Apa saja Aktivitas di Metaverse yang Bisa Dilakukan?

Apa saja Aktivitas di Metaverse yang Bisa Dilakukan?

Dunia virtual metaverse 

Metaverse adalah dunia virtual yang tak terbatas, di mana kamu dapat melakukan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Teknologi metaverse yang diumumkan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2021 lalu, memunculkan banyak inovasi menarik dan canggih yang bisa kamu coba didalamnya. Hadir dengan perpaduan teknologi virtual reality serta augmented reality

Implementasi inovasi canggih melalui teknologi virtual metaverse tersebut akan membawamu masuk dan beraktivitas layaknya di dunia nyata, lho! Berikut informasi aktivitas yang bisa kamu lakukan di dunia virtual metaverse!

Aktivitas di dunia nyata yang bisa dilakukan di metaverse 

Bekerja 

Aktivitas bekerja di metaverse
Bekerja di metaverse (Meta)

Bagi kamu para pekerja work from home, metaverse merupakan platform yang cocok untuk melakukan aktivitas pekerjaan. Dengan adanya kantor virtual di metaverse, kamu bisa melakukan aktivitas seperti melakukan pertemuan virtual, bersosialisasi dengan rekan kerja dan melakukan presentasi.

Melalui teknologi imersif berbasis virtual and augmented reality ini, kamu dapat dapat bekerja dari rumah layaknya berada di kantor, lho! Berikut daftar kantor virtual dunia metaverse yang bisa kamu coba untuk mendukung aktivitas pekerjaanmu yakni: 

  • Meta Horizon Workrooms 
  • Microsoft Mesh 
  • Zigbang 
  • metaNesia

Metaverse tidak hanya memberikan kemudahan bagi kamu pekerja work from home dengan sistem kantoran. Dengan teknologi metaverse, kamu juga bisa melakukan pelatihan kerja secara teknikal yang perlu dibentuk menyesuaikan prosedur pelatihan kerja. Oleh karena itu, perusahaan dapat menciptakan teknik pelatihan kerja yang aman, efisien dan efektif.  

Menonton konser virtual 

Konser musisi di metaverse
Nonton konser di metaverse (metaNesia)

Selain melakukan aktivitas bekerja di metaverse, kamu juga bisa menonton konser virtual musisi favoritmu. Konser virtual yang digelar pada platform metaverse semakin populer karena tidak terikat oleh keterbatasan fisik.

Kerennya lagi, kamu tidak perlu keluar rumah untuk melihat konser, lho! Yang kamu butuhkan hanyalah perangkat pendukung seperti PC, tablet atau laptop untuk menonton konser virtual dari rumah. 

Pertunjukan konser virtual yang dihadirkan pastinya memiliki fitur canggih dengan konsep yang unik dan out of the box. Beberapa fitur yang diproyeksikan dalam sebuah konser virtual yakni desain panggung imersif, tampilan avatar musisi favoritmu, fitur kustom avatar, pop-up interaksi penggemar, dsb. Bagaimana, siap untuk bernyanyi dengan musisi favoritmu?

Bersosialisasi 

Aktivitas bersosialisasi
Bersosialisasi di metavserse (NHK World/Yanaka Marie)

Platform metaverse sangat identik dengan penggunaan avatar yang disesuaikan dengan kustomisasi karaktermu. Melalui penggunaan avatar ini, kamu bisa melakukan aktivitas bersosialisasi dengan pengguna lainnya di metaverse.

Kamu bisa menyapa, berinteraksi, mengobrol dan melakukan aktivitas bersama dengan fitur pop-up audio, chat maupun reaksi yang disediakan di metaverse untuk avatar-mu. Seiring dengan perkembangan teknologi metaverse, platform ini bisa menjadi media sosial yang lebih imersif dan interaktif.

Bermain  

Bermain game di metaverse
Vr Headset Woman Reality Metaverse Man Virtual

Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni bermain games di metaverse. Dunia virtual memang sangat identik dengan permainan, sehingga kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain olahraga tenis, lomba lari, bermain bola, dan permainan kustom lainnya yang disediakan.

Karaoke 

Karaoke di metaverse (XRSPACE)
Karaoke di metaverse (XRSPACE)

Aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan dengan kerabat atau teman yakni bernyanyi atau karaoke bersama di metaverse. Kamu bisa menyanyikan lagu favoritmu dengan lirik teks yang akan muncul seperti melakukan karaoke di dunia nyata.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa bernyanyi dan menari yang terintegrasi dengan avatar di dunia virtual metaverse, lho! Sangat seru untuk dicoba bukan?

Jalan-jalan di ruang virtual

Dunia metaverse
Jalan-jalan di metaverse (VentureBeat)

Melihat-lihat dunia virtual metaverse juga menjadi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menikmati dunia virtual 3D dengan gerakan 360 derajat yang imersif saat menikmatinya.  

Selain jalan-jalan di metaverse, kamu juga bisa melihat karya seni unik di ruang virtual exhibition maupun ruang virtual showroom seperti pameran mobil, pameran peralatan rumah, pameran pakaian, dsb.

Berbelanja  

aktivitas berbelanja di metaverse
Shopping di metaverse (Vecteezy)

Selain melihat-lihat pameran di virtual showroom, kamu juga bisa berbelanja di ruang virtual metaverse, lho! Sebelum berbelanja, kamu juga bisa melakukan konsultasi atau menanyakan tentang perincian barang melalui virtual assistant di platform metaverse. Dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu bingung untuk membeli barang di metaverse ya!

Berinvestasi  

Investasi kripto di metaverse
Bitcoin Money Digital Cryptocurrency Electronic

Selain berbelanja, kamu juga bisa melakukan aktivitas investasi di metaverse. Aktivitas ini didukung oleh jaringan teknologi yang disebut blockchain. Pada dunia metaverse, kamu bisa berinvestasi dalam bentuk NFT atau Non Fungible Token dengan mata uang kripto.

Membangun dunia virtual sendiri  

platform roblox
Roblox (Roblox)

Selain melakukan aktivitas yang telah disediakan di metaverse, kamu juga bisa membuat aktivitas dan membangun dunia virtual versi kamu sendiri, lho! Tentunya, kamu perlu platform pendukung untuk membuat dunia virtual tersebut. Kamu bisa menggunakan platform Roblox maupun The Sandbox untuk membuat dunia virtual yang bisa dimainkan orang lain juga untuk melakukan aktivitas seru di dalamnya.

Bersekolah 

belajar di metaverse
Belajar di metaverse (Bitcoin News/Sergio Goshcenko)

Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni bersekolah di dunia metaverse. Teknologi virtual metaverse dapat mengubah metode belajar menjadi lebih interaktif dan imersif yang dapat membantu para guru untuk memberikan materi yang beragam. Tidak hanya terbatas dengan buku dan video saja, bersekolah di metaverse menyajikan gamifikasi yang menarik dan edukatif untuk belajar, lho!  

Selain beberapa aktivitas di atas, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti berjualan, menonton film, upacara, gathering, melakukan konsultasi kesehatan dan terapi, dsb. Bagaimana tertarik memasuki dunia metaverse? 

Perangkat untuk masuk ke dunia metaverse

Untuk masuk ke dunia metaverse melalui sebuah platform, kamu bisa saja masuk tanpa menggunakan perangkat virtual reality (VR) headset. Agar mendapatkan pengalaman yang lebih realistis, kamu bisa masuk dan melakukan aktivitas di metaverse dengan menggunakan beberapa kacamata VR di bawah ini: 

  • Headset VR Oculus Quest 2
  • Headset VR HTC VIVE 
  • PlayStation VR Headset
  • Oculus Rift 
  • HP Reverb G2 
  • Kacamata VR Valve Index 
  • Microsoft HoloLens 2

Berikut informasi mengenai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di dunia virtual reality metaverse

Hal ini adalah bentuk inovasi yang unik dan imersif dalam menjangkau pengguna yang lebih luas untuk beraktivitas di dalamnya. Tidak hanya menghadirkan pengalaman yang berbeda, hal ini dapat memperkenalkan kecanggihan teknologi metaverse dari berbagai industri. 

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: