Mengenal Lebih Dekat: Acara Online
Beranda /
Blog /
Mengenal Lebih Dekat: Acara Online
15 December 2022

Mengenal Lebih Dekat: Acara Online

Acara Online

Sejak memasuki masa pandemi, berbagai kegiatan berpindah haluan menjadi serba online. Beragam kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka terpaksa menjadi virtual demi menghindari kerumunan orang. Hal tersebut mendorong berbagai acara untuk dilakukan secara online.

Acara online atau yang sering disebut sebagai acara virtual merupakan kegiatan yang melibatkan orang-orang untuk berinteraksi dalam waktu yang sama di lingkungan daring. Orang-orang yang mengikuti acara online tidak bertemu secara fisik namun tetap bisa berinteraksi satu sama lain dengan bantuan platform virtual.

Dalam pelaksanaannya, acara online tidak terbatas pada video, tetapi bisa juga dilakukan pada platform virtual khusus yang lebih interaktif dan imersif, seperti contohnya metaverse. Berbagai kebutuhan seperti rapat, peluncuran produk, workshop, kompetisi, webinar, pameran, hingga konser pun dapat dilakukan secara online.

Manfaat Acara Online

Lower Cost

Untuk mengadakan suatu acara, biasanya diperlukan biaya yang cukup besar untuk menyewa ruangan, menyediakan konsumsi, transportasi, serta segala persiapan pendukung yang berkaitan dengan teknis acara. Mengadakan acara secara online atau virtual pun dapat menjadi solusi untuk memangkas biaya-biaya keperluan tersebut.

Baca juga: Metaverse metaNesia | Konser Virtual yang Lebih Imersif

Lebih Hemat Waktu

Banyak waktu yang dapat dihemat saat mengadakan event secara online. Mulai dari persiapan event hingga waktu yang dibutuhkan untuk mobilitas audiens, acara online menawarkan kemudahan yang lebih efisien. 

Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Acara yang diselenggarakan secara online dapat menjangkau lebih banyak audiens karena tidak adanya hambatan geografis untuk bisa hadir. Acara online dapat diakses banyak orang tanpa adanya batasan jarak, karena hanya membutuhkan perangkat dengan koneksi internet. 

Acara Online

Tidak Menurunkan Kualitas Acara

Acara online juga bisa memiliki kualitas yang sama dengan event offline. Hal ini dikarenakan penyelenggara dapat mengalokasikan budget yang lebih besar untuk meningkatkan kualitas materi dan pembicara.

Peningkatan isi materi yang diberikan hingga narasumber hebat yang diundang dapat mempertahankan kualitas acara. Suasana acara pun dapat dimeriahkan dengan pemberian doorprize ataupun giveaway seperti saat acara offline.

Agar kualitas acara tidak menurun, berbagai cara dapat disiapkan untuk tetap terhubung dengan audiens, salah satunya dengan sesi tanya jawab. Penyelenggara harus bisa melibatkan audiens dalam interaksi yang bersifat dua arah.

Baca juga: Ragam Penerapan Metaverse di Indonesia, Konser Virtual adalah Salah Satunya!

Contoh Acara Online

Workshop

Materi workshop yang singkat, padat, dan mudah dipahami oleh orang awam akan membuat workshop efektif meskipun diselenggarakan secara online. Audiens tentu tidak akan merasa jenuh jika isi materi dari workshop yang diikuti keren dan berkesan bagi mereka.

Konser Online

Acara yang menghibur seperti konser musik merupakan acara yang diminati oleh banyak orang. Dampak dari adanya pandemi membuat konser offline tidak dapat diselenggarakan. Konser secara online melalui platform tertentu pun menjadi solusi agar audiens tetap bisa menikmati konser yang menghibur.

Acara Online

Webinar

Seminar online atau yang kerap disebut dengan webinar merupakan seminar atau beragam presentasi berbasis internet. Peserta webinar dapat mengikuti acara ini dari manapun mereka berada dan dapat mengajukan pertanyaan maupun menjawab soal dari pembicara.

Kompetisi Game Online 

Contoh selanjutnya yang bisa diselenggarakan secara online adalah kompetisi game. Acara seperti ini cukup banyak diselenggarakan dan diminati karena peserta dapat menyalurkan hobi bermain game sambil menghasilkan uang jika memenangkan kompetisi.

Baca juga: Metaverse: Teknologi Baru yang Terus Bertumbuh


Itulah beberapa manfaat dan contoh dari acara virtual yang perlu Anda ketahui ketika ingin mengadakan suatu acara. Tentu dalam mengadakan suatu acara perlu untuk selalu mempertimbangkan sisi baik dan buruknya. Kualitas serta kenyamanan para audiens harus diutamakan dan jangan lupa untuk selalu menyiapkan rencana cadangan apabila di pertengahan acara mengalami hal-hal yang tidak terduga. 

Ingin menyelenggarakan acara online pada teknologi imersif metaverse? Download metaNesia sekarang dan rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya!