberapa jenis bisnis yang dapat menjadi peluang bisnis baru bagi perusahaan-perusahaan di bidang event antara lain, virtual tour, virtual trade show, virtual job fair, virtual launch dan konser virtual.


Itulah beberapa manfaat dan contoh dari event virtual yang perlu kamu ketahui. Tentu dalam mengadakan suatu kegiatan perlu untuk selalu mempertimbangkan sisi baik dan buruknya. Kualitas serta kenyamanan peserta harus diutamakan, dan jangan lupa untuk selalu menyiapkan rencana cadangan apabila di pertengahan kegiatan mengalami hal-hal yang tidak terduga. 

Ingin menyelenggarakan webinar, workshop atau event online lainya pada teknologi imersif metaverse? Unduh aplikasi MetaNesia sekarang dan rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya!

Apabila tertarik untuk informasi lain atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis!

Bagikan ini: