Mau Investasi di Metaverse? Ikuti Langkah Berikut!
Beranda /
Blog /
Mau Investasi di Metaverse? Ikuti Langkah Berikut!
14 December 2022

Mau Investasi di Metaverse? Ikuti Langkah Berikut!

investasi di metaverse
Sumber: Interactive Crypto

Istilah metaverse pertama kali muncul pada buku novel buatan Neal Stephenson berjudul “Snow Crash”. Dalam novel tersebut, metaverse digambarkan sebagai suatu lingkungan yang sepenuhnya digital. 

Diceritakan bahwa metaverse bisa mengubah tampilan lingkungan dalam sekejap. Kita bisa membeli tanah dan rumah digital yang berharga. Cerita tersebut hampir serupa dengan konsep metaverse yang berkembang dan ada saat ini.

29 tahun setelah novel ini diluncurkan, istilah metaverse kembali populer di kalangan masyarakat pada tahun 2021. Hal ini ditandai dengan perusahaan Facebook melakukan rebranding menjadi Meta dan berencana untuk terjun ke metaverse.

Perusahaan yang telah terjun ke metaverse berupaya membuat platform imersif ini menjadi dunia virtual yang menguntungkan. Metaverse  telah membuka peluang pendapatan baru bagi investor, gamer, kolektor digital, dan seniman digital. 

Pendapatan tersebut bisa didapat melalui investasi pada aset digital yang ada di metaverse seperti token metaverse atau Non-fungible Token (NFT). Kemudian, bagaimana cara melakukan investasi di metaverse?

Apa saja jenis investasi di metaverse?

Popularitas metaverse membuat semua orang ingin berinvestasi di metaverse crypto dengan jaminan keuntungan tinggi. Namun, rata-rata investor mungkin mengalami beberapa kendala sebelum investasi di metaverse.

Kurangnya informasi dan pemahaman tentang aset digital yang ada bisa membuat kamu rugi. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus terlebih dahulu paham aset digital apa saja yang bisa kamu beli. Berikut merupakan beberapa aset digital yang bisa digunakan untuk investasi di metaverse!

Koin metaverse

Salah satu metode termudah untuk investasi di metaverse adalah membeli koin. Kamu tidak membutuhkan langkah yang rumit untuk membeli aset digital ini. Koin metaverse adalah salah satu alat pembayaran utama di metaverse. Koin ini dapat menjadi aset digital yang tepat bagi investor untuk investasi di metaverse karena kemungkinan untung tinggi. 

Kamu dapat memilih platform metaverse untuk berinvestasi dan membeli koin asli mereka. Saat platform metaverse tersebut berkembang, nilai koin-nya pun pasti akan meningkat sehingga menghasilkan untung.

Namun, nilai koin metaverse juga fluktuatif seperti mata uang kripto. Investor metaverse harus mengambil risiko ketidakpastian harga dengan membeli token metaverse sebagai peluang investasi. Untuk itu, pentingnya investor melihat potensi platform koin metaverse yang akan dibeli.

Non-fungible Token (NFT) dan virtual land

virtual land
Sumber: The Economic Times

Non-fungible Token (NFT) dan virtual land telah muncul sebagai salah satu daya tarik utama di antara peluang investasi di metaverse. Virtual land adalah ruang digital atau bidang tanah yang bisa kamu miliki di metaverse, sedangkan NFT merupakan aset digital yang dipakai sebagai bukti suatu kepemilikan barang.

Kamu dapat mencari kedua aset digital ini di berbagai marketplace metaverse. Kamu juga bisa menjual NFT dan virtual land dengan keuntungan yang besar.

Namun, investasi di metaverse melalui NFT dan virtual land juga memiliki kekurangan. NFT tidak memiliki harga tetap dan pergerakan nilainya tidak bisa diprediksi. Nilai NFT juga bisa dipengaruhi oleh kelangkaan aset digital tersebut. 

NFT dan virtual land bisa dibeli melalui marketplace primer seperti market metaNesia dan marketplace sekunder seperti OpenSea. Kedua jenis marketplace tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya, NFT di pada marketplace metaverse dapat memberikan jaminan nilai jual kembali yang lebih tinggi. Di sisi lain, investor mungkin kesulitan memperkirakan jual dari NFT yang dibeli. Marketplace sekunder seperti OpenSea memastikan bahwa kamu dapat mengakses informasi tentang semua NFT yang ada dan membandingkan harga.

Langkah-langkah untuk investasi di metaverse

Memilih platform marketplace untuk berinvestasi

Sebelum berinvestasi, kamu harus memilih terlebih dahulu platform yang akan kamu masuki. Platform metaNesia asal Indonesia bisa menjadi salah satu pilihanmu. Platform ini memiliki marketplacenya tersendiri bernama market metaNesia sehingga terjamin aman.

Jika kamu ingin berinvestasi dari platform marketplace NFT sekunder, kamu bisa mengunjungi OpenSea, Larva Labs, dan SuperRare. Beberapa platform tersebut merupakan marketplace sekunder yang populer untuk membeli aset digital.

Membuat crypto wallet

crypto wallet merupakan suatu aplikasi yang menggunakan teknologi blockchain untuk menyimpan mata uang kripto. Setelah memilih platform, kamu harus membuat crypto wallet untuk bisa menyimpan mata uang kripto yang akan digunakan di metaverse.

Salah satu crypto wallet yang banyak digunakan di berbagai metaverse adalah MetaMask. Platform MetaMask bisa digunakan sebagai akun utama untuk melakukan transaksi di berbagai metaverse seperti Decentraland, Sandbox, dan metaNesia.

Namun kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki crypto wallet. market metaNesia menawarkan metode pembayaran yang familiar dengan orang Indonesia. Kamu bisa membeli NFT dengan metode pembayaran QR, LinkAja, dan transfer atau virtual account bank pilihanmu.

Memilih jenis investasi dan menukarkan koin metaverse

Selanjutnya kamu bisa memilih aset digital apa yang akan diinvestasikan. Kamu bisa membandingkan aset digital untuk mendapat harga dan nilai terbaik dari aset yang akan kamu beli.

Kamu pun harus berhati-hati dalam memilih aset. Virtual land, NFT, dan koin metaverse semuanya memiliki risiko kerugian yang cukup tinggi jika tidak berhati-hati.

Kemudian, kamu dapat menukarkan uangmu dengan koin metaverse untuk melakukan transaksi. Kamu bisa menukarkannya melalui situs resmi koin tersebut atau pihak ketiga seperti dompet digital.

Mengajukan penawaran aset dan menyelesaikan transaksi

Setelah menukar koin metaverse, kamu dapat membeli atau mengajukan harga yang ingin kamu beli. Jika harga diterima maka kamu bisa lanjut membayarkan aset digital tersebut.

Setelah berhasil dibayar, aset digital akan muncul di platform tempat kamu membeli barang tersebut. Jika kamu membeli NFT seperti baju atau aksesoris untuk avatar di metaverse, kamu bisa langsung menggunakannya.


Tertarik untuk mencoba metaverse? Kunjungi dunia virtual metaNesia untuk menjelajahi keseruan di metaverse!