Layanan Virtual Office di Indonesia | Penjelasan dan Penggunaannya

Layanan Virtual Office di Indonesia | Penjelasan dan Penggunaannya

Makin terbatasnya lahan, berakibat pada terus melambungnya harga sepetak tanah untuk sebuah perkantoran. Permasalah ini juga menjadi perhatian pelaku bisnis di Indonesia, karena pengaruhnya yang besar terhadap biaya operasional perusahaan. Meski demikian, dengan munculnya layanan virtual office di Indonesia, dapat menjadi alternatif solusi dengan segudang potensi yang ada di dalamnya.

Namun, apa sebenarnya virtual office? Bagaimana potensinya untuk masa depan bisnis di indonesia? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu virtual office?

Fleksibilitas dengan virtual office
Efektifitas dan efisiensi virtual office (Forbes / Forbes)

Virtual office adalah kantor yang dijalankan tanpa ada bentuk fisiknya. Aktifitas kantor virtual memungkinkan karyawan dan pemilik bisnis untuk bekerja sama dari tempat berbeda di waktu bersamaan. Penggunaan virtual office berupa kantor virtual, alamat bisnis, nomor telepon korespondensi, penerimaan paket, email, layanan administrasi, dan masih banyak lainya.

Tren virtual office menjadi solusi tepat bagi perusahaan yang ingin menghemat biaya sewa kantor maupun operasional hingga 90% dibandingkan dengan cara kantor konvensional. Kepemilikan virtual office dapat memberikan wujud kantor yang elegan didukung dengan alamat domisili yang sah dan bergengsi untuk meningkatkan citra perusahaan.

Virtual office berbasis metaverse

Meeting di virtual office berbasis metaverse
Meeting di virtual office berbasis metaverse (Skarredghost Skarredghost)

Perkembangan tren layanan virtual office di Indonesia saat ini mengalami kemajuan pesat. Inovasi virtual office memasuki babak baru dengan mengembangkan virtual office berbasis metaverse. Layanan virtual office berbasis metaverse mengacu pada konsep teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Teknologi VR dan AR berfungsi untuk menciptakan lingkungan kerja online yang menyerupai dunia nyata. Dalam office metaverse, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain maupun dengan elemen virtual di sekitar mereka, seperti ruangan, meja kerja, presentasi, dan lain-lain.

Keuntungan layanan virtual office

Perkembangan virtual office di Indonesia
Virtual office memudahkan kerja (88office / 88office)

Pemanfaatan virtual office dalam sebuah perusahaan dapat memberikan pengalaman kerja yang menarik, imersif, sekaligus efektif dan efisien. Berikut beberapa keuntungan penggunaan virtual office:

  1. Efisiensi biaya operasional. Alasan utama penggunaan virtual office adalah untuk menghemat biaya sewa, pemeliharaan gedung, kebersihan, dan kebutuhan gedung lainya. Selain itu, biaya operasional seperti tagihan listrik, air, serta uang keamanan juga dapat dipangkas. Dengan penghematan biaya operasional, budget kantor dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain seperti pengembangan sumber daya manusia atau pemeliharaan teknologi perusahaan.
  2. Fleksibilitas waktu. Jalanan macet menjadi salah satu momok bagi karyawan. Dengan virtual office, karyawan dapat bekerja lebih fleksibel dari mana saja. Semua pekerjaan termasuk meeting,tetap dapat terselesaikan dengan efisien.Fleksibilitas waktu yang lebih besar memberikan kesempatan untuk mengatur jadwal kerja yang sesuai dengan kebutuhan, tanpa terikat oleh jam kerja konvensional. Hal ini memungkinkan karyawan untuk mencapai keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional.
  3. Fleksibilitas infrastruktur. Meskipun tidak memiliki kantor fisik, sebagian besar penyedia layanan kantor virtual menyediakan ruang pertemuan, ruang konferensi, dan fasilitas lainnya. Penentuan fasilitas infrastruktur ini biasanya terkait dengan keperluan mengadakan pertemuan dengan klien atau tim.Pemilik virtual office dapat memesan ruang sesuai kebutuhan, yang memungkinkan untuk menghindari biaya tetap sewa ruang pertemuan. Kelengkapan fitur lain yang terkait dengan kebutuhan infrastruktur adalah merubah setting ruangan sesuai kebutuhan.
  4. Meningkatkan brand perusahaan. Penggunaan virtual office juga bisa meningkatkan citra perusahaan. Penyedia layanan virtual office biasanya menawarkan alamat kantor yang terkenal sebagai pusat bisnis, seperti misalnya di Jakarta daerah Sudirman, Kuningan, Menteng, dsb.Tentu hal ini dapat meningkatkan brand perusahaan karena memiliki kantor di tempat ternama.
  5. Mendukung kebutuhan administratif. Dalam beberapa paket layanan virtual office, perusahaan akan mendapatkan dukungan administratif tambahan, seperti layanan pengelolaan surat, pengarsipan, penjadwalan pertemuan, dan layanan dukungan telepon. Ini dapat membantu mengurangi beban administratif dan memungkinkan perusahaan berfokus pada operasional terkait bisnis yang dijalankan.

Contoh penggunaan virtual office berbasis metaverse

Meta

Horizon Workrooms virtual office
Horizon Workrooms virtual office (Uploadvr / Uploadvr)

Meta (sebelumnya Facebook), telah menyatakan minatnya dalam membangun metaverse. Mereka telah mengumumkan rencana untuk menciptakan ruang kerja virtual di metaverse, di mana karyawan dapat bekerja dan berkolaborasi dalam lingkungan virtual.

Horizon Workrooms adalah lingkungan kantor dan ruang rapat Meta, yang dirancang sebagai langkah pertama untuk membangun “metaverse perusahaan” sebagai tempat sebuah tim dapat berkolaborasi dan bekerja sama dalam lingkungan virtual reality (VR) yang imersif.

Microsoft

Microsoft Mesh virtual office
Virtual office Microsoft Mesh (Microsoft / Microsoft)

Microsoft juga telah mengekspresikan minat dalam pengembangan metaverse. Perusahaan ini telah mengumumkan proyek “Microsoft Mesh” yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman kolaboratif dan interaktif di metaverse. Mungkin mereka juga akan mengintegrasikan konsep virtual office dalam eksplorasi mereka.

Spatial

Spatial virtual office
Spatial virtual office (Wired / Wired)

Merupakan perusahaan yang mengembangkan platform Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) untuk kolaborasi jarak jauh. Mereka memungkinkan pengguna untuk bertemu dan berinteraksi dalam lingkungan virtual yang menyerupai ruang kantor fisik. Meskipun bukan secara langsung terkait dengan metaverse, konsep virtual office mereka memiliki kesamaan dengan pengalaman yang mungkin dapat ditemukan di metaverse.

CRMS

Virtual office di Indonesia milik CRMS
Layanan virtual office di Indonesia milik CRMS (CRMS Indonesia / crmsindonesia)

CRMS (Center for Risk Management Studies) Indonesia adalah institusi pelatihan dan edukasi manajemen risiko di Indonesia. CRMS adalah institusi pelatihan resmi manajemen risiko untuk ISO31000 di Indonesia. Sejak 4 Mei 2023, CRMS memiliki virtual office berkat kerja samanya dengan salah satu platform layanan virtual office di indonesia, yaitu MetaNesia. Virtual office tersebut berfungsi sebagai ruang pelatihan dan pengajaran online bagi para pegawai dan klien CRMS.

Fitur layanan virtual office berbasis metaverse

Avatar

Avatar di virtual office metaverse
Avatar di virtual office metaverse (RCTI / rctiplus)

Dalam metaverse, pengguna akan diwakili oleh avatar digital yang dapat dipersonalisasikan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memiliki avatar yang merepresentasikan diri mereka dalam lingkungan virtual. Di dalam virtual office, avatar dapat digunakan untuk berinteraksi dengan rekan kerja dan melakukan kolaborasi.

Ruang kerja virtual

Meeting room CRMS
Meeting room virtual office (CRMS Indoenesia/ crmsindonesia)

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memiliki ruang kerja virtual yang dapat disesuaikan sesuai preferensi dan kebutuhan mereka. Pengguna dapat mengatur furnitur, tata letak ruangan, dan elemen-elemen lainnya untuk menciptakan pengalaman kerja yang sesuai.

Dalam pengelolaan rungan virtual office, paket layanan dapat berupa lobby kantor, ruang kerja, meeting room, dan berbagai kebutuhan ruang lainya.

Komunikasi video dan suara

Fitur video dan audio
Fitur video dan audio di virtual office (Inet.detik / Inet.detik)

Virtual office berbasis metaverse dapat menyediakan fitur komunikasi suara dan video yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara real-time dengan rekan kerja. Ini mencakup panggilan suara, konferensi video, chat, dan fitur kolaborasi lainnya yang memfasilitasi diskusi dan pertemuan virtual.

Penyedia layanan virtual office di Indonesia

MetaNesi metaverse pertama di indonesia
Penyedia layanan virtual office di Indonesia (MetaNesia / MetaNesia)

Layanan Virtual Office secara umum bisa diartikan sebagai layanan untuk menjalankan sebuah perusahaan dalam wujud kantor non fisik, guna mendukung kebutuhan bisnis yang sedang dijalankan.Salah satu platform layanan virtual office di Indonesia adalah MetaNesia.

MetaNesia merupakan sebuah platform interaksi virtual sebagai media experience baru, di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Layaknya dunia sungguhan, MetaNesia memiliki beragam environment yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dalam perkembangan trend teknologi saat ini, makin banyak penyedia layanan virtual office di Indonesia yang menawarkan berbagai paket layanan. Perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan bisnisnya dengan virtual office perlu lebih cermat serta teliti dalam menentukan pilihan. Perusahaan perlu memastikan kualitas penyedia layanan virtual office yang dipilih.

Sejauh ini MetaNesia telah berkolaborasi dengan berbagai perusahan ternama, seperti Perhutani, PT Honda Prospect Motor, Pertamina Hulu Rokan, CRMS, dan masih banyak lainya. Hadirnya penyedia virtual office di Indonesia diharapkan mampu mendorong digitalisasi bisnis, sehingga dapat membantu sebuah perusahaan menghadapi pasar di masa depan.


MetaNesia hadir sebagai platform metaverse pertama di Indonesia telah menciptakan interaksi virtual serta pengalaman imersif layaknya dunia nyata. Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya!

Bagi pelaku bisnis yang tertarik mengembangkan virtual office atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis.

Bagikan ini: