MetaNesia: Menghubungkan Masa Depan dengan Dunia Virtual

MetaNesia: Menghubungkan Masa Depan dengan Dunia Virtual

pembuatan dunia metaverse
Platform Metaverse Indonesia (MetaNesia)

Teknologi yang baru-baru ini dikembangkan dan sedang hangat dibicarakan adalah metaverse. Dalam buku fiksi ilmiah Snow Crash oleh Neal Stephenson, frasa “metaverse” pertama kali digunakan. Neal membayangkan sebuah dunia di mana orang-orang dapat berinteraksi melalui avatar dan menjalani kehidupan normal seperti di dunia nyata.

Pada akhir tahun 2021, ketika Mark Zuckerberg, CEO Facebook, memilih untuk mengganti nama bisnisnya menjadi Meta Platforms Inc., kata “metaverse” kembali populer. Pengguna dapat “hidup” di dunia virtual metaverse, yang menggabungkan berbagai komponen teknis termasuk Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Pengguna tidak perlu berada di lokasi fisik untuk berinteraksi dengan pengguna lain, mereka hanya perlu masuk ke metaverse dengan menggunakan alat seperti headset VR.

Platform metaverse paling terkenal: Decentraland

Decentraland adalah salah satu metaverse yang paling terkenal. Dunia virtual ini dibuat oleh Estaban Ordano dan Ari Meilich dan merupakan pasar digital dengan barang, real estat, dan aset lainnya. Pengguna dapat terlibat dan bermain game di dalamnya, serta membeli non-fungible token (NFT) dan real estat virtual.

Lingkungan virtual Decentraland memanfaatkan teknologi blockchain Ethereum. Kamu dapat bergabung dengan Decentraland, membuat avatar, lalu mulai menjelajah, membeli tanah, dan membangun berbagai macam fasilitas, seperti taman bermain, teater virtual, dan galeri seni layaknya di dunia nyata.

Di Indonesia, terdapat platform metaverse yaitu MetaNesia. MetaNesia telah muncul sebagai platform yang dapat menciptakan dunia metaverse yang menarik dan inovatif. Artikel ini akan menjelaskan mengapa MetaNesia dapat dijadikan pilihan untuk membangun dunia metaverse yang menakjubkan.

MetaNesia, platform metaverse pertama dari Indonesia

Metanesia, platform pembuatan dunia metaverse
MetaNesia

Pengguna dapat berkomunikasi, berkolaborasi, dan berkreasi dalam lingkungan digital di platform interaksi virtual MetaNesia sebagai bagian dari pengalaman media baru. MetaNesia memiliki berbagai lingkungan yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti halnya dunia nyata.

MetaNesia mendapatkan penghargaan sebagai platform ekosistem metaverse “Pertama di Indonesia”. Penghargaan ini diberikan oleh Infobrand dan Tras n Co Indonesia dalam acara Info Brands Award pada tahun 2022.

Telkom Indonesia menciptakan ekosistem digital ini untuk mendorong digitalisasi dan memperkuat langkah Indonesia masuk ke metaverse. MetaNesia dibuat untuk mendukung UMKM dan memajukan perekonomian. Telkom yakin bahwa MetaNesia dapat berkembang menjadi metaverse yang bermanfaat berkat infrastruktur dan teknologi yang dimilikinya.

Keunggulan MetaNesia

Virtual Rooms MetaNesia
Virtual Rooms (MetaNesia)

Kamu dapat mengunduh MetaNesia ke komputer, laptop, atau smartphone sebelum mengaksesnya. Aplikasi MetaNesia saat ini hanya tersedia untuk perangkat Windows, Mac, Android, dan ke depannya akan tersedia untuk iOS dan VR.

Jika kamu belum memiliki akun, kamu harus membuatnya. Kamu memiliki pilihan untuk menggunakan avatar disesuaikan sendiri. Keunggulan MetaNesia dibanding ekosistem metaverse lain adalah sebagai berikut:

Pilihan virtual rooms

Saat pertama kali masuk ke metaverse MetaNesia, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan ruangan virtual yang menarik. Setiap ruangan merupakan representasi dari lingkungan digital yang unik dan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Kamu dapat memilih untuk menjelajahi ruangan apa saja sesuai dengan preferensi dan minatmu, karena setiap ruangan menawarkan pengalaman yang luar biasa.

MetaNesia mall

MetaNesia Mall
MetaNesia Mall (MetaNesia)

Dengan membeli barang fisik dan digital, pengguna dapat merasakan pengalaman berbelanja di lingkungan virtual MetaNesia mall. Untuk mendapatkan informasi dan simulasi produk yang ingin dibeli, pengguna dapat berinteraksi dengan layanan pelanggan melalui bagian FAQ dari tenant. Di sana juga terdapat galeri produk yang akan menyertakan deskripsi serta situs web produk.

Mal MetaNesia memiliki berbagai fasilitas, mulai dari toko hingga pusat layanan yang dikelola oleh perusahaan mitra. Kamu memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan MetaNesia dengan membuka toko di sini.

Virtual stage

Di dunia virtual MetaNesia, virtual stage adalah sebuah lokasi yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan acara virtual. Di dalamnya, para pengguna dapat berinteraksi satu sama lain melalui avatar.

Virtual stage MetaNesia yang berbasis aplikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Di sini kamu dapat menyelenggarakan berbagai macam acara termasuk webinar, podcast, dan pengenalan produk baru.

Virtual Stage MetaNesia merupakan tempat yang dapat digunakan untuk berbagai macam acara, seperti siaran live streaming dengan berbagai macam pengaturan tempat sesuai keinginan klien. Di virtual stage ini banyak latar tempat yang dapat dibangun, mulai dari ruangan dengan panggung di tengahnya hingga perbukitan dengan latar belakang matahari terbenam.

Virtual office

Virtual office atau kantor virtual adalah bentuk kantor digital yang berada di dunia virtual metaverse. Karyawan dan pemilik bisnis dapat berkolaborasi sambil bekerja dari jarak jauh melalui aktivitas kantor virtual. Jika dibandingkan dengan praktik kantor konvensional, tren kantor virtual menawarkan peluang bagi bisnis untuk menghemat biaya sewa kantor dan biaya operasional hingga 90%.

Salah satu contoh penggunaan virtual office di metaverse adalah horizon workrooms milik Meta. Untuk menciptakan “metaverse perusahaan” di mana tim dapat bekerja sama dalam lingkungan virtual reality yang imersif, Meta menciptakan Horizon Workrooms, sebuah ruang kantor dan ruang rapat.

Di Indonesia sendiri, dunia virtual metaverse yang dapat menyediakan virtual office adalah MetaNesia. MetaNesia menghadirkan virtual office melalui kerja sama dengan Center for Risk Management and Sustainability (CRMS). Virtual office ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas, mengedukasi para staf, dan memberikan pengalaman baru bagi para klien.

NFT Gallery

NFT Gallery
NFT Gallery (MetaNesia)

Salah satu area dalam MetaNesia adalah NFT gallery, sebuah pameran NFT yang berupa galeri dua tingkat dan berada pada area pribadi. Kamu akan diarahkan ke market MetaNesia dan melakukan transaksi di website tersebut, ketika kamu mengklik sebuah NFT.

MetaNesia arcade

Kamu bisa bermain game dengan teman dan avatar lain di metaverse arcade ini. Kamu akan mendapatkan poin loyalitas dengan menyelesaikan setiap permainan. Contoh permainan yang tersedia adalah kuis arcade.

Tidak perlu headset virtual reality

Umumnya, jika akan masuk ke metaverse dibutuhkan perangkat seperti headset virtual reality (VR). Karena harganya yang mahal dan hanya berfungsi pada beberapa platform, headset VR adalah teknologi yang masih belum banyak diadopsi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena MetaNesia dapat digunakan di perangkat apapun termasuk komputer, laptop, dan smartphone. Kamu dapat menggunakan layar sentuh pada smartphone, serta keyboard dan mouse untuk menjelajahi dan menavigasi dunia virtual. Pada layar smartphone, bidang penglihatan kamu mungkin lebih terbatas, tetapi kamu masih dapat menjelajahi dunia virtual metaverse.

Pembuatan dunia metaverse di MetaNesia

Pemanfaatan teknologi mutakhir oleh MetaNesia merupakan salah satu aset terbesar mereka dalam membangun dunia metaverse yang imersif dan menarik. MetaNesia dapat menjadi pilihan bagi kamu untuk bekerja sama dalam pembuatan dunia metaverse. Berikut beberapa contoh dunia metaverse hasil kerja sama MetaNesia dan perusahaan mitra:

Honda MetaWorld

Virtual Showroom
Virtual Showroom (MetaNesia)

Pada tahun 2022, Honda memperkenalkan sebuah inovasi yang belum pernah ada sebelumnya di pasar, yaitu virtual showroom. Ruang pameran virtual ini diberi nama Honda MetaWorld dan dapat diakses melalui MetaNesia Commerce Hub.

Di MetaNesia Commerce Hub, MetaNesia telah menciptakan showroom virtual bagi pemilik bisnis untuk memamerkan barang-barang mereka. Di sini terdapat beberapa area, termasuk area pintu masuk, area mobil pajangan, dan area layanan pelanggan.

Honda MetaWorld ini adalah virtual showroom pertama di metaverse Indonesia. Pengunjung dapat dengan bebas menjelajahi showroom ini untuk melihat berbagai produk dan informasi terkait Honda, seperti halnya di showroom fisik.

Virtual Office CRMS

pembuatan dunia metaverse virtual office CRMS
Virtual Classroom (MetaNesia)

Seperti yang sudah disinggung di atas, MetaNesia telah menghadirkan virtual office melalui kerja sama dengan Center for Risk Management and Sustainability (CRMS). Ini adalah bentuk komitmen CRMS sebagai penyedia pelatihan Governance, Risk Management, Compliance, dan Sustainability (GRCS) terbesar di Indonesia.

Karena keterbatasan tempat tinggal dan waktu, calon peserta pelatihan sering kali merasa kesulitan untuk menghadiri kegiatan CRMS. Namun, tantangan ini sudah teratasi karena pembuatan dunia metaverse CRMS yang bekerja sama denga MetaNesia.

Meeting room dan Classroom (Training room) akan menjadi dua ruang utama di virtual office ini. Anggota staf CRMS dan klien akan menerima instruksi dan pelatihan online di dua ruang tersebut.


Itu dia pemaparan mengenai pembuatan dunia metaverse di MetaNesia. Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi mengenai teknologi lainnya.

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: